Sunday, 23 November , 2014
Fitur-Fitur Baru dalam Windows 8.1

Fitur-Fitur Baru dalam Windows 8.1

Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan sudah digunakan oleh pengguna perangkat PC selama bertahun-tahun. Sistem ini dikembangkan sejak pertama kali digunakan secara massal dan fitur-fitur baru terus ditambahkan untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik. Sejak Windows mulai mengembangkan sistem operasi ini, pengguna bisa mendapatkan solusi lebih baik sesuai dengan yang mereka inginkan. Belum lama ini, konsep Windows 8.1 mulai diperkenalkan di berbagai media, terutama internet. Keunggulan apakah yang ditawarkan oleh Microsoft kali ini?

Untuk saat ini, Windows sudah mencapai versi 8.1. Versi ini merupakan tahap pengembangan dari Windows 8 sebelumnya. Menyusul kesuksesan Windows 7 yang dikembangkan beberapa tahun lalu, Windows 8 diperkenalkan dengan tambahan fitur menarik dan konsep user interface yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Perubahan tampilan tersebut memang sempat membuat pengguna kesulitan untuk menggunakannya. Windows XP, Vista, dan 7 mempunyai konsep tampilan yang kurang lebih sama dan tampilan tersebut dirombak di Windows 8. Setelah digunakan cukup lama, Microsoft mendapatkan cukup banyak complain dari pengguna Windows 8. Untuk menanggapi keluhan tersebut, Windows 8.1 pun dikembangkan dengan penambahan beberapa fitur baru.
Fitur-Fitur Baru dalam Windows 8.1_2Perubahan Interface

Sama seperti Windows 8 sebelumnya, Windows 8.1 memberikan perubahan interface yang cukup signifikan. Bahkan, perubahan tersebut bisa dilihat dari Start Screen. Anda juga bisa mengubah tampilan tersebut dengan konsep yang Anda kehendaki. Perubahan ini merupakan tanggapan Microsoft terhadap perubahan interface pada produk sebelumnya. Perubahan ini selalu ada dalam setiap versi Windows baru untuk membuat pengguna  tidak merasa cepat bosan.

Tombol Start

Di Windows 8, Anda tidak bisa menemukan tombol Start yang sudah menjadi tradisi tersendiri bagi setiap versi produk sistem operasi dari Microsoft ini. Di Windows 8.1, tombol ini dimunculkan kembali untuk mempermudah penggunanya.

Fungsi Search

Windows 8.1 menampilkan fungsi search yang lebih baik untuk mempermudah penggunanya. Tampilan ini dirombak oleh Microsoft untuk memberikan pengalaman baru bagi siapapun yang mencoba sistem operasi ini. Dengan menggunakan fitur mesin pencari Bing, Anda bisa mencari kata kunci apapun dari website maupun file di komputer Anda.

Pengaturan Aplikasi

Windows 8.1 memberikan pengaturan aplikasi yang lebih baik bagi penggunanya. Anda bisa melakukan drag and drop untuk mengatur aplikasi dalam sistem operasi ini. Bahkan, Anda juga menghapus email dengan lebih cepat.

Internet Explorer 11

Browser ini selalu diberikan dalam setiap versi sistem operasi buatan Microsoft. Untuk sistem operasi Windows 8.1, Microsoft memberikan Internet Explorer 11. Jika Anda membandingkannya dengan versi sebelumnya, tampilannya tidak berubah banyak. Namun, ada penambahan fitur yang perlu Anda manfaatkan dengan baik seperti dukungan terhadap WebGL.

Penambahan Aplikasi Baru

Ada banyak aplikasi bawaan yang bisa Anda manfaatkan dalam sistem operasi Windows 8.1 ini. Microsoft juga menambahkan aplikasi Bing Food & Drink yang memberikan banyak resep masakan untuk dicoba. Anda bisa memilih beberapa resep dengan lebih mudah.

Setelah membandingkan penambahan atau perubahan fitur dalam Microsoft 8.1, bisa diambil kesimpulan bahwa Microsoft memang memberikan jawaban atas keluhan pengguna sistem operasi sebelumnya dengan memberikan solusi yang lebih baik. Mungkin masih ada kekurangan dalam sistem ini, tetapi produk baru dari Microsoft ini sudah memberikan perubahan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Meskipun tidak sesukses Windows 7, kekurangan dalam Windows 8 bisa diperbaiki oleh Windows 8.1 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>