Home > Berita Teknologi > Fungsi Storage Server SAN/ NAS

Fungsi Storage Server SAN/ NAS

Pernah mendengar tertang NAS/ SAN, apa yang ada di benak Anda? SAN/ NAS merupakan storage server dimana storage server merupakan server yang memiliki fungsi untuk menyimpan data dengan kapasitas yang cukup besar. Storage server saat ini banyak dijumpai di pasaran karena sudah banyak vendor yang menjualnya. Karena memiliki kapasitas yang cukup besar maka storage server sering digunakan untuk perusahasan berbasis IT. Dengan adanya storage server maka server lainnya bisa dijalankan seperti database server, FTP server, email server maupun multimedia server. Di masyarakat saat ini dikenal dua storage diantaranya adalah SAN dan NAS.

Fungsi Storage Server SANNAS_2

SAN atau Storage Area Networks merupakan suatu jaringan yang memiliki kecepatan tinggi yang terdri dari storage dan server. SAN terpisah dari LAN yang ada di perusahaan karena SAN hanya digunakan dalam hal trafik data dalam jumlah yang lebh besar antara storage dan server tanpa harus mengurangi bandwidth yang terdapat pada LAN. Dengan adanya SAN maka storage bisa dikaitkan secara langsung ke jaringan tanpa harus menghubungkannya ke server secara detail. Dengan cara tersebut maka semua server bisa mengakses sumber daya storage yang ada pada SAN. Bagi perusahaan yang menginginkan media penyimpanan data yang lebih akurat dan lebih nyaman, penggunaan SAN sangat dibutuhkan. SAN merupakan solusi untuk menyimpan data lebih baik dan lebih canggih karena berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Beberapa keunggulan dan fungsi SAN diataranya adalah:

  • Kemampuannya untuk mengakses data melalui jalur yang berbeda oleh semua host
  • SAN memungkinkan manajemen data yang lebih efektif dan efisien
  • Menggunakan SAN akan mengurangi kesalahan dan kegagalan dalam transportasi data
  • SAN memiliki permormance yang unggul dengan bandwidth hingga 200 Mbps
  • Penggunaan SAN mengurangi biaya kepemilikan rendah
  • Memungkinkan manajemen mendeteksi kesalahan yang proaktif dan juga manajemen bisa dilakukan secara terpusat

Berbeda dengan SAN, NAS atau Network Attached Storage merupakan file server yang khusus yang menggunakan protokol LAN dan tersambung menuju jaringan. Beberapa produk NAS diantaranya adalah Auspex server dan Network Appliance Filer. Beberapa produk tersebut dioptimasikan untuk penggunaan file server. SAN dan NAS, keduanya memang merupakan storage yang dihubungkan ke jaringan. Nas adalah fungsi storage serber yang hampir sama dengan server murni. Beberapa fitur yang dimiliki oleh NAS diantaranya adalah processor, RAM dan juga HDD dan juga RAID Controller. Dengan adanya RAID Controller tersebut maka NAS memiliki kapabilitas yang lebih efisien. Saat ini Anda bisa memilih beberapa produk NAS dari vendor terkemuka diantaranya adalah Intel.

Beberapa fungsi  dan keunggulan NAS diantaranya:

  • Dengan NAS memungkinkan untuk berbagi data melalui jaringan
  • Untuk mengelola data dalam jaringan yang lebih kecil
  • NAS bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat diantaranya smartphone, tablet dan PC dengan aman, dimana saja dan kapan saja
  • Memiliki kemampuan untuk back up data dari berbagai perangkat komputer maupun gadget
  • Pengguna bisa mengakses semua data yang ada pada perangkat NAS
  • NAS cocok digunakan untuk pelaku bisnis kecil
  • NAS dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan sehingga pengguna bisa melakukan streaming pada berbagai jenis gadget

Adanya server storage SAN dan NAS sangat membantu bagi pelaku bisnis kecil maupun besar serta berbagai pihak untuk bekerja dan kegiatan lainnya. Saat ini banyak vendor yang telah menyediakan storage dan server yang berkualitas sehingga bisa membantu pihak yang membutuhkannya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.