Thursday, 24 July , 2014
Ketidaktertarikan Samsung dengan Sistem Firefox OS

Ketidaktertarikan Samsung dengan Sistem Firefox OS

Sejak sistem operasi baru untuk perangkat mobile besutan Firefox diumumkan, beberapa perusahaan menyatakan ketertarikannya. Bahkan, sudah ada perangkat smartphone yang memanfaatkan teknologi tersebut meskipun  masih tergolong dalam entry level. Namun, peluang baru yang ditawarkan oleh Firefox OS tersebut tidak disambut hangat oleh Samsung. Dengan kata lain, Samsung menyatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk menggunakan sistem baru ini dalam produknya. Ada beberapa alasan yang membuat Samsung menyatakan keputusan tersebut.

Penolakan Samsung terhadap sistem operasi Firefox dinyatakan sesaat setelah presentasinya di Mobile World Congress 2013. Event ini adalah saat yang paling tepat bagi developer untuk memperkenalkan sistem operasi barunya. Fitur dan kemampuan Firefox OS memang cukup menarik karena menawarkan sesuatu yang baru. Perusahaan ternama seperti Sony dan LG pun tidak enggan untuk menerapkan teknologi baru ini dalam produk mereka. Bahkan, Sony pun memastikan rencananya untuk mengeluarkan smartphone baru berbasis Firefox OS di tahun depan. Sikap berbeda dinyatakan oleh Samsung karena perusahaan ini sedang fokus untuk proyek besar lainnya. Proyek tersebut akan menjadi peluang baru bagi Samsung yang sudah merajai pasar untuk produk smartphone berbasis Android. Market share bagi Samsung memang sangat tinggi untuk produk Android ini. Satu-satunya rival yang pantas dipertimbangkan oleh perusahaan ini adalah Apple. OS Tizen adalah salah satu alasan penolakan Samsung tersebut. Samsung memang ingin mencoba melepaskan ‘ketergantungannya’ pada sistem operasi Android. Langkah ini memang menjadi salah satu metode yang tepat untuk menangkis persaingan dengan Apple. Perusahaan ini memang menghadirkan fitur iOS eksklusif yang hanya ada pada produk Apple. Samsung tidak mempunyai OS eksklusif karena Android juga digunakan oleh perusahaan lain. Mungkin di tahun mendatang persaingan antara Samsung dan Apple akan semakin menarik dengan kehadiran iOS dan Tizen OS tersebut.

Penolakan Samsung terhadap Firefox OS ini kurang lebih merupakan sikap optimisnya terhadap popularitas produknya yang begitu bagus di pasar smartphone. Samsung menjadi pemimpin dalam penjualan smartphone berbasis Android meskipun masih harus berhadapan dengan rivalnya, Apple. Bahkan, Samsung juga masih yakin bahwa kehadiran Samsung Galaxy S4 nanti akan memperkuat posisinya sebagai perusahaan papan atas dalam industri ponsel Android. Produk baru tersebut akan mulai dirilis pada tanggal 14 Maret mendatang. Selain itu, Samsung juga akan memperkenalkan sistem operasinya sendiri kira-kira pada bulan  Juli mendatang. Dengan kata lain, keputusan Samsung untuk menolak Firefox OS tersebut tidaklah mengejutkan.

Lalu, apa dampak penolakan Samsung tersebut bagi Firefox OS? Penolakan tersebut bisa dianggap sebagai suatu ‘pukulan’ bagi pengembang OS ini. Jika Samsung mau menerima OS baru ini untuk mengembangkan produknya, popularitasnya pasti akan meningkat tajam. Samsung sendiri sangat berperan dalam memperkenalkan sistem Android kepada pengguna perangkat mobile. Dengan kata lain, Google berhutang budi pada Samsung atas popularitas platform Androidnya. Namun, perusahaan besar seperti Sony dan LG masih menerima OS ini. Keputusan kedua perusahaan tersebut tentu mendongkrak popularitas Firefox OS secara signifikan.

Tahun 2013 ini menjadi babak baru bagi persaingan OS untuk perangkat mobile. Para developer mencoba untuk menarik minat konsumen dengan mengembangkan teknologi barunya. Blackberry yang sempat terpuruk pun mencoba untuk bangkit kembali dengan OS BlackBerry 10. Windows pun memasuki pasar perangkat mobile dan memperkenalkan Windows Phone 8. Kehadiran OS baru dari Firefox ini juga membuat persaingan semakin ketat. Samsung tentu tidak akan tinggal diam karena perusahaan ini telah menyiapkan OS Tizen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>