Home > Peralatan Kantor > Kelebihan dan Kekurangan Kamera CCTV

Kelebihan dan Kekurangan Kamera CCTV

Keberadaan kamera CCTV saat ini memang  sudah cukup banyak, bahkan hampir semua tempat perbelanjaan umum, ataupun tempat tertentu yang menggunakan  kamera tersebut untuk membantu keamanan.  Closed  Circuit  Television  atau yang sering dikenal dengan  sebutan CCTV ini  merupakan  perangkat kamera video digital  yang  sering dipakai  untuk pengiriman  sinyal pada layar monitor  pada suatu ruangan.  Dengan adanya CCTV maka pengguna bisa memantau  situasi  amupun kondisi di tempat tertentu, hal inilah yang banyak membantu  mereka untuk mengungkap  tindak kejahatan. Kebanyakan  yang menggunakan  CCTV adalah perusahaan  yang menginginkan  tempatnya aman dari gangguan pencuri atau kejahatan lainnya.

Beberapa  tempat yang sering  menggunakan CCTV diantaranya adalah  mall, bank, hotel,  gudang militer,  pabrik,  bandara udara,  ataupun  di rumah pribadi. CCTV  juga bisa digunakan untuk  rumah pribadi, pada umumnya jika rumah tersebut memiliki aset yang berharga dan sering ditinggal pergi oleh si pemilik rumah. Keberadaan CCTV memang menguntungkan, namun disisi lain  CCTV  juga merugikan pihak tertentu.  Pada umumnya, sistem kamera  pada CCTV digital  bisa dioperasikan  bahkan juga bisa dikontrol dengan menggunakan  komputer pribadi maupun seluler.  Jika Anda memasang CCTV maka Anda bisa memonitor CCTV tersebut dimana saja dan kapan saja selama ada  jaringan internet  ataupun akses GPRS. Untuk membuat  sistempada CCRV yang sangat sederhana maka  Anda harus menggunakan beberapa peralatan yang dibutuhkan.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera CCTV_2

Beberapa kelebihan dari  CCTV diantaranya adalah:

  1. Mencegah dan mengurangi tindak kejahatan

Kamera CCTV yang dipasang pada  swalayan atau mall, pada bank dan temapt lainnya  bisa mencegah   tindak kejahatan yang akan dilakukan oleh seseorang atuapun sekelompok orang.   Toko atau tempat yang  telah terpasang oleh  CCTV,  hal ini akan jauh lebih aman dari tindak kejahatan, orang akan berpikir lagi ketika  akan melancarkan aksi jahatnya pada tempat tersebut. Jika  Anda memasang  CCTV pada kantor atau toko,  semua karyawan akan bersikap dan bekerja  baik karena mereka terus-menerus merasa diawasi dan dipantai setiap geraknya sekalipun pemilik toko atau kantor tidak  ditempat.

  1. Sebagai bukti tindak kejahatan

Banyak  tindak kejahatan baik pencurian, perampokan maupun pembunuhan yang  terungkap dengan keberadaan CCTV.  Kamera  CCTV akan memudahkan  jika terjadi  investigasi terhadap tindak kejahatan maupun jika terjadi perbedaan  pendapat antara  pelaku dan korban.  Dengan adanya CCTV tersebut maka antara pelaku dan korban bisa melihat mana yang salah dan mana yang benar.

  1. Membantu etos kerja karyawan yang baik

Banyak pengusaha yang menggunakan  CCTV untuk memantau karyawannya di kantor karena mereka  tidak bisa memantau langsung  karyawan-karyawannya.  Dengan CCTV mau tak mau karyawan akan bekerja lebih giat  sehingga  tidak ada kesempatan untuk bermalas-malasan di kantor atau bahkan  keluar  dari kantor sebelum jam pulang.

Namun, dibalik keuntungan penggunaan CCTV tersebut,  terdapat  juga  kekurangan yang terdapat pada CCTV. Kekurangan CCTV diantaranya adalah  kemampuannya yang terbatas, kamera  CCTV bisa dimanipulasi hanya dengan menutup alat perekam  atau menutup lensa dengan  benda yang bisa membuatnya tidak  berfungsi untuk memonitor suatu tempat.  Kadang  dengan menempelkan  rekaman  CCTV secara berulang, hal ini   bisa  mengelabuhi pengawas  CCTV sehingga  dianggap  tidak terjadi masalah.  Kekurangan pada CCTV lainnya  bisa terjadi jika kamera diposisikan dalam keadaan salah. Kesalahan posisi kamera bisa menyebabkan  hasil rekaman CCTV menjadi tidak  sempurna.  Dengan kekurangan dan kelebihan dari CCTV tersebut Anda bisa mempertimbangkan  hal terbaik  saat akan menggunakan CCTV.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.