Home > Komponen > Fungsi & Cara Merawat UPS agar Lebih awet

Fungsi & Cara Merawat UPS agar Lebih awet

Fungsi & cara merawat UPS agar lebih awet tidaklah cukup sulit untuk dilakukan oleh anda. UPS begitulah banyak orang menyebut alat yang berfungsi penuh sebagai penambah arus listrik bagi komponen hardware di rumah anda ini. Untuk mengetahui informasi detail mengenai UPS, simaklah bahasan selengkapnya berikut ini yaitu :

Pengertian UPS

UPS itulah nama alat yang difungsikan sebagai pengatur arus daya pada sebuah aliran listrik di sebuah rumah. Alat ini berukuran sedang sehingga memudahkan penggunanya memindahkan UPS kemana pun dirinya mau. UPS sendiri memiliki kepanjangan berupa Uninterruptible Power Supply yang biasa diletakkan pada bagian komputer di rumah – rumah. Namun, tidak menutup kemungkinan UPS diletakkan pada bagian manapun yang dirasa membutuhkan aliran arus listrik didalamnya. Penempatan UPS yang tepat biasanya memberikan optimalisasi fungsi dari UPS itu sendiri. Untuk itu, bagi anda yang kini tertarik menggunakan UPS sebaiknya nada meletakkan UPS anda pada lokasi komponen hardware yang memang membutuhkan penuh sebuah UPS.

Fungsi & Cara Merawat UPS agar Lebih awet_1

Fungsi Dari Alat UPS

Uninterupted Power Supply atau yang biasa disebut sebagai UPS merupakan alat yang memberikan tambahan arus listrik sebesar 220 Volt ke dalam battery 12 Volt untuk memberikan tambahan arus listrik sebesar 220 Volt lagi pada komponen hardware anda salah satunya yaitu komputer, laptop, serta peralatan hardware lainnya. Bentuk dari UPS ini beragam sehingga anda dapat memilih bentuk UPS yang sesuai dengan kebutuhan anda. Secara singkat, fungsi dari UPS ini diantaranya yaitu :

  1. Dapat digunakan sebagai penambah arus listrik pada sebuah komponen hardware
  2. Dapat digunakan sebagai alat yang mencegah konsleting atau mati daya akibat kurangnya arus listrik yang dialirkan dalam rumah tersebut
  3. Dapat memperingan kebutuhan daya dari arus listrik anda
  4. Dapat dijadikan solusi bagi penggunaan komponen hardware yang lemah ketika digunakan

Cara Merawat UPS Agar Lebih Awet

UPS membutuhkan perawatan tersendiri agar mesin yang ada didalamnya tetap awet jika digunakan oleh penggunanya. Langlah – langkah perawatan yang bisa dilkakukan untuk perawatan UPS ini diantaranya yaitu :

  1. Pastikan anda men-charge UPS anda selama kurang lebih 8 jam – 12 jam agar peforma baterainya tetap bagus.
  2. Gunakanlah UPS sesusi dengan beban yang diharuskan untuknya, karena kelebihan beban malah membuat mesin lebih cepat rusak.
  3. Pastikan UPS anda jangan sampai kehabisan baterai sehingga yang perlu anda lakukan sebelum menggunakannya ialah anda harus mengecek terlebih baterai anda.
  4. Cabut sumber aliran listrik UPS jika sedang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya yang diakibatkan oleh aliran listrik.
  5. Pastikan lokasi penempatan UPS anda berada di lingkungan yang terbuka sehingga membantu menciptakan sirkulasi yang bail pada perangkat UPS anda.
  6. Sebelum benar – benar mematikan UPS anda, sebaiknya anda melakukan restart UPS anda dulu selama kurang lebih 5 detik.
  7. UPS berfungsi optimal ketika digunakan pada perangkat komputer, CPU dan monitor untuk itu anda sebaiknya menggunakan UPS hanya pada beberapa perangkat tersebut.

Itulah sekilas informasi mengenai fungsi dan cara merawat UPS agar lebih awet untuk anda semuanya. Dengan adanya informasi tentang review fungsi dan cara merawat UPS agar lebih awet ini, maka diharapkan anda bisa menggunakan UPS anda lebih awet serta  berfungsi secara optimal.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga Cuma 1 Jutaan

Baru! AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga 1 Jutaan

Baru! AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga Cuma 1 Jutaan – Untuk kalian …

2 comments

  1. Mau Tanya

    Ada HDD server HP DL 380 G7 146 GB pak?

    Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *