Home > Elektronik > Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI
Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI

Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI

Cara Mudah Menyambungkan Laptop ke TV LED LCD Menggunakan Kabel HDMI – Mungkin beberapa diantara pernah kepikiran untuk menonton youtube atau nonton film melalui TV bukan laptop. Ya apalagi jika anda ingin menonton di layar yang lebih luas.

Seperti yang kita ketahui kadang jika menggunakan laptop atau komputer PC masih memiliki kesulitan karena memiliki layar yang tidak terlalu besar. Sehingga ini yang membuat anda akhirnya tentu saja mencari cara menonton di layar yang lebih besar misalnya dengan melalui TV dengan menyambungkan laptop anda.

Anda ingin menonton youtube di TV dengan layar yang lebih besar atau anda ingin menonton pertandingan piala dunia di TV? Nah jika anda memiliki sebuah laptop dan juga TV yang dilengkapi dengan slot untuk HDMI maka anda bisa dengan sangat mudah menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan kondeksi HDMI.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah beberapa TV keluaran terbaru dengan desain LCD biasanya sudah dilengkapi dengan slot untuk HDMI. Namun untuk TV jadul atau tv dengan keluaran tahun lama biasanya jarang dilengkapi dengan HDMI sehingga anda tidak bisa menyambungkannya langsung antara TV ke Laptop / Notebook ataupun sebaliknya.

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika anda memiliki TV LED baru dengan teknologi terbaru yang sudah memiliki slot HDMI adalah dengan melakukan beberapa cara berikut :

Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI

Menyambungkan kabel HDMI

Karena yang anda butuhkan hanyalah kabel HDMI. Nah jika semua sudah tersedia anda dengan sangat mudah bisa langsung menyambungkan laptop anda ke TV dengan menggunakan HDMI.

Desktop TV

Selanjutnya agar nantinya tampilan dari laptop di TV maka anda bisa melakukan klik pada desktop
kemudian anda bisa memilih Screen Resolution. Tujuannya adalah agar gambarnya bisa muncul dan anda bisa menonton langsung dari TV anda.

Lakukan setting

Pada halaman Change the Appearance of your display, maka pada bagian display anda bisa memilih TV anda, misalnya jika anda menggunakan TV dengan merk samsung maka anda pilih Samsung TV.

Memilih dalam menu multiple

Dalam menu multiple display ada banyak sekali pilihan yang anda lakukan, anda bisa gunakan pada layar laptop, bisa dengan TV atau bisa juga dengan keduanya. Karena dengan demikian anda akan menonton Youtube video atau melihat pertandingan sepak bola dengan cara online hanya dengan dilayar monitor TV LED LCD anda.

Maka anda bisa memilih Show desktop only 2. Dimana ini artinya layar yang bisa anda gunakan adalah layar TV, Sedangkan untuk layar laptop nantinya akan mati dengan sendirinya. Dan kemudian anda bisa memiliki Apply atau bisa juga dengan klik OK.

Tampilan Desktop pindah ke TV

Setelah semua prosesnya selesai maka selanjutnya Desktop akan beralih ke TV, dimana anda bisa secara langsung menonton online dari TV. Hanya saja yang kadang menjadi masalah adalah suaranya masih muncul dari laptop bukan dari TV.

Untuk bisa mengatasi sound laptop agar bisa beralih menu ke sound bawaan TV, maka anda bisa klik kanan pada icon bagian speaker di bagian sebelah kanan bawah desktop anda. Lalu anda bisa memilih playback devices.

Memilih Digital Audio untuk set default

Nah untuk memuncul suara dari TV maka anda bisa memilih peraturan playback devices. Nah saat ini suara dari laptop tidak akan muncul menggunakan speaker TV. Sangat mudah kan caranya. Sekarang anda menonton dengan nyaman karena anda menonton langsung di TV.

Sampai saat ini cara yang cukup simple untuk menyambungkan laptop ke TV LED LCD adalah dengan menggunakan HDMI. Tapi memang, tidak semua merk dan tipe televisi mempunyai slot HDMI. Tapi tenang, TV LED LCD model sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan port HDMI.

Nah, mudah sekali bukan untuk menyambungkan laptop ke TV LED LCD dengan HDMI dengan cara diatas. Semoga cara menyambungkan laptop ke TV LED LCD diatas dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Mengetahui Kapasitas VGA dan Memori RAM di PC/Laptop

Cara Mengetahui Kapasitas VGA dan Memori RAM di PC/Laptop

DimensiData.com – Cara terbaru mengetahui kapasitas VGA dan memori RAM pada pc komputer dan laptop windows …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *