Home > Peralatan Kantor > Macam Jenis Kertas Photo Printing Kualitas Terbaik
Macam Jenis Kertas Photo Printing Kualitas Terbaik

Macam Jenis Kertas Photo Printing Kualitas Terbaik

DimensiData.comMengenal Macam Jenis kertas Photo Printing kualitas Terbaik yang sering Digunakan untuk mencetak foto. Sekarang ini jaman sudah semakin modern, pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan praktis hanya dengan melalui bantuan alat canggih. Salah satunya adalah dalam dunia cetak foto. Dulu jika kita mau mencetak foto tentunya kita harus pergi ke studio foto untuk menyerahkan file berisi foto untuk kemudian dicetak.

Namun sekarang untuk mencetak foto bisa dilakukan sendiri dirumah yakni dengan menggunakan printer. Salah satu jenis printer yang mampu menghasilkan cetak foto yang relatif bagus adalah printer inkjet, namun selain printer ternyata masih ada beberapa alat pendukung lainnya untuk hasil foto yang terbagus yaitu tinta dan jenis kertas.

Ketiga komponen ini sangat penting dalam dunia percetakan. Terutama masalah kualitas jenis kertas. Ingat, ada banyak sekali jenis kertas yang tersedia. Tapi jangan asal pilih pasalnya masing masing jenis kertas memiliki sifat dan fungsi yang berbeda beda. Dengan kata lain jenis kertas untuk cetak foto pun juga berbeda. Foto yang bagus akan sia-sia bila menggunakan kertas yang sembarangan.

Jenis Kertas Photo Kualitas Terbaik Yang Bagus Harga Murah

Kebanyakan orang, masih banyak yang belum mengetahui macam jenis kertas photo, padahal hal ini sangat berpengaruh besar terhadap hasil cetakan foto tersebut. Maka dari itu pastikan Anda mengenal macam jenis kertas photo printing agar anda dapat menggunakan sesuai kebutuhan anda.

Berikut ini macam jenis kertas photo printing terbaik yang sering digunakan untuk mencetak foto

Kertas Glossy

Macam jenis kertas photo yang satu ini adalah kertas foto terbaik yang paling banyak digunakan. Bahkan bisa dibilang paling populer terutama banyak digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas sedang.

Keunggulan kertas glossy :

  • Permukaan kertas yang halus
  • Terlihat mengkilap dan berkelas
  • Hasil cetakan yang bagus dan jelas
  • Cocok digunakan pada percetakan foto beresolusi tinggi
  • Harga kertas glossy lebih murah

Kekurangan kertas glossy :

  • Memiliki sifat mudah lengket
  • Mudah meninggalkan bekas seperti goresan atau bekas sidik jari.
  • Jika digunakan untuk print berwarna, warna cepat memudar apalagi jika disimpan pada ditempat terbuka dan terkena panas
  • Sifat kertas yang tipis

Kertas Mette (Doff)

Macam jenis kertas photo ini dianggap memiliki permukaan yang lebih bertekstur serta lebih sedikit refleksi cahaya. Keunggulannya, kertas foto ini cukup awet dan tidak akan menimbulkan bekas meski sering dipegang. Tidak akan ada sidik jari yang akan membekas selama dalam batas kewajaran. Kertas foto Mette (Doff) sangat cocok untuk digunakan mencetak foto-foto yang tidak akan dipasangkan pada figura/frame atau tidak dimasukan album.

Kertas Double-Side Paper

Macam jenis kertas photo terbaik Kertas foto Double-Side Paper biasa digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisi (depan dan belakang). Hasil foto tidak mengkilap dan cenderung doff. Sangat cocok digunakan untuk mencetak pamflet dan brosur untuk sarana promosi.

Kertas Laster

Macam jenis kertas photo Laster photo paper menjadi kertas foto untuk jangka panjang dan biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter. Daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun tidak akan mudah pudar serta mampu menghasilkan efek doff.

Kertas canvas

Macam jenis kertas photo printing yang satu ini memiliki tekstur yang mirip seperti canvas lukisan. Oleh sebab itulah kertas photo printing ini dinamakan keras canvas.

Keunggulan kertas canvas :

  • Memiliki tekstur agak kasar dan terdapat garis garis mirip seperti canvas lukisan. Sehingga hasil cetaknya menjadi sangat bagus.
  • Proses pengeringan tinta sangat cepat karena kertas ini memiliki daya serap yang tinggi
  • Memiliki ketebalan minimal 180 gsm
  • Memiliki sifat lebih awet dibandingkan kertas glossy

Kekurangan kertas canvas :

  • Dari sekian banyaknya keunggulan kertas canvas, namun sayangnya kertas canvas ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Lebih mahal dibandingkan kertas glossy.

Kertas inkjet

Macam jenis kertas photo printing yang satu ini yaitu kertas inkjet merupakan salah satu jenis kertas foto yang unik. Bahkan kertas inkjet merupakan jenis kertas foto yang memiliki banyak keunggulan, diantaranya

  • Bentuk dan tekstur seperti kertas biasa namun kertas ini memiliki sifat tahan air atau cairan. Sehingga anda tidak perlu takut gambar yang anda cetak menjadi pudar akibat air. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari kertas inkjet dibandingkan kertas foto lainnya.
  • Memiliki ketebalan kertas yang tipis, tapi bukan berarti hal ini merupakan kekurangan dari kertas inkjet, melainkan termasuk salah satu keunggulan kertas inkjet. Karena pada dasarnya kertas inkjet memang tidak khusus untuk cetak foto konvensional melainkan lebih cocok untuk kencetal sketsa, kalender, poster, dan lainnya.
  • Hasil gambar terlihat lebih jelas dan tajam.

Kekurangan kertas inkjet :

  • Tidak cocok untuk mencetak kebutuhan foto konvensional
  • Selain kertas inkjet, kertas matte doff juga merupakan jenis kertas photo printing yang unik. Adapun keunggulan kertas matte doff yaitu
  • Memiliki tekstur permukaan yang sedikit refleksi cahaya
  • Memiliki sifat awet dan tidak akan meninggalkan bekas saat dipegang,
  • Memiliki daya serap yang cepat, meskipun hanya menggunakan tinta dan printer berkualitas rendah.
  • Sangat cocok dipakai untuk mencetak foto foto yang tidak dimasukkan dalam frame atau album

Sebenarnya masih ada Banyak lagi macam jenis kertas photo printing yang bisa kita gunakan sebagai media print out. seperti Photo paper, Laser paper, stiker mate, double side, matte doff, dan lain sebagainya. Semoga informasi mengenai Macam Jenis kertas Photo Printing terbaik bisa bermanfaat untuk anda, terutama bagi anda yang akan mencetak foto dengan hasil yang bagus.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. malam gan, klo boleh saya mau tanya lebih lanjut nih, saya tertarik untuk menggunakan laster photo paper, tp diamana y gan harus membeli kertas tersebut? klo boleh kasih tau donk serta merk nya misal ada merk
    trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.