Home > Komponen > Macam Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD

Macam Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD

Macam Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD dan Penjelasannya Lengkap – Pada sebuah komputer terdapat beberapa komponen komputer pendukungnya, salah satunya adalah processor. Processor pada sebuah komputer berperan sebagai otak komputer yang artinya sebuah komputer dapat berjalan dengan lancar karena adanya processor. Nah processor dapat berperan sebagai otak komputer dengan baik karena adanya socket socket motheroard processor yang mendukungnya.

Socket merupakan sebuah tempat dudukan prosesor yang terletak pada motherboard dimana Dudukan processor ini dapat berbentuk segi empat yang memiliki lubang-lubang kecil sebagai tempat untuk menancapkan kaki-kaki atau yang disebut pin prosesor pada motherboard. Pin processor ini tersusun dengan membentuk matriks 2 dimensi. Adapun Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama dengan jumlah pin-pin pada prosesor.

Baca Juga:

Istilah Socket sudah sangat dikenal luas dalam dunia komputer. Adpaun fungsinya disini adalah sebuah konektor yang menghubungkan processor pada motherboard. Seperti yang kita ketahui ada cukup banyak sekali Macam Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD dengan merek dan jenis yang berbeda beda.

Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD Terbaru 2017

Tapi pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Macam Jenis Tipe Socket Motherboard Processor AMD dan Penjelasannya Lengkap. Yuk simak apa saja macam jenis tipe socket Motherboard processor AMD.

1. Socket A (Socket 462)

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket A 462

Socket A atau dikenal dengan socket 462 memiliki jumlah pin konektor 462. Socket jenis ini biasanya dipasangkan dengan prosesor AMD Athlon XP. Jenis Socket A ini dijuluki sebagai Socket sepanjang masa processor AMD sebab umur Socket A ini tahan lama. Socket A pada processor AMD sudah digunakan sejak 4 generasi Athlon antara lain Thunderbird, Thoroughbred A&B, AthlonXP Palomino, dan Barton. Jenis Socket A ini mempunyai tingkat kompatibilitas yang cukup baik bahkan Socket A ini sudah mendukung konfigurasi single channel DDR dan DC DDR.

2. Socket 754

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket 754

Peluncuran processor tebaru AMD yaitu generasi K8 (Hammer) adalah generasi prosesor AMD 64bit dengan teknologi IMC (Intergrated Memory Controler). Generasi ini adalah yang pertama menggunakan socket 754 (754 pin konektor). Namun sayangnya jenis socket ini dialihkan khusus untuk socket prosesor kelas low-end.

Prosesor AMD yang menggunakan Socket 754 yaitu processor AMD Athlon. Socket 754 mempunyai spesifikasi SC DDR (Single Channel ) maksimal 3 slot DIMM pada setiap motherboard dan bisa support Hypertransport 800Mhz. Pertama kalinya jenis Socket 754 ini diluncurkan pada tahun 2003. Masa akan berakhir setelah peluncuran AM2 berhasil.

3. Socket 939

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket 939

Seperti namanya Socket 939 berarti jumlah pinnya adalah 939 buah pin konektor. Jika Socket 754 disegmentasi pada processor kelas low end namun pada socket 939 digunakan pada segmentasi processor mid-high. Hampir semua jajaran prosesor AMD ini menggunakan jenis socket 939. Meski banyak keunggulan, tapi sayang harga processor AMD terbialng masih sangat mahal. Masa akan berakhir setelah peluncuran AM2 berhasil.

4. Socket AM2

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket AM2

Kemuncul Socket AM2 ini dilandasi dengan ide ide cemerlang yang digunakan membuat Socket universal yang tahan lama, Socket AM2 ini muncul pada pertengahan tahun 2006 silam. Socket AM2 ini mempunyai jumlah pin konektor sebesar 940 dengan dukungan DC (DDR2) dual-channel. Socket AM2 ini kompatibel dengan semua prosesor AMD dari mulai high class hingga low class.

5. Socket AM2+

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket AM2+

Socket AM2+ merupakan socket processor terfavorit penerus Socket AM2. Socket AM2+ masih cukup kompatible dengan Socket AM2. Dimana fitur unggulan yang dibawa oleh socket AM2+ ini yaitu HT 3.0 frekuensi + 2600Mhz plus dukungan dual-channel DDR2 dan fitur split power plane.

6. Socket AM3

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket AM3

Socket AM3 adalah jenis Socket motherboard komputer terbaru pada platform AMD. Socket AM3 mempunyai jumlah 941 pin konektor, dengan frekuensi Hyprtransport 3200Mhz (6400Mhz DDR). Prosesor dengan menggunakan Socket AM2/AM2+ tidak dapat digunakan pada socket processor AM2 dan AM3+.

7. Sokcket AM3+ (AM3b)

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket Sokcket AM3b+

Soket AM3+ ini merupakan soket yang paling sering dijual dipasaran Indonesia saat ini. Cukup wajar mengingat jumlah prosesor yang kompatibel cukup banyak. Mulai dari harga murah yang hadir dalam bentuk seri Athlon II hingga solusi kelas atas seperti seri FX berbasis Bulldozer seperti FX-8150 hingga prosesor terbaru seperti FX-8350.

8. Socket AM4

Jenis Socket Motherboard Processor AMD Socket Sokcket AM4

Socket AM4 merupakan socket terbaru yang akan diluncurkan oleh AMD. Socket AM4 digadang-gadang akan hadir dengan dukungan memori RAM DDR4, socket AM4 ini juga disebut-sebut akan kompatibel dengan processor seri FX atau seri APU terbaru dengan arsitektur AMD yang baru juga.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Spesifikasi Lengkap dan Harga VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, RX 570, RX 580 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *