Home > Berita Teknologi > Mempercepat Kinerja Browser Internet Yang Anda Miliki

Mempercepat Kinerja Browser Internet Yang Anda Miliki

Ada banyak browser internet yang saat ini bereda di pasaran. Sebut saja misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, dll. Maisng-masing kita, entah mengapa kemudian menjadi fans berat dari masing-masing browser tersebut. Padahal browser-browser itu tentunya memang memiliki beragam kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Mungkin Mozilla dengan fitur opensource­nya, Chrome dengan integrasinya dengan produk google, begitu juga dengan browser-browser yang lain.

Namun, dari semua kelebihan itu, ada kalanya kita sebagai pengguna kecewa merasa ada yang berubah dengan browser yang kita miliki itu. Terkadang browser itu begitu lambat dan berat untuk dibuka. Penyebab dari hal ini bisa berbagaii macam, dan kita perlu mengupasnya satu persatu.

  1. Permasalahan Pada Koneksi

Ketiika browser kita terasa lebih lambat untuk membuka suatu halaman. Mungkin pertamakali yang harus kita cek adalah konektifitas internet kita. Apakah memang kita sudah terhubung. Untuk melakukannya, kita bisa membuka fasilitas cmd pada windows lalu kemudian coba ping salah satu halaman website. Jika memang tidak ada jawaban alias conection timeout berarti ada masalah dengan koneksi internet yang kita miliki. Bagi pengguna broadband, bisa menghubungi pihak penyedia broadband tersebut dan menanyakan kondisi jaringan. Bagi yang terhubung menggunakan modem, bisa mencoba untuk memutuskan hubungan, lalu kemudian coba terhubung kembali. Atau bila anda memakai jaringan bersama, misalkan didalam suatu kantor, coba konsultasikan dengan admin di kantor anda.

  1. Permasalahan Pada Komputer

Ada kalanya setelah kita memeriksa semua kemungkinan pada langkah awal diatas, rupanya tidak ada masalah. Yang artinya, semua baik-baik saja. Tetapi kita tetap saja masih merasakan bahwa browser kesayangan kita tidak mau bergerak lebih cepat seperti biasanya. Untuk hal ini, kita bisa mencoba untuk memeriksa komputer yang kita miliki. Biasanya dalam setiap komputer sudah terinstal antivirus atau firewall. Kedua hal ini bisa mem-block koneksi internet yang anda miliki. Anda bisa menonaktifkan salah satu atau keduanya, tapi anda harus melakukan ini dengan berhati-hati, jangan sampai komputer anda terserang virus nantinya. Bisa juga hal ini dikarenakan sistem windows anda bermasalah. Beberapa browser memakan memory lebih besar, jika permasalahan anda adalah laju komputer menjadi berat secara keseluruhan, ada baiknya anda memeriksa alokasi memori komputer anda melalui task manager

Mempercepat Kinerja Browser Internet Yang Anda Miliki_2

  1. Halaman Website Yang Terlalu Berat

Terkadang, hal ini bisa juga dirasakan ketika anda membuka halaman website yang memiliki size yang besar. Sementara quota bandwidht yang kita miliki tidak terlalu besar. Jika memang demikian maka kita memang harus sabar menunggu hingga halaman tersebut terbuka sempurna. Untuk sedikit mempercepatnya, dibeberapa browser mengizinkan anda untuk melakukan hal seperti berikut:

  1. Tidak me-load gambar
  2. Tidak me-load javascript
  3. Membuka melalui cache

Biasanya memang gambar tidak memiliki file ukuran yang terlalu besar. Namun demikian, jika sebuah website dipenuhi dengan gambar, maka sama saja anda meload kumpulan file-file yang berukuran kecil dalam sekali load. Website zaman sekarang rata-rata memang menggunakan javascript untuk mempercatik penampakannya. Hasil positifnya tentu saja jadi terlihat cantik dan berkelas, sisi negatifnya, hal ini membuat website tersebut menjadi lebih berat. Dengan menonaktifkan javascript, fitur kecantikan tersebut akan dihilangkan, sehingga website bisa dibuka lebih cepat, tetapi hasilnya kemungkinan website yang anda buka menjadi kurang sedap dipandang, dan dalam beberapa kemungkinan bisa saja ada fitur utama dari website tersebut yang tidak dapat kita akses. JIka halaman tersebut memang halaman yang sering kita kunjungi, maka dibeberapa browser anda bisa mengaksesnya melalui cache yang tersimpan di memory komputer anda. Sehingga, file pembentuk website itu tidak perlu lagi di download ulang, melainkan tinggal dibuka berdasarkan data yang tersimpan di komputer anda. Demikian beberapa tips yang mungkin bisa anda perbuat ketika ada permasalahan dengan browser yang anda miliki.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga Laptop DELL Latitude E6430 Core i5 Terbaru

DELL Latitude E6430 i5, Laptop Terbaik Untuk Dipakai Kerja dan Bisnis

Kelebihan Spesifikasi dan Harga Laptop DELL Latitude E6430 Intel Core i5-3380¬†Terbaru. Dell Latitude E6430 dilengkapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *