Home > Komponen > Mengenal Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya Lengkap
Mengenal Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya Lengkap

Mengenal Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya Lengkap

Mengenal Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya Lengkap – Ketika Anda memiliki sebuah perangkat komputer, pernahkah Anda mencoba mengetahui tentang bagian dan fungsi komponen komputer yang ada di dalamnya? Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencoba meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi dan meningkatkan ketahanan sparepart. Berikut adalah ulasan tentang bagian-bagian komputer beserta fungsinya yang bisa bisa Anda simak.

Chasing / Case

Chasing Case Komputer PC

Bagian komputer yang satu ini adalah bagian terluar yang fungsinya melindungi beragam perangkat penting yang membuat komputer bisa dioperasikan. Di dalam sebuah chasing yang terbuat dari mika atau metal, terdapat perangkat keras seperti motherboard, floppy disk, power supply, fan, transistor, dan lainnya. Keberadaan chasing berfungsi untuk menghindarkan perangkat dari panas, benturan, dan debu.

Keyboard

keyboard pc

Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk mengetik atau mengerjakan beragam perintah pada komputer. Keyboard umumnya tersusun atas huruf, angka, dan beberapa simbol, seperti up, down, delete, space, dan perintah lain yang berguna untuk semua program komputer. Sekarang ini, ada jenis keyboard yang masih menggunakan konektor USB kabel tetapi ada pula yang berbentuk wireless.

Mouse

Mouse PC

Mouse yang merupakan perangkat operasional komputer bukan berarti tikus sungguhan dalam bahasa Indonesia. Perangkat ini dinamai mouse, karena perangkatnya tersusun dari elemen kabel dengan ujung setengah bulat seperti badan tikus. Pada sebuah komputer, perangkat ini berfungsi penting untuk menjalankan perintah, seperti scroll (gulir), zoom in (memperbesar ukuran layar), zoom out (memperkecil), dan kontrol tampilan layar. Hingga saat ini, mouse hadir dengan teknologi wireless, USB model, atau model optic.

CD/DVD ROM

DVD ROM

Pada perangkat komputer modern, ada bagian komputer CD/DVD ROM yang digunakan untuk membaca kepingan CD atau DVD. Perangkat ini berbentuk persegi panjang dengan lubang di tengah yang biasa dipakai untuk mendeteksi kepingan CD atau DVD dengan metode optic.

Power Supply

Power Supply Komputer

Pada sebuah perangkat komputer, power supply memegang peranan penting untuk menyuplai daya yang digunakan dalam menghidupkan dan menstabilkan kinerja perangkat komputer. Power supply bermanfaat mengubah arus AC menjadi arus DC. Pada praktiknya, perangkat power supply akan mudah mengalami kerusakan apabila ada tegangan yang terlalu rendah atau listrik yang sering mati mendadak.

Baca Juga

Monitor

Monitor Komputer

Bagian komputer yang satu ini menampilkan beragam kode program yang ada di CPU menjadi gambar, tulisan, video, maupun suara. Sekarang ini, layar monitor komputer ada dalam beragam ukuran dan modelnya pun semakin berkembang, mulai dari bentuk tabung hingga sekarang ada yang slim atau layar datar dengan teknologi touch screen.

Mainboard / Motherboard

Motherboard Komputer Yang Bagus

Mainboard atau motherboard adalah papan sirkuit yang menjadi pusat operasional komputer. Didalamnya tersusun beragam komponen, seperti cpu, vga, hard drive, hingga RAM. Berikut adalah penjelasannya.

a. CPU / Prosesor

Prosesor Komputer

Central processing unit atau CPU adalah perangkat yang biasa digunakan untuk pemrosesan data. Perangkat ini mengontrol semua aktivitas komputer dengan menerjemahkan kode yang dikirim, sehingga speaker bisa mengeluarkan suara, monitor bisa mengeluarkan gambar, dan lainnya. Secara umum, kecepatan CPU untuk penerjemahan perintah komputer terukur dalam satuan GHz.

b. VGA Card / Kartu Grafis

VGA Card Komputer

Video graphics array atau VGA Card adalah perangkat lunak dalam komputer yang bertugas menerjemahkan gambar grafis kedalam layar sehingga ketika dilihat tampilan visualnya terlihat berkualitas.

c. Memori RAM

Memori RAM Komputer

Perangkat yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebagai hasil dari pemrosesan program. Secara umum, perangkat RAM terdapat dalam kapasitas yang sangat bervariasi mulai dari 2GB, 4GB, dan 60GB.

d. Harddrive

Hard drive Komputer

Perangkat bagian komputer satu ini dikategorikan sebagai memori internal yang menyimpan semua data dalam komputer. Pada praktiknya, data yang masuk pada perangkat ini bisa dihapus atau ditambah sesuai keinginan dari pemilik perangkat komputer.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.