Thursday, 24 July , 2014

Kamera DSLR, Milih Canon atau Nikon?

Kamera DSLR, Milih Canon atau Nikon?
Kamera DSLR adalah pilihan wajib bagi fotografer yang ingin lebih menekuni dunia fotografi. Untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang lebih baik, Anda tentu membutuhkan kamera dengan kualitas prima. Kamera DSLR adalah kamera yang mampu mewujudkan keinginan Anda. Dalam bisnis kamera ini, tampaknya Canon dan Nikon bersaing cukup ketat. Canon sebagai salah satu perusahaan dalam industri kamera tentunya harus terus mengeluarkan inovasi baru untuk mempertahankan kejayaannya. Sebaliknya, Nikon juga mempunyai produk berkualitas bagi konsumennya. Sebelum Anda menentukan salah satu pilihan antara dua brand tersebut, Anda perlu mempertimbangkan kualitas dan penawaran yang diberikan oleh keduanya.

Menentukan antara produk Canon atau Nikon adalah keputusan yang cukup sulit mengingat kedua perusahaan tersebut memang cukup dikenal dan disegani di industri kamera. Namun, Anda perlu mempertimbangkan perbedaan konsep kedua produk tersebut. Aspek utama yang membedakan kedua perusahaan tersebut adalah strategi bisnis. Nikon terus mengembangkan kamera prima untuk menawarkan kualitas jepretan yang lebih baik. Nikon selalu menawarkan produk berbasis Precision Technologies and Opto-electric Technologies. Ya, Nikon memang hanya memfokuskan diri pada bisnis kamera atau perangkat lain yang menggunakan lensa. Namun, Canon tampaknya tidak puas hanya bermain dalam satu jenis produk. Anda tentunya cukup familiar dengan printer atau mesin photocopy buatan Canon. Perusahaan ini tampaknya serius mencari peluang lain dalam bisnis. Sudah pasti aset perusahaan Canon lebih besar daripada Nikon.

Meskipun konsep lensa yang digunakan untuk kamera Canon dan Nikon berbeda, tetapi dua perusahaan sama-sama memberikan lensa berkualitas untuk mendukung hobi fotografi Anda. Selain itu, kamera produksi Nikon atau Canon selalu menggunakan teknologi yang baru dikembangkan untuk memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Fitur auto focus adalah fitur yang bisa ditemukan dengan mudah dalam produk Nikon atau Canon.

Jika Anda ingin membeli kamera DSLR entah itu Nikon atau Canon, investasi yang Anda keluarkan tentu sangat besar. Namun, investasi tersebut tidak hanya dikeluarkan untuk kamera. Anda masih perlu mengeluarkan uang untuk pembelian body dan lens kit. Selain itu, Anda mungkin juga akan mempertimbangkan upgrade kamera yang telah Anda beli atau membeli aksesoris baru. Kelas kamera yang Anda beli juga akan sangat menentukan harga yang harus Anda keluarkan. Kamera pro pastilah berbeda harga dengan kamera entry level.

Untuk mengetahui perbedaan kualitas produk kamera yang ditawarkan oleh Nikon dan Samsung, Anda bisa melihat daftar produk berikut disertai dengan spesifikasinya. Nikon menawarkan Nikon D3200 dengan harga sekitar $700 untuk mendukung hobi fotografi Anda. Kamera ini termasuk produk paling terjangkau yang ditawarkan oleh Nikon. Spesifikasinya adalah pixel array 6016 x 4000, lensa 24,2 megapiksel, sensor CMOS, dan fitur Live View. Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan kamera ini dengan SD card. Dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh, Canon juga menawarkan 600D atau lebih dikenal dengan Digital Rebel T3i. Produk ini hadir dengan spesifikasi pixel array 5184 x 3456, lensa 18 megapiksel, sensor CMOS, dan fitur Live View.

Jika Anda ingin membeli kamera DSLR entry level dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa membeli Canon EOS 450D atau Nikon D60. Untuk membeli kamera Canon EOS 450D dengan aksesoris dan memory, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 8.000.00,00.  Untuk kamera D60 serta aksesorisnya, Anda perlu menghabiskan dana sekitar Rp 7.000.000,00

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>