Home > Networking > Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE
Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE

Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE

Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE – Kamu pasti sudah familiar dengan jaringan 4G. Dan, kamu pasti menggunakannya untuk mengakses internet. Namun, apakah kamu tahu, ternyata ada banyak jenis jaringan 4G yang ada saat ini. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Pengertian serta Perbedaan Jaringan GSM dan CDMA

Macam Jenis Kategori Jaringan Internet

Sebeleum kita membahas tentang macam jenis jaringan 4G, terlebih dahulu kita akan membahas macam jenis kategori jaringan internet. Untuk kategori jaringan, biasanya disebut dengan sebutan “cat” atau kepanjaangan dari “category”. Berikut penggolongannya.

Kategori

Download

Upload

LTE Cat110.3 Mbps5.2 Mbps
LTE Cat251 Mbps25.5 Mbps
LTE Cat3102 Mbps51 Mbps
LTE Cat4150.8 Mbps51 Mbps
LTE Cat5299.6 Mbps75.4 Mbps
LTE Cat6301.5 Mbps51 Mbps
LTE Cat7301.5 Mbps102 Mbps
LTE Cat8299,8 Mbps149,7 Mbps
LTE Cat9452.2 Mbps51 Mbps
LTE Cat10452.2 Mbps102 Mbps
LTE Cat11603.0 Mbps51 Mbps
LTE Cat12603.0 Mbps102 Mbps
LTE Cat13391,7 Mbps150.8 Mbps
LTE Cat14391,7 Mbps
LTE Cat15750 Mbps
LTE Cat16979 Mbps

Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan Internet 4G LTE

Macam Jenis Jaringan 4G

1. 4G LTE FDD

kamu mungkin masih asing dengan istilah FDD. Tapi, istilah ini memang dipakai untuk menamakan satu jenis jaringan 4G. FDD sendiri merupakan singkatan dari “Frequency Division Duplex”.

Benar, pada umumnya, perbedaan jenis jaringan 4G dibedakan berdasarkan frekuensi yang digunakannnya. Untuk jaringan 4G LTE FDD, frekuensi yang digunakan berada pada angka antara 800 MHz dan 1800 MHz.

Jenis jaringan 4G ini memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah jangkauan yang dimilikinya sangatlah luas. Sehingga, jaringan 4G LTE FDD sangat sesuai digunakan untk kepentingan telepon, browsing atau media sosial.

Baca Juga: Macam Jenis Kabel Jaringan Internet dan Pengertiannya

Jaringan FDD menggunakan dua channel yang berbeda untuk fungsi yang berbeda pula. Satu channel digunakan untuk mengunduh, sedangkan satunya lagi untuk mengunggah data.

Dengan penggunaan dua channel yang berbeda ini, maka arus data dapat berjalan dengan lancar. Dan, hal inilah yang menyebabkan kecepatan download maupun upload cukup seimbang dan baik.

2. 4G LTE TDD

Jenis selanjutnya adalah 4G LTE TDD. TDD sendiri adalah singkatan dari “Time Division Duplex”. Perbedaan dengan jaringan FDD terletak pada frekuensi yang digunakannya. TDD menggunakan frekuensi 2300 MHz atau lebih tinggi dari FDD.

Kelebihan dari jaringan ini adalah kecepatan unduhannya yang sangat tinggi. Jauh lebih tinggi daripada jaringan bertipe FDD. Namun, untuk kecepatan unggahan, TDD termasuk lambat dan masih kalah dibandingkan dengan FDD. Karena kelebihan inilah, jaringan TDD sangat cocok digunakan untuk keperluan browsing, download atau streaming.

Baca Juga: Pengertian dan Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

TDD tidak menggunakan channel yang berbeda seperti FDD. Jaringan ini hanya menggunakan satu channel, yang mengakibatkan keseimbangan antara proses download dan upload tidak berjalan terlalu baik.

3. 4G LTE Advanced

Jaringan internet ini juga disebut sebagai jaringan 4G+. Jaringan 4G+ termasuk teknologi baru yang mempunyai kualitas kecepatan download dan upload data yang lebih baik daripada dua jenis sebelumnya dan jangkauan jaringan ini juga lebih luas.

Jaringan internet ini beroperasi pada frekuensi antara 900 MHz hingga 2300 MHz. Jaringan ini juga menggunakan gabungan teknologi dari jaringan 4G FDD dan TDD. Hal ini menyebabkan jaringan 4G+ lebih stabil dibandingkan dua jaringan tersebut.

Berbicara tentang kecepatan transfer data, bila membandingkan antara 4G+ dengan FDD atau TDD, kecepatan 4G+ jauh diatas dua jaringan tersebut. Pada jaringan FDD atau TDD, kecepatan transfer data hanya berkisar antara 10 Mbps hingga 100 Mbps. Namun, untuk 4G+, kecepatannya dapat mencapai 100 hingga 300 Mbps.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Bagaimana cara mengunci sinyal 4G di galaxy J2 prime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.