Home > Berita Teknologi > Mengenal Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Macam Tinta Printer dan Kegunaanya – Salah satu bagian penting saat Anda membeli printer adalah tinta printer. Jelas saja, jika kita tidak membeli atau memiliki tinta printer, kita tidak mungkin bisa mencetak dokumen dengan sempurna. Pinter adalah perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar. Dokumen tersebut bisa berupa tullisan, diagram, tabel atau gambar.

Agar dokumen yang dicetak tersebut bisa terbaca maka dibutuhkan tinta printer. Disinilah kita tau betapa pentingnya tinta printer untuk mencetak dokumen ataupun gambar. Tinta printer yang dijual dipasaran cukup banyak. Anda bisa membeli tinta printer sesuai dengan fungsinya, harganya atau kualitasnya. Masing-masing tinta printer memiliki kelebihan dan kekurangan serta fungsi yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

Jenis-Jenis Macam Tinta Printer

Terdapat berbagai macam dan jenis tinta untuk mesin printer mulai dari yang biasa, anti air atau yang lainnya. Dibawah ini merupakan jenis-jenis tinta printer yang bisa didapatkan dipasaran berdasarkan Jenis Formula dan Fungsinya:

  • Tinta Printer Pigment (Durabrite)
    Tinta printer Durabrite disebut juga dengan tinta printer Pigment. Tinta ini adalah jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam. Tinta ini bersifat pekat dan tahan air karena dibuat dengan bahan air, Colorant Pigmentm, Diluent dan juga komponen lainnya yang membuat Durabrite menjadi tinta cetak yang berkualitas tinggi. Dengan menggunakan tinta Pigment ini maka hasil cetak yang Anda dapatkan tahan lama. Tinta ini bisa digunakan mencetak pada semua jenis kertas, namun gunakan tinta ini dalam waktu yang tepat. Jika Anda terlalu lama membiarkan tinta Pigment tidak terpakai maka head tinta cartridge bisa tersumbat oleh tinta ini.
  • Tinta Printer Dye Base
    Tinta printer Dye Base merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant. Tinta ini bisa mengendap pada head cartridge, namun dengan harga yang terjangkay dan hasil cetak yang bagus, banyak orang yang menggunakannya. Tinta Dye Base banyak digunakan untuk jenis printer standard dengan hasil cetak yang cukup bagus dan warna yang lebih cerah. Namun hasil cetak dari tinta ini kurang pekat dan tidak tahan air jika dicetak di kertas biasa (HVS). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari.
  • Tinta Printer Solvent
    Solvent merupakan jenis tinta printer yang sangat baik kualitasnya karena bisa tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan tinta lainnya. Tinta ini terbuat dari cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya. Tinta Solvent sering digunakan untuk mencetak spanduk, banner, neonbox, billboard dan outdoor printing lainnya. Tinta ini memang sangat baik untuk outdoor printing karena tahan air dan sinar matahari tersebut. Tinta Solvent memiliki bau yang cukup menyengat dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.
  • Tinta Printer Eco Solvent
    Jenis tinta Eco Solvent memiliki kualitas yang mirip dengan tinta Solvent, namun tinta Eco Solvent tidak begitu tahan terhadap sinar matahari sehingga hanya cocok digunakan untuk indoor printing. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan tinta Solvent.
  • Tinta Printer Sublimation Ink
    Jika Anda sering membuat baju, kaos, atau keramik, passtinya Anda mengenal jenis tinta yang digunakan. Tinta Sublimation merupakan tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus. Selain itu, tinta ini juga digunakan untuk mencetak baju atau kaos, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan jenis lainnya. Tinta ini dibuat dari bahan diluent, pewarna, minyak dan bahan lainnya sehingga sangat tahan lama.
  • Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
    Jenis tinta Pingment Art merupakan tinta yang digunakan untuk mencetak kertas at papet ivory yang memiliki gambar full colour. Tinta ini bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

Itulah jenis-jenis macam tinta Printer yang dipakai pada mesin Printer. Setiap mesin printer memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak semua printer bisa diisi oleh bermacam jenis tinta, jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin printer Anda terlebih dahulu yang sesuai dengan kebutuhan seperti beberapa jenis tinta di atas.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.