Home > Komponen > Macam Jenis Tipe Power Supply dan Penjelasannya
Macam Jenis Tipe Power Supply dan Pengertian Power Supply Lengkap

Macam Jenis Tipe Power Supply dan Penjelasannya

Mengenal Pengertian Power Supply serta Macam Jenis Tipe Power Supply dan Penjelasannya – Melanjutkan artikel tentang IT, pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah jenis tipe power supply. Sekarang ini terdapat macam jenis tipe power supply yang digunakan pada komputer yaitu ada 2. Tapi sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian power supply.

Apa itu power supply?

Power supply merupakan perangkat keras (hardware) yang terletak di dalam CPU komputer dimana fungsi power supply ini adalah sebagai pengatur daya dan pengalir listrik atau tegangan yang dibutuhkan oleh perangkat hardware. Beberapa perangkat hardware pada komputer yang membutuhkan perangkat pengatur daya power supply ini adalah Motheboard, haddisk, DVD/CD Room, kipas headsink, dan lainnya.

Macam Jenis Tipe Power Supply Komputer

  • Power Supply Jenis AT
  • Power Supply Jenis ATX
  • Power Supply BTX

Macam Jenis Tipe Power Supply dan Penjelasannya

Pengertian Power Supply AT

Power supply jenis AT adalah salah satu jenis power supply yang digunakan pada komputer keluaran lama seperti misalnya digunakan pada jenis tipe komputer pentium II dan pentium III. Namun sayangnya untuk sekarang ini jenis tipe power supply AT sudah sulit untuk didapatkan, tapi justru jenis power supply AT ini memiliki banyak kelebihan. Seperti memiliki kabel power yang langsung terhubung dengan port pada motherboard seperti port konektor P8 dan konektor P9.

Pada waktu pemasangan power supply jenis AT, resiko kesalahan yang akan terjadi sedikit sekali. Mungkin Kesalahan yang akan terjadi yaitu pemasangan kabel yang terbalik. Hal ini dikarenakan jenis power supply ini memiliki dua kabel konektor penghubung.

Baca Juga: Tips Memilih Power Supply untuk Kebutuhan Gaming

Maka dari itu agar tidak terbalik, anda harus memperhatikan dengan teliti masing masing konektor pada kabel power warna hitam. Kabel ini harus dipasangkan tepat pada bagian tengah sambungan supaya tidak terjadi konsleting. Pada saat mematikan Power Supply AT, anda harus menekan tombol power terlebih dahulu maka secara langsung power supply ini akan langsung mati.

Pengertian Power Supply ATX

Macam Jenis Tipe Power Supply Komputer IPini dikenal dengan jenis ATX. Dimana tampilan power supply jenis ATX lebih simple. Desain nya pun juga beda dimana kabel konektor sudah menjadi satu dengan motherboard komputer dengan jumlah total 20 PIN. Dalam pemasangan power supply jenis ATX terbilang sangat mudah, dimana tidak akan terjadi masalah kabel konektor terbalik. Sebab bila kabel terbalik maka kabel tidak akan masuk ke dalam port motherboard.

Untuk itu harus diperhtaikan, bila todak bisa masuk, jangan dipaksakan, perhatikan bentuk port nya baru masukkan kembali. Jika hal ini dipaksakan maka akan port atau konektornya. Selain itu jenis power supply ATX memiliki spesifikais yang lebih unggul dibandingkan dengan power supply AT.

Baca Juga: Rekomendasi Tipe UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer

Dimana jenis power supply ini telah dipasangkan tombol power lengkap dengan tombol auto shutdown sehingga and abis amematikan komputer secara otomatis tanpa harus repot lagi menekan tombol power ON/OFF. Keunggulan inilah yang membuat jenis power supply ATX ini favorit dan laris manis dipasaran.

Seperti yang kita bahas diatas dimana jenis power supply hanya memiliki 2 jenis saja, tapi ternyata saat ini telah muncul jenis tipe power supply terbaru yakni Power Supply jenis BTX.

Pengertian Power Supply BTX

BTX (Balanced Technology eXtended) dilengkapi dengan jumlah 24 pin konektor, lengkap dengan konektor power SATA berjumlah 15 pin. Jenis power supply terbaru inilah yang banyak digunakan saat ini. Karena fevolusi power supply terbaru ini lebih unggul dibandingkan dengan yang lain karena lebih praktis, mudah dan harga terjangkau.

Jadi kesimpulannya Tipe Power Supply Komputer saat ini ada 3 macam diantaranya power supply AT, power supply ATX dan power supply BTX. Semoga dengan artikel Mengenal Pengertian Power Supply serta Macam Jenis Tipe Power Supply dan Penjelasannya bisa bermanfaat ya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Spesifikasi Lengkap dan Harga VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, RX 570, RX 580 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *