Home > Komponen > Macam Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Macam Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Macam Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya – Banyak orang tentu sudah biasa berurusan dengan komputer, baik untuk kerja atau sebagai hiburan. Walaupun sering berinteraksi, banyak orang yang masih bingung jika ditanya mengenai jenis perangkat hardware dan fungsinya.

Hardware adalah perangkat fisik yang membuat komputer dapat digunakan. Sebetulnya komputer itu terdiri dari banyak perangkat hardware, tapi golongannya bisa dibagi menjadi beberapa perangkat penting saja.

Power Supply

Hardware ini berfungsi untuk mengelola energy listrik untuk disalurkan ke semua perangkat lain dalam komputer. Tanpa hardware ini, komputer hanya rongsokan belaka karena tidak akan menyala. Power supply biasanya memiliki spek yang berbeda – beda tergantung besar daya yang diperlukan untuk menyalakan perangkat komputer.

Motherboard

Perangkat hardware ini adalah inti fungsi komputer. Jika diumpamakan, power supply adalah jantung dan motherboard adalah sistem saraf. Semua perangkat komputer harus dihubungkan dengan motherboard untuk dapat bekerja baik. Motherboard sendiri ditempeli perangkat hardware yang bisa digolongkan sendiri. Perangkat ini adalah CPU, GPU dan Storage.

CPU / Prosesor

CPU ini juga sering disebut processor. Jika motherboard adalah saraf, CPU adalah otaknya. Motherboard hanya mengirimkan sinyal ke CPU agar dapat diproses. Semua data dan fungsi komputer bekerja dengan kemampuan komputasi dari hardware ini.

GPU / VGA Card

Jika CPU adalah otak utama, GPU adalah otak cadangan yang khusus melakukan komputasi untuk grafis dan tampilan. Hardware inilah yang bertanggung jawab membuat komputer terlihat lancar saat dijalankan. Banyak program yang hanya bisa bekerja dengan kemampuan proses grafis tinggi.

Kemampuan proses grafis di komputer lama mungkin masih kuat dilakukan oleh CPU, tapi sekarang penggunaan GPU bisa dibilang wajib untuk menjalankan program – program berat.

Storage / Penyimpanan

Storage di sini merupakan hardware yang bertugas sebagai perekam data. Data yang diproses oleh komputer bisa disimpan untuk penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek, hardware yang bertugas adalah RAM, sedangkan untuk penyimpanan jangka panjang hardware yang berjalan adalah Harddisk.

RAM ini bertugas untuk mengingat hal yang sekejap. Memory yang ada di sini lebih berguna untuk menjalankan program – program. Bayangkan saja jika saat Anda mengetik di Notepad ataupun Word dan setiap hurufnya harus melalui proses save ke permanen ke Harddisk. Hal ini tentu merepotkan dan lebih memakan waktu. Untungnya RAM akan menyimpan tampilan huruf – huruf di program ini secara sementara, sampai Anda memutuskan untuk melakukan save.

Kelemahan RAM adalah selalu menghapus memorinya setelah tidak diperlukan. Jadi jika Anda mengetik dan lupa save di Hardisk, bisa dipastikan hasil ketikan Anda hilang saat mematikan program.

Storage yang berikutnya adalah Harddisk. Hardware ini bertugas menyimpan data dalam waktu lama. Anda bisa memanggil file – file yang disimpan di sini karena bersifat permanen sampai waktunya dihapus.

Macam Jenis Hardware Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Input

Input adalah hardware yang digunakan untuk memberikan informasi dari luar ke dalam komputer. Hal ini bisa dibilang alat kontrol untuk komputer. Hal yang termasuk dalam Input ini contohnya :

  • Keyboard
  • Mouse
  • Controller Game
  • Microphone
  • Tablet Gambar
  • WebCam

Sebetulnya alat input ini masih banyak lagi. Asalkan hardware tersebut memberikan command pada komputer untuk dibaca, hardware tersebut termasuk dalam input.

Output

Perangkat keras komputer ini yang bertugas mengeluarkan hasil proses dalam komputer kepada Anda. Contoh hardware jenis ini adalah

  • Monitor
  • Headset
  • Speaker
  • Printer
  • Projector

Bisa dibilang hardware yang termasuk dalam output ini merupakan alat yang Anda gunakan untuk melihat respon dari input yang Anda berikan ke komputer.

Mudah – mudahan penjelasan mengenai Macam Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya di atas membuat Anda lebih paham tentang hardware pada komputer.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.