Home > Peralatan Kantor > Mengenal Beberapa Fungsi Printer Dot-Matrix

Mengenal Beberapa Fungsi Printer Dot-Matrix

Keberadan printer  saat ini bukanlah hal yang  baru, bahkan   banyak rumah yang memiliki beberapa printer untuk kebutuhan  pribadinya.  Bukan hanya di  perkantoran namun   printer juga digunakan untuk individu. Ada yang membeli printer dengan harga yang mahal, namun ada juga  yang membeli printer dengan harga yang terjangkau.  Jika sekarang kita mengenal jenis printer yang cukup canggih  yaitu laserjet, kita  juga harus mengenal printer  dot matris. Jenis printer ini sangat banyak  dan  ada  yang  non warna dan berwarna. Printer dot-matrix merupakan  printer yang memiliki  resolusi cukup rendah dan  memiliki suara yang cenderung  keras.  Dibadingkan dengan printer  laserjet tentu  printer ini masih ketinggalan jauh.

Printer  dot-matrix   kurang baik dalam mencetak  gambar  dan pada umumnya printer ini hanya memiliki  warna hitam putih saja. Jika Anda mengamati  printer ini maka  Anda akan melihat bahwa printer ini  akan mencetak  pada kertas secara langsung. Printer dot-matrix  cara kerjanya hampir sama dengan mesin ketik,  Anda bisa meletakkan  kertas karbon  pada  tiap halaman  kertas untuk mencetak beberapa  kertas secara sekaligus.  Namun,  sebagain besar orang menggunakan cara yang mudah, mereka memilih printer yang  bisa diatur dengan mudah   untuk mencetak  beberapa kertas.  Printer ini  memang jarang digunakan tapi masih ada beberapa phak yang menggunakan printer  dot-matrix untuk  bisnis.

Mengenal Beberapa Fungsi Printer Dot-Matrix_2

Sekalipun  dot-matrix  jauh ketinggalan dengan printer yang ada saat ini, bahkan memang sudah langka digunakan namun printer ini memiliki keunggulan  dimana  pengguna bisa dengan mudah merawat printer dan memperbaikinya. Perbaikan dan perawatan  dot-matrix tidak  membutuhkan   cara yang ribet.    Untuk memperbaiki dan memelihara Anda bisa membeli suku cadang printer   ini  dengan harga yang relatif terjangkau.  Namun, printer jenis ini  memiliki fitur yang  belum  bisa digunakan secara maksimal, terutama  jika digunakan untuk beberapa aplikasi yang brhubungan dengan  situs di internet.

Beberapa  keunggulan dari printer  dot-matrix  diantaranya adalah harga pita  printer ini jauh lebih murah dibandingkan dengan  dengan tinta printer lainnya. Printer ini juga sangat serbaguna  sehingga    sekalipun banyak printer baru yang lebih canggih namun printer jenis ini masih dibutuhkan sampai sekarang.   Untuk menggunakan printer ini  Anda harus   bersabar menunggu hasil cetakan karena resolusi yang dimiliki rendah sehingga  proses cetannya juga   lambat.

Beberapa fungsi dari  printer dot-matrix  diantaranya adalah:

  • Digunakan untuk mencetak data yang  rangkap
  • Untuk mencetak bukti transaksi perusahaan
  • Untuk mencetak berbagai laporan yang harus dicetak rangkap

Dari beberapa fungsi  printer  dot-matrix di atas, sebenarnya fungsi tersebut  bisa digantikan oleh printer lainnya yang lebih canggih saat ini. Namun karena harga printer  seperti jenis laserjet dan inkjet  lebih mahal sehingga  bagi sebagian orang, mereka bisa  memilih jenis printer  dot-matrix.  Untuk memperbaiki kerusakan atau memelihara printer ini pun juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, sehingga    jika Anda memiliki  dana yang  sedikit, Anda bisa menggunakan printer jenis ini. Dibandingkan  dengan laserjet, printer ini  sangat buruk dalam mencetak gambar, gambar yang dihasilkan  akan terpecah-pecah atau terlihat  sebagai titik yang berhubungan satu sama lain.

Berbagai jenis printer yang saat ini dijual dipasaran  memang banyak,namun  saat Anda akan membelinya, pastikan memilih printer yang benar-benar  sesuai kebutuhan dan  kualitasnya terjamin. Dot-matrix bisa dijadikan pilihan  untuk membantu pekerjaan Anda dengan mudah,  untuk membelinya pun Anda juga bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan  dengan kualitas yang  sama dengan  jenis printer lainnya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.