Home > Berita Teknologi > Jenis UPS

Jenis UPS

Berbagai jenis UPS menjadi topik bahasan yang hendak kami ulas secara lebih detail dalam artikel pekan ini. Sudah tahukan anda apa itu UPS? Yeah, UPS merupakan Uninterruptible Power Supplies (UPS) yang menjadi solusi atas kebingungan saat mengoperasikan pusat data center. Keberadaan perangkat UPS sendiri di pasaran sendiri terdiri atas berbagai tipe dsn kegunaan. Masing – masing tipe memiliki kelebihan yang tidaklah sama. Untuk itu, bagi anda yang baru mengenal UPS maka disarankan untuk mengetahui terlebih tipe – tipe serta fungsi dari masing – masing UPS sebelum menggunakannya. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan seperti halnya kerusakan sistem. Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka berikut ini ialah beberapa jenis UPS dan kelebihannya untuk anda yaitu :

Jenis – Jenis UPS dan Kelebihannya

Jenis UPS_2

Berbicara mengenai jenis UPS tentu tidak bisa dilepaskan dari kegunaan atau fungsinya. Untuk anda yang baru mengenal UPS, berikut ini ialah ulasan mengenai jenis – jenis UPS dan kelebihannya antara lain yaitu :

  1. Standby UPS / Line Interactive UPS

Jenis UPS yang pertama ini merupakan UPS dengan sistem yang sederhana. Biasanya, jenis UPS ini dipakai oleh kalangan kantor, pemilik/ pengguna web dan server – server yang berkapasitas kecil. Desain jenis UPS ini mampu memproduksi filtering tambahan serta mengurangi hasil transients dibandingkan dengan standby UPS topologinya. Manfaatnya, dengan menggunakan desain ini pengguna akan menghasilkan efisiensi penggunaan yang tinggi, ukuran yang kecil serta harga yang cukup terjangkau. Selain itu, UPS jenis satu ini juga memiliki manfaat yang tahan lama.

  1. Standby Ferro UPS

Tipe UPS satu ini merupakan yang paling dominan dibandingkan dengan jenis lainnya. UPS standy ferro menggunakan tegangan listrik sekitar 3 – 15 kVA. Dengan menggunakan jenis UPS satu ini, pengguna bisa mendapatkan kelebihan – kelebihan diantaranya yaitu :

  1. Ketahanan sistem yang unggul
  2. Filtering sistem yang sangat baik
  3. Mampu menghasilkan transfer tenaga yang besar ketika sumber utama padam
  4. Double conversion online UPS

Jenis UPS double conversion online UPS sering digunakan pada tegangan listrik sebesar 10kVA. Jenis UPS ini sebenarnya hampir sama dengan sistem UPS standby ferro UPS hanya saja teknologi yang digunakan merupakan duplikasi desain online. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis UPS ini diantaranya yaitu :

  1. Komponen penghasil tenaga yang konstan
  2. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyalurkan tenaga cadangan
  3. Sumber utama tidak menimbulkan transfer switch aktif
  4. Delta Conversion Online UPS

Jenis UPS yang satu ini merupakan UPS yang masuk dalam desain online UPS. Delta conversion teknologinya mampu menyimpan energi dengan membawa perbedaan daya awalnya hingga titik akhir. Penggunaan jenis UPS satu ini dapat memberikan kelebihan bagi penggunanya diantaranya :

  1. Mampu mengurangi hilangnya tenaga yang disalurkan
  2. Mampu melakukan efisiensi yang tinggi sehingga tenaga atau energi yang diterima juga besar
  3. Mendapatkan perlindungan patent sehingga tidak diual pada kelas supplier UPS yang biasa.

Inilah jenis – jenis UPS beserta kelebihannya untuk anda semua. Pastikan anda memilih jenis UPS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Cukup sekian bahasan mengenai jenis UPS dan kelebihannya untuk anda, semoga informasi yang diberikan untuk anda dapat diterima dengan baik dan mendatangkan manfaat yang besar.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer – Number system, Format bilangan komputer atau sistem bilangan …

One comment

  1. Halo pak, bu, terima kasih untuk infonya. Saya mau nanya hal ups yang bisa dipakai untuk kulkas, agar saat listrik mati, kulkas tetap hidup dalam beberapa jam, mohon sarannya, terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *