Home > Komponen > Keunggulan Dan Kekurangan UPS

Keunggulan Dan Kekurangan UPS

UPS, apakah Anda sering mengunakannya atau Anda belum pernah meggunakan perangkat satu ini? UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible  Potential Give  yang  merupakan suatu perangkat output   atau catu daya  yang tidak dapat diinterpusi.  Bagi orang asing  kata UPS mugkin sangat asing namun bagi kita yang sering  menggunakan komputer atau mengotak-atik beberapa perangkat  yang berhubungan dengan komputer  pasti  mengenal  perangkat ini. Saat pemadaman listrik  jika tanpa UPS  kita akan  repot jika listrik mati. Saat  terjadi pemadaman listrik  maka UPS akan  memberikan suplay  listrik  saat tegangan utama berhenti.   UPS hanya berfungsi ketika  terjadi lampu mati saja. Kita  membutuhkan perangkat ini sebagai cadangan  saat lampu mati sewaktu-waktu.

Keunggulan Dan Kekurangan UPS_1

Dalam penggunaannya perangkat yang dinamakan UPS ini sangat mebantu kita  terutama dalam hal cadangan listrik yang  dibutuhkan mendadak. UPS bekerja tanpa dipengaruhi oleh   kekurangan, kelebihan maupun saat  listrik mati. Di beberapa tempat  terutama  yang sering mengalami  bencana alam, keberadaan alat ini tentu sangat menguntungkan   ketika terjadi pemadaman  listrik. Menggunakan UPS memang menguntungkan  terutama jika  tempat yang kita tinggali sering  terjadi pemadaman listrik.  Selama beberapa  menit ketika terjadi pemadaman listrik maka komputer   akan mati   jika tidak menggunakan  UPS, namun  karena ada UPS komputer  akan menyala beberapa saat sehingga  pengguna bisa mematikan komputer.

UPS sangat penting ketika kita bekerja dan belum sempat  menyimpan data, namun dengan adanya UPS data bisa  segera disimpan  saat terjadi mati lampu mendadak.   Kita bisa mematikan komputer secara normal  beberapa saat ketika mati lampu, hal ini akan mengurangi kerusakan pada  komputer.  UPS memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan untuk membantu kita.  Keunggulan UPS yang sering kita dapatkan adalah kegunaannya sebagai cadangan sumber yang  bisa  digunakan  saat darurat.  Perangkat ini memiliki stabilizer sehingga  bisa membuat stabil  aliran listrik   yang masuk  kedalam komputer.  UPS mampu membuat CPU tanah lama  dibandingkan biasanya.  Keunggulan ini membuat hampir semua orang menggunakan agar mereka  bisa memback-up  data.  UPS bisa menyimpan semua data yang ada di komputer kita dengan cara back-up tersebut. Ketika  terjadi pemadaman secara mendadak maka data yang kita miliki di komputer terselamatkan.

UPS menggunakan  baterai  berjenis  lead-acid  yang bisa menjadi  sumber tegangan   cadangan  hingga 30 menit.  Dengan adanya inventer pada UPS maka  akan mengubah arus DC  menjadi arus AC dari baterai sehingga  UPS bisa digunakan dengan maksimal.    Dengan keunggulan tersebut maka UPS  banyak digunakan terutama pada perkatoran dan  kalangan pribadi yang sering menggunakan  komputer.  Sayangnya, perangkat ini terlalu berat sehingga hanya bisa ditempatkan pada tempat tertentu saja.  Untuk pemakaian laptop tentunya UPS  sangat sulit digunakan, hanya komputer  saja yang  mudah dipasang  dengan UPS.  Kelemahan UPS lainnya,  perangkat ini hanya memberikan daya beberapa saat saja sehingga kita  harus cepat-cepat mematikan komputer  ketika terjadi  pemadaman listrik.

Sekalipun  UPS memiliki sedikit kelemahan namun perangkat ini cukup membantu pengguna komputer.  Ketika terjadi kegagalan daya  listrik dan komputer  Anda belum   dimatikan  maka hal ini bisa menyebakan kerusakan pada  komputer. Namun dengan adanya  UPS  kita  bisa menyelamatkan komputer sehingga komputer bisa  dimatikan.  UPS menjadi  pelindung bagi kerusakan  system maupun hardware komputer.   Penggunaan UPS ini banyak dibutuhkan pada perusahaan  jasa   infomasi dan beberapa penyedia layanan internet atau warnet.  Karena mereka menggunakan cukup banyak komputer maka  mereka juga membutuhkan UPS  jika terjadi masalah pada listrik.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Merk UPS Terbaik Untuk Komputer Server Warnet 2017 Harga Murah

Rekomendasi Merk UPS Terbaik Untuk Komputer Server Warnet

Rekomendasi Merk UPS Terbaik Untuk Komputer Server Warnet 2017 – Saat ini warnet menjadi salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *