Home > Networking > Macam Jenis Jaringan Komputer dan Pengertian Lengkapnya
Mengenal Macam Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Macam Jenis Jaringan Komputer dan Pengertian Lengkapnya

Mengenal Macam Jenis Jaringan Komputer dan Pengertian Lengkapnya – Jaringan komputer menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dipahami oleh orang yang memang membutuhkan adanya jaringan tersebut.

Dengan memahaminya maka anda bisa mengaplikasikan pemasangan sebuah jaringan komputer sesuai dengan jenis dan fungsinya masin-masing. Hal tersebut akan memberikan manfaat yang optimal tentunya untuk bisa anda gunakan dengan baik.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer pada dasarnya adalah kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih dan saling terhubung satu sama lain. Tujuannya adalah untuk menyebarkan informasi dari transmitter atau pengirim secara tepat dan akurat.

Macam Jenis Jaringan Komputer

Secara keseluruhan jaringan komputer di dibagi menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi data, media pengiriman data, tugas dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi jaringan yang digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai macam jenisa jaringan komputer.

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang hanya mencakup pada area kecil yang luasnya tidak lebih dari 1 meter persegi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) mencakup area hingga satu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa juga dikatakan jaringan komputer ini merupakan gabungan dari beberapa LAN.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) tentu mencakup daerah yang lebih luas lagi hingga sebuah negara atau benua, fungsinya adalah untuk melakukan komunikasi meskipun berada di daerah yang berbeda.

B. Berdasarkan distribusi sumber informasi data

1. Jaringan terpusat

Jaringan terpusat terdiri dari server dan komputer client yang akan berfungsi sebagai perantara dalam melakukan akses data dari komputer server.

2. Jaringan terdistribusi

Ada kombinasi dari beberapa jaringan terpusat sehingga merupakan jaringan dari beberapa komputer server serta client yang saling terhubung.

Baca Juga

C. Berdasarkan media transmisi data

1. Jaringan berkabel (Wired Network)

Media pengiriman data yang dipakai pada jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut dipergunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi data yang terhubung dengan internet. Salah satu media pengiriman yang dipakai pada Jaringan berkabel adalah kabel UTP.

2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi)

Pada jaringan ini dibutuhkan sinyal elektromagnetik sebagai media pengiriman datanya. Berlainan pada jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar data dengan komputer lain, melainkan memakai sinyal elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.

Pengertian Jaringan Internet dan Macam Jenis Jaringan Komputer

D. Berdasarkan topologi jaringan

Topologi jaringan komputer adalah susunan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai topologi jaringan, silakan baca artikel pengertian dan macam jenisa topologi jaringan komputer yang Blog DimensiData tulis sebelumnya.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:

  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi linier

E. Berdasarkan tugas dari tiap Komputer

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini tersusun dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Umumnya tersusun dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas mempersediakan semua sumber daya data dan informasi, sementara itu untuk komputer client atau user hanya bisa memakai sumber daya data dan informasi yang ada pada komputer server.

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, tipa-tiap komputer, baik itu komputer server ataupun komputer client atau user memiliki peranan yang sama. Jadi, komputer client bisa menjadi komputer server, dan sebaliknya komputer server juga bisa menjadi komputer client.

Beberapa jenis jaringan komputer tersebut memang memiliki manfaatnya masing-masing dan jangkauan area yang bisa diaplikasikan dalam penggunaannya.

Sehingga anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan untuk menentukan jenis jaringan komputer mana yang akan digunakan dalam memudahkan proses pengiriman informasi secara lebih tepat dan akurat.

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

Setelah mengetahui jenis yang akan anda gunakan tentu memahami manfaat jaringan komputer juga akan membantu anda untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan anda dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat.

Berikut beberapa manfaat penggunaan jaringan komputer yang bisa anda dapatkan:

  • Anda akan membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien. Apalagi dengan adanya jaringan data yang cepat maka akan membuat segalanya menjadi lebih mudah
  • Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan
  • Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat
  • Jika digunakan di kantor maka akan dapat menekan pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada
  • Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time, sehingga untuk kebutuhan mendesak adanya jaringan ini juga akan sangat membantu
  • Anda bisa melakukan akses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.

Pada intinya memang penggunaan jaringan komputer ini adalah untuk mempermudah akses informasi. Baik untuk area pengiriman jarak dekat ataupun jarak jauh, sehingga akan memudahkan segala kebutuhan akses anda dalam mendapatkan informasi secara cepat, efisien dan akurat tentunya.

Maka dari itu, anda harus mempertimbangkan dengan baik pemasangannya dengan tepat agar sistem atau jaringan yang dibangun dapat berfungsi sesuai manfaatnya masing-masing dalam memudahkan pekerjaan anda.

Penyebaran informasi yang semakin mudah dengan adanya jaringan komputer ini memang sangat penting terutama untuk pekerjaan kantoran.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya – Saat ini, WiFi sudah menjadi kebutuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *