Home > Komponen > Cara mengehemat Kapasitas Harddisk

Cara mengehemat Kapasitas Harddisk

Harddisk  yang terdapat pada komputer atau laptop keberadaannya  memang cukup  penting karena berhubungan dengan penyimpanan  data  dan informasi.  Kita  bisa  menjaga agar harddisk tersebut tetap awet dan bisa berfungsi sebagai mana mestinya karena jika  perangkat ini rusak tentu saja kinerja perangkat  komputer atau laptop yang  kita miliki tersebut menjadi lambat atua lemot. Kita harus mengenal lebih jauh   tentang harddisk agar  bisa merawatnya dengan baik sebelum  kerusakan terjadi. Perangkat yang dinamakan harddisk ini merupakan  perangkat keras pada laptop atau komputer yang  berfungsi untuk penyimpanan data. Data yang telah disimpan dalam perangkat keras ini tidak akan hilang  sekalipun  kita  telah mematikan laptop/ komputer.

Perangkat  harddisk merupakan media pernyimpanan  permanen  dengan kapasitas yang cukup  besar. Tapi sekalipun kapasitas yang dimiliki perangkat ini besar, kita tetap harus menghematnya.  Harddisk akan menyimpan data  yang dihasikan oleh proses yang dilakukan  komputer/ laptop, dalam  perangkat tersebt terdapat  ruangan yang digunakan untuk penyimpanan  data dengan komponen-komponen tertentu.  Beberapa ruang yang terdapat dalam harddisk diantaranya adalah   direktori,  subdirektori, folder dan subfolder  yang  sering kita gunakan untuk menyimpan data pada harddisk. Dengan  kapasitas yang bergitu besar dan dalam  ukuran Byte maka kita bisa bekerja dengan mudah menggunakan komputer/ laptop dan menyimpan semua data didalamnya.

Cara mengehemat Kapasitas Harddisk_2

Jika data yang ada pada harddisk tersebut semakin bertambah maka  kapasitas yang dimiliki perangkat tersebut akan berkurang. Jika kapasitas harddisk tersebut  berkurang atua bahkan kosong maka mau tak mau kita  akan  bermasalah saat menggunakan komputer/ laptop.   Solusi yang sering  dilakukan banyak orang  dan mungkin kita sendiri saat kapasitas  perangat lunak ini  kosong adalah dengan membeli harddisk yang memiliki kapasitas  lebih besar dari kapasitas sebelumnya.   Jika kita tidak ingin membeli harddisk baru maka  data  yang ada pada perangkat  penyimpanan lama harus dipindahkan pada  flashdisk, CD maupun di  online storage.  Sekalipun pada dasarnya space hardisk  telah dibagi-bagi  untuk melayani berbagai jenis kebutuhan  kinerja komputer namun jika pemakaiannya berlebih tentu akan menjadi  berkurang.

Untuk  menghemat  kapasitas hardisk  berikut beberapa caranya:

  1. Mematikan   hibernation

Kapasitas  harddisk  bisa  diatur dengan cara mematikan  atua menonaktifkan   fungsi  hibernation  pada  sistem komputer/  laptop kita.  Hibernation pada komputer atau laptop yang masih dalam keadaan aktif akan mengurangi  kapasitas pada komputer/ laptop  sebesar  kapasitasn RAM yang dimiliki oleh perangkat kita. Sebagai contoh jika  laptop kita memiliki kapasitas 3 RAM  maka  kapasitas  yang digunakan juga sebesar 3 RAM.

  1. Menggunakan kompresi

Penghematan kapasitas harddisk lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan  kompresi yang menjadi salah satu fasilitas  standart  pada komputer.  Dengan fasilitas ini maka kita bisa memperkecil  file  dan merapikannya sehingga  harddisk kita bisa  lebih hemat.

  1. Meghapus  file yang tidak digunakan

Penyimpanan file  seharusnya memang hanya file-file yang penting saja, jangan menyimpan file yang  tidak dibutuhkan karena  hal ini merupakan pemborosan kapasitas harddisk. Untuk menghemat harddisk maka Anda bisa  menghapus secara permanen   file-file yang tidak dibutuhkan  yang telah di delete pada  recycle bin. File yang masih ada pada recycle bin pun  juga membutuhkan ruang untuk penyimpanan.  Untuk menghemat  kapasitas  harddisk maka  hapus semua  file yang  terdapat pada recycle bin tersebut.

  1. Gunakan  defragment

Untuk menata file-file kita di  laptop atau komputer agar tetap  rapi maka  kita bisa menggunakan defragment  secara terutur  setidaknya satu atau dua bulan sekali.  File yang tertata rapi akan memudahkan penyimpanan dan bisa menghemat  kapasitas  hardisk.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC Komputer – Anda tentu mengenal bukan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>