Home > Komputer > Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server
Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server – Komputer server saat ini menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam menunjang bisnis anda. Mulai dari kebuthan perusahaan, kantor, pabrik, bahkan hingga kebutuhan warnet membutuhkan komputer server. Seperti yang kita ketahui komputer server memiliki beberapa jenis dan tipe komputer server.

Sehingga dalam pemilihan komputer server menjadi keputusan yang sangat besar, karena jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan berpengaruh buruk dalam bisnis anda. Anda harus memilih komouter server yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Maka dari itu jika anda akan membeli komputer server. Anda harus mengetahui beberapa Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server.

Spesifikasi yang harus diperhatikan dalam membeli Komputer Server

Case dan rak server

Saat melihat case dan rak server lihat juga updgare dan aksesbilitas hardware. Perhatikan drive bay dan slot hard drive pada komputer. Lihat apakah kapasitas hard drive yang digunakan, dalam pemilihan hard drive harus mempertimbangkan kebutuhan ruang yang dibutuhkan seperti aplikasi, sistem operasi, halaman web, file, utilitas, halaman web dan pengaturan pengguna.

Memori RAM Komputer Server

Dalam pemilihan komputer server yang berkuakitas, memory menjadi pertimbangan yang penting. Disarankan pada komputer server pilih Memory Server / ECC yang berkapasitas minimal 4 GB.

Network Card

Dalam sebuah kebutuhan bisnis tentunnya membutuhkan komputer lebih dari satu, biasanya untuk menghubungkan antar jaringan komputer maka dibutuhkan network card. Tak hanya itu penggunaan network card juga digunakan untuk kegiatan file sharing, transfer data, koneksi internet, printer sharing dan kegiatan lainnya.

Operating system

Pada sebuah komputer tentu membutuhkan sistem oeprasi untuk mengoperasikan komputer. Karena jika tidak ada OS, komputer tidak dapat digunakan. Perhatikan sistrm operasi yang akan digunakan untuk kompatibel.

Daya Listrik

Jangan lupa periksa daya listrik yang tersedia, terutama bagi jaringan komputer yang besar seperti komputer server tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Pastikan komputer server yang dipilih memiliki fitur upgrade atau menambah pasokan listrik tambahan pada server.

Prosesor komputer server

Prosesor komputer adalah perangkat keras pada komputer yang memiliki peranan penting dalam operasi komputer. Sehingga jika anda akan membeli komputer server perhatikan prosesor yang tersedia, pastikan type dan ukuran processor kompatibel. Disarankan plilihlah Processor Server / Workstation minmal INTEL Xeon.

Dokumentasi

Jangan lupa periksa perangkat keras server apakah sudah disertai dengan dokumentasi atau belum. Karena dengan adanya dokumentasi pada server akan sangat membantu dalam proses konfigurasi komponen server sepeerti jumper dan informasi upgrade.

Layanan teknisi

Dalam membeli komputer server anda juga harus mempertimbangkan fitur layanannya. Karena layanan pada komputer server dapat memaksimalkan pengoperasian komputer server.

Upgrade ability

Komputer server memiliki fitur upgrade ability menjadi suatu pertimbangan yang cukup penting dalam pengoperasian komputer server menjadi lebih maksimal. Ada beberapam pertimbangan yang penting dalam mencari upgrade komputer.

Diantaranya RAM, hard drive, video card, CPU. Jika komputer server sudah tersedia upgrade, maka perhatikan berapa jumlah maksimumyang ditentukan dalam dokumentasi yang kompatibel dengan komputer.

Perhatikan apakah komputer juga tersedia hardware on board seperti SCSI atau jaringan on board atau belum?, jika tersedia maka hal ini jaringan bisa di nonaktifkan dengan jumper atau dengan CMOS. Pastikan jaringan ini bisa dinonaktifkan dan dapat dinonaktifkan secara manual bukan secara otomatis karena untuk mencegah masalah yang ada di masa depan.

Garansi pada komputer server

Pertimbangan terakhir dalam membeli kompuer server adalah memperhatikan garansi yang ditawarkan oleh penjual komputer kepercayaan anda. Pastikan minimal mereka berikan garansi 2-5 tahun yang mencakup garansi hardware dan software.

Itulah beberapa Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Server, semoga artikel ini bisa membantu anda mendapatkan komputer yang berkualitas dan terbaik. Semoga bermanfaat.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer

Rekomendasi Tipe UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer

Rekomendasi Tipe UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer Terbaru 2017– Apakah anda sering mengalami masalah pada …

One comment

  1. Rahmat Fajar Alam

    thx bermanfaat jua artikel nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *