Home > Komponen > Macam Jenis Tipe Mouse Komputer dan Kelebihannya
Macam Jenis Tipe Mouse Komputer dan Kelebihannya

Macam Jenis Tipe Mouse Komputer dan Kelebihannya

Mengenal Macam Jenis Tipe Mouse Komputer Laptop serta Kelebihan dan Kekurangannya – Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang menjadi satu paket dalam pengoperasian komputer. Dimana mouse memiliki peranan yang cukup penting.

Mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer atau kursor pada komputer. Dimana kita bisa mengarahkan pointer atau kursor kemanapun kita mau saat menggunakan komputer.

Tidak hanya itu saja, mouse juga berfungsi untuk melakukan klik, scroll, dan double klik pada area yang dituju. Mungkin anda masih banyak yang belu tahu jika sebenarnya mouse memiliki beragam jenis mouse.

Apa sajakah itu? Yuk simak apa saja Mengenal Macam Jenis Tipe Mouse Komputer Laptop serta Kelebihan dan Kekurangannya dibawah ini:

1. Jenis tipe mouse komputer menurut ciri fisiknya

a. Mouse Optic

Mouse optic dibuat dengan menggunakan teknologi optic dimana fungsinya untuk menggerakkan pointer atau kursor yang terletak dibagian bawah mouse.

Kelebihan dan Kekurangan Mouse Optic

Kelebihan Mouse Optic: Tidak perlu permukaan mouse pad yang rata, Lebih sensitif terhadap pergerakkan.

Kekurangan Mouse Optic: Harga lebih mahal, Sinar Laser / LED yang berbahaya untuk penglihatan

b. Track Ball Mouse

Jenis mouse track ball memiliki ciri fisik yang sesuai dengan namanya dimana mouse ini memilik bola kecil ditengahnya yang di gunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor khususnya untuk scroll.

Kelebihan dan Kekuarnagn jenis Trackball Mouse Komputer

Kelebihan Mouse Trackball: Harga realtiv lebih murah.

Kekurangan Mouse Trackball: Harus sering dibersihkan untuk menghilangkan debu yang menempel pada bolanya yang dapat menghambat putaran pada roda-roda sensornya, sehingga membuat mouse tidak dapat bekerja dengan baik dalam merespon gerakan penggunanya, Tingkat akurasi lebih kecil dibanding mouse optikal.

2. Jenis tipe mouse komputer menurut portnya

a. Mouse Serial

Mouse Serial menjadi jenis mouse yang digunakan pada komputer jaman dahulu, yaitu pada era Pentium 1, Pentium 3 atau lainnya yang berjenis AT. Dilihat dari bentuknya, mouse serial ini memiliki port serial dengan beberapa pin di ujungnya, atau yang dikenal dengan port VGA.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Serial Mouse Port Komputer

Kelebihan Mouse Serial: Masih berguna untuk komputer jadul

Kekurangan Mouse Serial: Sudah tidak didukung lagi dengan teknologi modern yang menggunakan HID

b. Mouse PS2

Mouse PS2 juga merupakan jenis mouse pada era pentium 1-4 namun sampai saat ini jenis mouse PS2 masih digunakan meski kini penggunanya mulai sedikit saja karena saat ini telah banyak jenis mouse dengan tipe dan teknologi terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Mouse Port PS2 Komputer

Dari ciri fisiknya, Mouse PS2 mempunyai ciri khas warna hijau pada ujung kabelnya, nah warna ini merupakan ciri port mouse agar tidak keliru dengan keyboard PS2 yang biasanya menggunakan warna biru ataupun ungu.

c. Mouse USB

Saat ini mouse USB adalah jenis mouse yang paling umum dan banyak digunakan, karena Mouse USB ini adalah jenis mouse yang sangat kompatibel untuk model tipe komputer jaman sekarang yang memiliki port USB. Mouse USB ini adalah jenis mouse yang sangat mudah digunakan mengingat komputer saat ini banyak terdapat port USB.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Mouse Usb Komputer

Kelebihan Mouse USB: Kecepatan yang lebih tinggi, Fleksibel dalam penggunaan.

Kekurangan Mouse USB: Port USB pada Laptop / PC kadang terbatas, Panjang kabel USB maksimal hanya 15 kaki.

d. Mouse Wireless

Mouse wireless adalah jenis mouse teknologi terbaru yang penggunaannya menggunakan fitur wireless. Dengan adanya fitur wireless penggunaan mouse menjadi lebih simple dan efisien bahkan mouse ini bisa di gunakan dari jarak jauh.

Cara penggunaanya cukup simple dan mudah dimana anda hanya perlu mencolokkan USB wireless ke port USB komputer secara otomatis komputer akan mendeteksi sinyal wireless, lalu nyalakan tombol on pada mouse maka mouse bisa langsung digunakan karena sudah otomatis terkoneksi.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Mouse Wireless Komputer

Kelebihan Mouse Wireless: Tidak perlu ribet karena mouse wireless tidak membutuhkan kabel, memiliki jangkauan lebih luas, tanpa kabel.

Kekurangan Mouse Wireless: Repot ketika baterai habis, Cepat rusak, Jika penghubung sinyal modem hilang maka mouse tidak bisa apa apa lagi, Agak berat karena ada batre didalamnya.

Dari segi harga, mouse wireless memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis mouse lainnya. Namun memang kelemahan dari mouse ini adalah cepat rusak dan cepat menghabiskan baterai. Maka dari itu baterai perlu diganti secara berkala.

e. Mouse Gaming

Mouse ini tentu sangat familiar pada para gamers. Dikatakan mouse gaming karena gaming mouse memiliki fitur dan tombol tombol tambahan untuk digunakan kebutuhan gaming.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Gaming Mouse Komputer

Dimana biasanya mouse hanya terdiri dari 2 tombol diatas dan 1 tombol scroll. Namun pada mouse gaming terdapat tombol tombol tambahan ini terletak dibagian kanan atau kiri mouse.

Kebanyakan mouse gaming memiliki port bentuk USB karena untuk memudahkan penggunaan. Memang dari segi harga, harga mouse gaming lebih mahal dibandingkan mouse secara umum bahkan lebih mahal dari mouse wireless.

Demikian penjelasan Mengenal Macam Jenis Tipe Mouse Komputer Laptop serta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan

5 Rekomendasi Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan – Headset gaming yang …

One comment

  1. Rahmat Fajar Alam

    thx sekarang saya dapat mengetahui kelebihannya bermanfaat artikel nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *