Home > Gadget > Macam Jenis Tipe Speaker dan Pengertiannya
Macam Jenis Tipe Speaker dan Pengertiannya

Macam Jenis Tipe Speaker dan Pengertiannya

Mengenal Macam Jenis Tipe Speaker dan Pengertiannya – Kita tentu sudah tahu dengan istilah “speaker aktif”, bahkan kita sudah sering menggunakannya. Pada dasarnya Speaker adalah alat pengeras suara yang biasanya diletakkan di dalam ruangan. Sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih keras dan akan menjadi lebih enak didengarkan terutama pada saat menyetel musik atau film.

Speaker sangat berguna sekali. Sebenarnya ada 2 jenis speaker yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Dimana biasanya speaker aktif juga terdapat pada speaker pasif yang mana akan dihubungkan ke dalam power amplifier yang ada di dalam box. Namun untuk mengaktifkannya kembali anda tidak perlu menambahkan power amplifier lagi.

Keseringan yang kita lihat dari bentuk speaker pasif ini sendiri yaitu ada yang berbentuk bulat, bentuk lonjong aau juga ada yang berbentuk corong. Ada speaker pasif yang menggunakan magnet atau yang menggunakan kumparan saja. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita Mengenal Macam Jenis Tipe Speaker dibawah ini.

Jenis tipe speaker berdasarkan frekuensi

Macam Jenis Tipe Speaker Komputer

Sub Woofer

Sub Woofer adalah jenis speaker yang memiliki kemampuan frekuensi suara dati 20-200 Hz. Dimana memungkinkan kita mendengarkan suara atau nada yang rendah atau full bass dengan jelas.

Biasanya jenis tipe speaker sub woofer ini disambungkan pada speaker aktif pada komputer, atau yang diruangan atau speaker pada mobil dan lainnya.

Untuk cara pemasangan speaker sub woofer ini memerlukan box yang terpisah dari speaker yang lainnya. Hal ini dikarenakan, sub woofer mampu menghasukjan getaran yang cukup keras.

Woofer

Woofer adalah jenis tipe speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan frekuensi yang cukup rendah yakni berkisar 40-1000 Hz. Sehingga suara yang dihasilkan adalah ngebass.

Jenis speaker seperti inu sangat banyak dan mudah sekali kita temukan. Speaker woofer adalah jenis speaker aktif ruangan. Ada banyak macam ukuran pada speaker woofer ini yaitu 4 inchi, 6, 8, 10, 12 inchi dan lain sebagainya.

Bila ingin menghasilkan suara yang bagus, maka speaker woofer ini harus dipasangkan pada box atau biasanya juga akan digabungkan dengan tweeter dan midrange.

Jenis tipe speaker 3 way

Speaker 3 way adalah jenis tipe speaker yang memiliki 3 jenis frekuensi yaitu rendah, menengah dan frekuensi tinggi. Sehingga kemampuan audionya lebih lengkap dan mampu menghasilkan frekuensi hingga 20Hz – 20KHz.

Berikut ini adalah macam jenis dan tipe speaker 3 way

Midrange

Midrange adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio menengah yakni sekitar 500-5000 Hz. Sehingga suara yang dihasilkan sangat terdengar jelas seperti anda mendengar suara anda sendiri.

Tweeter

Tweeter adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang tinggi yakni sekitar 5000-20.000 Hz. Sehingga tak heram jika suara yang dihasilkan sedikit melengking atau terdengar keras dan juga nge bass.

Dalam penggunaannya jenis speaker tweeter ini tidak perlu menggunakan box karena speaker ini sudah dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang jelas.

Full range

Full range jenis tipe speaker 3 way full range ini adalah speaker yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang 3 way yakni mampu menghasilkan nada rendah, menengah, ataupun tinggi.

Maka dari itulah jenis speaker full range ini sering digunakan pada speaker sound system (speaker luar ruangan). Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan bisa didengarkan meski dari kejauhan.

Speaker 2 way

Speaker 2 way adalah jenis tipe speaker yang memiliki 2 system frekuensi yang rendah dan tinggi. Untuk itu dalam penggunaannya kita dapat menyambungkannya dengan jenis speaker woofer dan tweeter.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

2 komentar

  1. Assalamu’alaikum,
    Mohon bantuan infonya. Hp saya model jadul, speaker besar: Evercoss P7, karena sudah umur 2th lebih maksud hati ingin ganti speaker. Apakah ada yang kompatibel dengan merk yang bagus mis.Sony.
    Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.