Home > Tutorial > Cara Mudah Mengatasi Black Screen di Laptop dan PC Windows
Cara Mudah Mengatasi Black Screen di Laptop dan PC Windows

Cara Mudah Mengatasi Black Screen di Laptop dan PC Windows

Cara Mudah Mengatasi Black Screen Layar Hitam Ketika Booting di Laptop dan PC Windows – Black screen ialah keadaan dimana layar monitor pada komputer hanya mengeluarkan warna hitam pada seluruh layar. Umumnya keadaan black screen ini ketika melakukan booting pada windows 7, 8 maupun windows 10.

Tentu saja keadaan ini sangat mengganggu, belum lagi jika anda kesulitan dalam mendiagnosa letak kesalahannya, sebab tidak akan anda temukan informasi yang akan muncul pada layar. Sehingga anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi black screen pada komputer anda yang sangat menyusahkan para pengguna komputer.

Supaya bisa mengatasi masalah yang ada pada komputer, anda bisa memulai dengan melakukan pemeriksaan mendasar seperti melakukan pemeriksaan pada kabel apakah sudah tersambung atau belum dan juga pastikan monitor hidup. Selanjutnya anda bisa melanjutkan dengan langkah yang lebih jauh lagi seperti boot ke safe mode untuk menghapus driver display.

Penyebab Black Screen Komputer

Jika komputer anda mengalami black screen, tentu saja ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya black screen. Penyebabnya antara lain hardware yang rusak, konfigurasi sistem salah, software pihak ketiga bermasalah, bug, dan lain sebagainya. Umumnya black screen terjadi karena plat kuning pada prosesor kotor atau berjamur.

Mengatasi black screen pada laptop dan PC windows

Cara Mudah Mengatasi Black Screen Layar Hitam Ketika Booting

Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengatasi black screen ketika booting di laptop dan PC windows:

Memeriksa Komponen Hardware

Untuk mengatasi komputer black screen sebaiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada komponen-komponen komputer anda sebelum anda memeriksa software. Periksa input atau output, periksa apa ada pin yang rusak, buka chasing komputer, pastikan kipas bekerja dengan baik, dan lain sebagainya.

Pakai Opsi “Last Know Good Configuration”

Jika memilih opsi tersebut maka tentu saja komputer akan menjalankan konfigurasi yang sama dengan konfigurasi terakhir ketika pengguna berhasil melakukan login. Kegunaan dari fitur ini ialah untuk menggantikan konten current control set registry key dengan back up copy terakhir kali dipakai.

Pakai Opsi “Startup Repair”

Kegunaan dari startup repair ialah mendiagnosa dan juga memperbaiki kerusakan yang ada pada komputer yang dapat menyebabkan windows tidak bisa melakukan startup.

Baca Juga

Restore untuk Mengembalikan Ke Kondisi Sebelumnya

Kegunaan dari sistem restore ialah untuk mengembalikan settingan awal pada windows kembali pada kondisi sebelumnya dengan catatan, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu.

Pakai Opsi “Save Mode”

Memilih menggunakan windows save mode ialah cara yang tepat untuk anda dalam memperbaiki komputer. Hal ini dikarenakan pada mode ini komputer anda hanya akan menjalankan beberapa jenis driver dan juga file – file yang memang hanya diperlukan untuk menjalankan windows saja.

Menggunakan Aplikasi Fixshell

Aplikasi yang satu ini bisa anda gunakan untuk mengatasi black screen pada komputer anda. cara kerja aplikasi ini ialah dengan melakukan reset pada windows shell atau antar muka pengguna grafis – GUI bagi Microsoft windows dan juga untuk melakukan disable malware yang dapat mengakibatkan komputer mengalami black screen.

Install ulang Windows

Melakukan perbaikan black screen komputer pada bagian software anda bisa dengan melakukan re install windows. Tentu saja sebelum anda melakukan re install windows akan lebih baik jika anda melakukan back up data penting terlebih dahulu sebelum anda melakukan install ulang.

Jika anda sudah melakukan cara mudah mengatasi black screen ketika booting di laptop dan PC windows diatas dan layar masih mengalami black screen, maka anda bisa mendatangi service center untuk mengetahui penyebab lainnya yang mungkin belum anda ketahui.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk

Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk

Cara Setting Bios Agar Bisa Digunakan Untuk Install Windows Menggunakan Flashdisk – Pada umumnya melakukan penginstallan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *