Home > Peralatan Kantor > Cara Merawat Lampu Proyektor

Cara Merawat Lampu Proyektor

Dalam banyak kesempatan kita  sering dibantu   dengan adanya proyektor, alat yang memudahkan kita untuk mempresentasikan  informasi kepada  orang lain.  Proyektor merupakan   salah satu alat yang sering digunakan di sekolah, kampus, di tempat seminar dan tempat umum lainnya untuk presentasi.  Dengan menggunakan proyektor maka audience bisa dengan mudah untuk memahami apa yang dipaparkan oleh  nara sumber. Proyektor merupakan perangkat yang digunakan untuk  membuat suatu proyeksi dalam sebuah presentasi. Kebanyakan  saat ini proyektor yang banyak digunakan adalah  jenis LCD proyektor. Jenis proyektor ini  beroperasi  dengan  tambahan kabel data yang digunakan untuk menghubungkan  proyektor dengan komputer atau laptop.

Semakin banyaknya pengguna proyektor maka semakin banyak  juga   merek  proyektor yang  ada dipasaran.  Untuk menggunakan proyektor saat presentasi maka kita membutuhkan kabel data yang  nantinya digunakan untuk menghubungkan laptop pada  proyektor dan juga  power supply yang berupa adaptor  untuk menyakana proyektor  yang akan digunakan.  Proyektor adalah perangkat  output  yang menampilkan gambar dan  juga tulisa  pada permukaan  tertentu  sebagai layarnya.   Dalam  hal ini kita sering  melihat adanya lampu proyektor yang berperan penting agar kita bisa melihat gambar atau tulisan yang ditampilkan pada layar.  Proyektor  seperti halnya proyektor LCD,  perangkat ini bekerja  berdasarkan prinsip pembiasan  cahaya   oleh panel LCD yang terpisah berdasarkan warna dasar  seperti  merah,hijay dan biru.

Dalam sebuah proyektor memang terdapat  tiga panel warna seperti yang dijelaskan di atas.  Dengan kemudahan dalam penggunan alat ini maka banyak pihak yang  membutuhkannya terutama di instansi  sekolah atau kampus. Penggunaan proyektor  harus sesuai dengan aturan, tidak boleh  sembarangan  dalam  menggunakannya karena  proyektor ini juga bisa rusak sama halnya dengan perangkat lainnya. Kerusakan pada lampu proyektor  bisa saja terjadi  jika Anda tidak bisa merawatnya dengan baik.  Kadang kita menempatkan unit proyektor yang  salah, hal ini juga bisa menimbulkan  kerusakan pada  proyektor. Penempatan unit proyektor  harus diperhatikan betul, hal ini akan berpengaruh terhadap  usia pakai  proyektor itu sendiri.

Cara Merawat Lampu Proyektor_2

Jika kita menempatkan proyektor pada tempat yang memiliki   ventilasi kurang maka panas yang ditimbulkan oleh ruangan tersebut bisa menyebakan lampu proyektor  tidak stabil.  Lampu proyektor yang mengalami  kerusakan tersebut akan menyebabkan usia  proyektor  semakin  berkurang. Kadang  usia lampu proyektor    hanya  singkat   dikarenakan  oleh  pabrikan.  Kerusakan pada lampu  proyektor sebenarnya bisa dihindari sebelum lampu tersebut benar-benar  tidak bisa digunakan lagi. Lampu proyektor  harus mendapatkan perawat dan  untuk mencegah lampu tersebut  rusak  maka Anda bisa mengetahui beberapa penyebab kerusakan pada lampu proyektor.

Jika tiba-tiba  tegangan listrik  mendadak  naik  nama hal ini bisa menimbulkan lampu proyektor mengalami  kerusakan. Selain itu  lampu proyektor  bisa mengalami kerusakan jika  air filter  kotor  yang menyebabkan  suhu  pada lampu dan rumah menjadi   lebih panas.  Kita  kadang  sering lupa bahwa saat kita menghidupkan  proyektor  padasaat lampu masih panas, hal ini sebenarnya tidak boleh  dilakukan karena  justru menimbulkan kerusakan pada  lampu proyektor tersebut.

Beberapa tips  dalam merawat lampu proyektor diantaranya:

  • Hindari menghidup matikan proyektor
  • Istirahatkan proyektor sekitar 20 menit
  • Hindari menyalakan proyektor  ketika lampu mati
  • Gunakan proyektor  setidaknya 2 jam
  • Gunakan voltage stabilizer
  • Hindari bersentuhan langsung dengan lampu  proyektor

Dengan  mengetahui beberapa penyebab  kerusakan pada  lampu proyektor dan juga  bagaimaan mengatasi kerusakan tersebut maka  Anda bisa dengan mudah  untuk menjaga  proyektor dari semua jenis  kerusakan.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner – Mesin Scanner adalah salah satu perangkat keras …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *