Home > Berita Teknologi > Mengapa Mesti Memakai Software Anti Virus?

Mengapa Mesti Memakai Software Anti Virus?

Mengapa Mesti Memakai Software Anti Virus
Software anti virus adalah solusi paling ampuh untuk menangkal serangan virus yang terus bertambah setiap hari. Software ini adalah wajib untuk semua perangkat komputer, termasuk tablet dan smartphone. Bagi pengguna yang sering menggunakan komputer untuk menjelajahi dunia maya, keberadaan software ini menjadi sangat penting. Mereka membutuhkan proteksi lebih untuk melindungi komputer dari serangan virus. Tidak ada komputer yang kebal virus karena varian virus baru selalu muncul setiap hari. Perkembangan anti virus tidak secepat perkembangan virus itu sendiri. Selain itu, virus bisa masuk ke dalam perangkat komputer dengan berbagai cara. Virus bisa masuk melalui media penyimpanan data eksternal, website, atau aplikasi yang kita unduh dari internet. Maraknya serangan virus ini harus diatasi dengan software khusus yang sesuai untuk menangani jenis virus tertentu. Ada banyak sekali alasan untuk meng-install anti virus tertentu ke dalam perangkat elektronik.

Jumlah dan varian virus yang terus bertambah menjadi alasan yang sangat masuk akal untuk menggunakan anti virus. Statistik menyebutkan bahwa perkembangan dan penyebaran virus semakin tidak dapat dibendung sejak internet mulai digunakan secara massal. Bertambahnya jumlah virus juga sejalan dengan bertambahnya pengguna internet setiap hari. Website tidak hanya digunakan untuk memberikan informasi penting kepada pengunjungnya. Website tertentu menyisipkan file virus yang disebar ke komputer pengunjungnya tanpa sepengetahuan mereka. Internet memang tidak selalu memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia karena semua itu ditentukan oleh kepribadian penggunanya sendiri.

Anti virus sangat penting untuk memastikan keamanan data di komputermu. Data bisa jauh lebih bernilai daripada komputer itu sendiri, terutama data sensitif yang berupa rahasia negara. Komputer yang tidka bisa digunakan untuk menyimpan data tentunya sangat tidak berguna karena komputer tersebut digunakan untuk memproses dan menyimpan data. Untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap data, anti virus sangatlah diperlukan. Virus tidak hanya sekedar “numpang” di komputer. Virus jahat sering menghapus data-data penting dengan tipe file tertentu. Selain itu, virus juga mempunyai kemampuan untuk mencari data dari komputer. Perlindungan terhadap data menjadi sangat penting untuk melindungi data sensitif.

Komputer dengan spesifikasi mumpuni menjadi tidak berarti jika sudah menjadi “peternakan virus”. Dengan kata lain, virus bisa menggerogoti performa komputer. Virus memakan kapasitas memori komputer dan aktif secara otomatis tanpa bisa dilacak oleh pengguna komputer. Jika dianalogikan dengan tubuh manusia, virus bisa membuat tubuh semakin lemah dan rentan terhadap berbagai penyakit. Komputer juga membutuhkan solusi tepat untuk menangkal serangan virus dan anti virus adalah cara yang paling tepat untuk menghilangkan virus.

Salah satu alasan yang paling masuk akal untuk menggunakan anti virus adalah harga anti virus itu sendiri. Banyak sekali anti virus gratis yang tersedia di internet. Program tersebut bisa diunduh sebanyak yang kita suka tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Selain itu, anti virus selalu mendapatkan update untuk kurun waktu tertentu sehingga lebih efektif untuk menangani serangan virus. Anti virus gratis mudah didapatkan dan tersedia dalam berbagai varian yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan virus dari dunia maya. Namun, pengguna bisa memilih anti virus berbayar untuk mendapatkan jaminan dan kualitas yang lebih baik. Harga yang ditawarkan memang cukup mahal dan mungkin tidak berbeda jauh dengan OS komputer itu sendiri. Namun, perlindungan ekstra tetap diperlukan untuk memberikan keamaanan yang lebih komprehensif.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.