Home > Komputer > Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Budget
Ini Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Budget

Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Budget

Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Budget – Laptop gaming yang ada di pasaran tersedia dengan berbagai kisaran harga. Tentu harga laptop gaming ini dipengaruhi oleh spesifikasinya. Semakin bagus spesifikasinya, semakin mahal pula harganya.

Untuk menentukan bujet, Anda harus tahu dulu apakah Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi tercanggih atau cukup dengan spesifikasi standar. Jawabannya bisa Anda ketahui dengan mempertimbangkan hal-hal Tips Memilih Laptop Gaming berikut ini.

Grafis

Kualitas kartu grafis laptop atau GPU mempengaruhi kualitas gambar game. Karena kerja GPU dalam menampilkan gambar akan lebih berat saat game dimainkan, alangkah baiknya jika Anda memilih laptop gaming yang sudah memiliki VRAM (video memory) yang bagus.

VRAM ini adalah RAM yang tersdeia di setiap VGA yang memang didedikasikan untuk menjalankan gambar atau video beresolusi tinggi. Jadi kerja GPU akan lebih ringan dan laptop Anda tidak mudah nge-freeze saat bermain game-game berat.

Cara Memilih Laptop Gaming Berat Sesuai Budget Harga Murah

Trend pemilihan GPU biasanya tergantung pada tipe gamer, yaitu:

  • Entry gamer

Entry gamer ini adalah orang yang bermain game komputer untuk hobi saja. Game-game yang dimainkan pun cenderung game-game ringan dan mudah seperti Angry Bird, Age of Empires, World of Warcraft, Candy Crush, dan masih banyak yang lain.

Entry gamer ini tidak mementingkan kualitas grafis. Yang penting game bisa dimainkan dengan lancar tanpa ada bug, sudah cukup bagi mereka. Laptop gaming dengan kisaran harga 3-5 juta sudah cukup memuaskan hobi para entry gamers.

  • Mainstream gamer

Mainstream gamer adalah orang yang sudah mulai peduli akan kualitas grafis demi kepuasan bermain. Game-game yang mereka mainkan umumnya adalah game-game yang ada storyline.

Jadi tanpa grafis yang bagus, pemain akan kurang menikmati storylinenya. Game-game yang dimainkan para mainstream gamer ini seperti Devil May Cry, Battlefield 1, FIFA18, PES 2018, Witcher 3, Assassin Creed, Gears of War, Dota dan masih banyak lagi. Mainstream gamer membutuhkan laptop gaming dengan harga antara 5-10 juta.

  • Hardcore gamer

Hardcore gamer adalah orang yang tiada hari tanpa game. Bagi mereka, kualitas grafis adalah nomer satu. Para hardcore gamer ini senang mencoba segala jenis game di laptopnya.

Mereka membutuhkan laptop dengan spesifikasi GPU tinggi dan yang memiliki VRAM yang bagus agar mereka bisa mencoba game-game berat tanpa ada masalah bug.

Laptop gaming yang cocok bagi hardcore gamer ini adalah laptop dengan harga lebih dari 10 juta.

Jika Anda termasuk kategori mainstream gamer atau hardcore gamer, pilihlah laptop gaming dengan GPU Nvidia seri 10 (Nvidia GeForce GTX 1060, 1070, 1080). Nvidia seri 10 ini lebih cepat, lebih bertenaga, dan yang paling utama sudah tersedia VRAM.

Baca Juga

Prosesor

Prosesor merupakan inti terpenting dari sebuah laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, pastinya performa dari laptop gaming tersebut akan semain bagus. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD.

Jika kamu merupakan pemain game berat dengan durasi panjang, lebih baik kamu memilih sebuah laptop yang menggunakan prosesor Intel. Karena prosesor ini terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas.

Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ (contoh: i7-6700HQ). Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berlabel U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja.

Minimal prosesor Intel yang dibutuhkan dari laptop gaming adalah Intel Core i5, yang disarankan Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series

RAM

RAM atau Random Access Memory juga menjadi salah satu bagian penting dalam memilih laptop gaming. Pastikan Anda membeli laptop gaming yang memiliki RAM di atas 4GB.

Selain itu pastikan juga laptop gaming tersebut menyediakan sebuah slot RAM tambahan, hal ini bertujuan agar Anda mudah untuk melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang.

Jenis RAM yang digunakan minimal DDR3, akan lebih baik jika menggunakan RAM DDR4. Game-game berat saat ini seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog, dll, membutuhkan paling tidak RAM 8GB agar bisa berjalan dengan baik.

Resolusi layar

Percuma Anda membeli laptop mahal-mahal kalau resolusi layarnya kecilnya. Tidak hanya gambar game saja yang jadi jelek, gambar film pun jadi kurang jernih. Jadi pilihlah laptop dengan resolusi layar setidaknya 1920×1080 pixel.

Mobilitas

Laptop dengan ukuran layar 17-18 inchi umumnya lebih powerful soal CPU dan GPUnya, tapi sayangnya laptop ini lebih berat dan lebih mahal.

Laptop dengan ukuran layar 13-14 inchi tentu saja harganya lebih murah dan ringan, tapi sayang jarang dilengkapi CPU dan GPU yang mumpuni untuk bermain game.

Jika mobilitas Anda tinggi, Anda bisa memilih laptop dengan ukuran layar kecil agar ringkas dibawa.

SSD

SSD berpengaruh besar terhadap kecepatan loading game. Maka dari itu kalau budget Anda cukup, pilihlah laptop gaming yang sudah dilengkapi SSD.

Jika bujet Anda masih kurang, disarankan untuk memilih laptop dengan HDD setidaknya 1TB dengan kecepatan 7200 rpm.

Bisa juga dengan memilih laptop gaming yang memiliki SSD dan juga HDD sehingga Anda bisa menggunakan SSD untuk mengakses game, dan HDD untuk mengakses file lain.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Laptop Gaming yang Bagus Harga 7 Jutaan Rekomendasi Terbaik

5 Laptop Gaming yang Bagus Harga 7 Jutaan Rekomendasi Terbaik

5 Laptop Gaming yang Bagus Harga 7 Jutaan Rekomendasi Terbaik Terbaru – Tidak semua harga …

2 comments

  1. Nyari laptop budget 7 jutaan apa ya gan bagusnya? Kebenget main witcher 3, di PC lag. Sekalian buat kuliah

    • Laptop Budegt 7 Jutaan bisa ke:
      1. Acer Aspire E5-475G
      2. Asus K401UQ-FA090D
      3. Acer Aspire E5-553G yg seri FX

      Itu PC agan speak nya gmana.

      Minimum System Requirements witcher 3:
      – Intel CPU Core i5-2500K 3.3GHz
      – AMD CPU Phenom II X4 940
      – Nvidia GPU GeForce GTX 660
      – AMD GPU Radeon HD 7870
      – RAM 6GB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *