Home > Fotografi > Cara Mengambil Gambar Yang Indah Dengan Kamera DSLR

Cara Mengambil Gambar Yang Indah Dengan Kamera DSLR

Banyak  orang yang  suka berfoto ria, mereka  menggunakan berbagai jenis kamera untuk  mengabadikan momen  terindah aatu hanya sekedar untuk  berfoto saja. Sekalipun  kamera yang Anda gunakan  sangat bagus dan  mahal, namun jika Anda tidak bisa mengambil foto yang bagus pastinya  hal ini   tidak akan menghasilkan  foto yang bagus dan berkualitas.  Jika Anda ingin mengambil  gambar dari  kamera DSLR, untuk menghasilkan gambar yang indah maka Anda harus memahami  mode autofokus dan juga teknik dasar menggunakan kamera DSLR.  Dengan mempelajari teknik dasar ini maka Anda bisa  mendapatkan gambar sesuai keinginan dengan komposisi objek yang cukup bagus dan juga pencahayaan yang bagus.

Untuk menghasilkan komposisi gambar yang indah, hal ini bukan hanya   memiiki susunan yang bagus  namun juga  karena sudut padang yang  bagus  yang dipilih oleh   pemotret.  Untuk pengambilan gambar, Anda bisa melakukannya  kapan saja baik disaat malam hari,siang hari  ataupun saat petang namun  Anda harus mempertimbangkan pencahayaan  dan juga kondisi tempat  pemotretannya.   Jika Anda menggunakan kamera DSLR maka   kamera ini memiliki karakteristik yang berbeda dari kamera lainnya.  Hampir semua kamera DSLR dilengkapi dengan   beberapa pilihan  cara kamera  tersebut untuk melakukan autofokus.  Model autofokus ini juga dibutuhkan untuk emmbaut  gambar lebih indah pada  kamera DSLR.

Cara Mengambil Gambar Yang Indah Dengan Kamera DSLR_2

Berikut beberapa  cara untuk membuat gambar  lebih indah  dengan  kamera  DSLR:

  1. Pahami mode autofokus yang benar

Ada beberapa mode autofokus yang bisa digunakan untuk membuat gambar lebih indah, diantara model tersebut adalah  mode  singgle area,  mode autofokus  continuous dan mode autofokus   atau hybrid atau mode campuran.  Untuk menggunakan masing-masing model tersebut maka Anda bisa memilih mode yang tepat, seperti saat Anda memotret benda diam,  Anda bisa  menggunakan   mode single, sedangkan untuk  pemotretan  benda bergerak Anda bisa menggunakan  mode  continuous.  Bagi Anda yang lebih  bisa menggunakan  mode-mode dengan cepat untuk pemotretan  maka Anda bisa menggunakan mode  hybrid atau campuran.

Untuk mengganti mode fokus, kamera satu dengan lainnya memang tidak sama pengaturannya demikian juga dengan kamera DSLR.  Untuk itu Anda bisa mengecek manual book dari kamera DSLR. Beberapa mode    autofokus untuk kamera DSLR  tersebut tidak semuanya dimiliki oleh kamera tersebut.  Bagi pemula  pastinya sangat  sulit untuk lebih cepat mengganti mode  autofokus  namun dnegan berlatih  secara rutin, Anda akan bisa menghasilkan  gambar yang   lebih indah dengan kamera DSLR.

  1. Pengaturan shutter speed

Pengaturan shutter speed ini merupakan pengaturan kecepatan buka dan tutup  rana.  Untuk pengaturan ini, semakin besar  angka satuan maka  semakin cepat  cepat  waktu rana   dan cahaya yang didapatkan  akan  lebih sedikit.   Teknik pengambilan gambar  untuk  membuat  gambar bergerak diam  maka Anda bisa menggunakan  setting shutter  speed  yang lebih tinggi.  Selain itu Anda juga bisa mempelajari  shutter speed lambat   jika ingin menghasilkan gambar  indah. Jika ingin menggunakan shutter speed rendah maka  dibutuhkan  camera stand agar  gambar yang dihasilkan tidak kabur.

  1. ISO

Jika Anda menggunakan kamera DSLR untuk pengambilan gambar, maka Anda bisa menggunakan ISO. ISO adalah    suatu tingkat kesensitifan dari sensor kamera, jika semakin tinggi ISO  maka  semakin sensitif  sensor  dan gambar yang dihasilkan    akan lebih bercahaya,  demikian juga sebaliknya. Semakin rendah  sensor maka  gambar yang dihasilkan juga tidak  begitu bercahaya.  Pengaturan ISO ini sangat penting untuk  menghasilkan gambar yang  bagus sesuai keinginan Anda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Kamera Mirrorless Terbaik

Kamera Mirrorless Terbaik dan Terbaru di Pasaran Saat Ini

Rekomendasi Kamera Mirrorless murah Terbaik Terbaru di Pasaran Saat Ini – Mungkin Anda pernah mendengar tentang kamera …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *