Home > Networking > Cara Memperkuat Sinyal WiFi HotSpot Pada Ruangan Tertutup
Cara Memperkuat Sinyal WiFi HotSpot Pada Ruangan Tertutup

Cara Memperkuat Sinyal WiFi HotSpot Pada Ruangan Tertutup

Begini Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi HotSpot Pada Ruangan Tertutup – Seperti kita ketahui, internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok terpenting bagi masyarakat. Bahkan nyaris setiap saat kita membutuhkan koneksi internet untuk mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan. Belum lagi hampir semua perangkat smartphone sekarang ini memanfaatkan koneksi internet yang bertujuan untuk mengaktifkan segala aplikasi yang tersimpan di dalamnya.

Hal ini tentu saja tak luput dari berbagai macam piranti yang Anda gunakan, seperti Laptop, Smartphone dan gadget lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Hanya saja permasalahannya yaitu terkadang sinyal Wifi yang digunakan di kantor maupun di rumah tiba-tiba melemah, terutama di ruangan yang tertutup dan yang di sekitar lingkungannya terdapat banyak gedung-gedung besar.

Faktor Melemahnya Sinyal Wifi

Ada beberapa faktor kenapa sinyal Wifi bisa melemah, seperti diantaranya akibat Wifi router diletakkan di ruangan yang tertutup, sehingga akhirnya router atau modem tak dapat memancarkan sinyal dengan baik ke segala area. Terutama kantor atau rumah yang ditembok beton, sehingga sinyal wifi pun akan sulit menembusnya.

Di samping ruangan yang tertutup, melemahnya sinyal wifi juga disebabkan oleh area jangkauannya yang terlalu jauh dan bisa dibilang out of range, dampaknya komputer atau gadget tak dapat menangkap sinyal tersebut dengan baik.

Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi HotSpot

Baca Juga

Tips-tips ampuh Memperkuat Sinyal Wifi yang Lemah

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi yang lemah, terutama dalam ruangan yang tertutup, seperti berikut ini :

1. Gunakan Teknologi Wireless WiFi Terbaru

Sekarang ini terdapat empat macam jeis teknologi wireless yang tersedia, yakni A, B, G, dan N. Teknologi wireless A, B, dan G adalah teknologi lawas yang memiliki kecepatan lamban. Sedangkan teknologi wireless N merupakan teknologi wireless paling terbaru dan terkencang dalam hal kecepatan. Jadi, selalu pakai jenis N untuk untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

2. Mengatur Wifi Router Pada Posisi yang Tepat

Ketika hendak memasang jaringan internet, baik itu dengan ADSL atau kabel terlebih dulu pastikan lokasi wifi router yang akan diletakkan sebagai pusat terkoneksinya segala jenis perangkat.

Sebab jika Anda salah menempatkannya, tentu akan susah jika Anda hendak memperkuat sinyal wifi tersebut nantinya. Usahakan Wifi Router diletakkan di luar, agar perangkat yang memperkuat sinyal wifi tersebut bisa menjangkau penyebaran sinyal dengan baik.

3. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lain

Tidak hanya router lain yang bisa menghalangi kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lain seperti televisi juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa coba untuk menjauhkan berbagai perangkat elektronik lain dari router. Selain itu kamu juga bisa memakai router dual band agar bisa beralih frekuensinya dengan mudah.

4. Menggunakan Kaleng Bekas Berbahan Alumunium

Sinyal WiFi memanfaatkan udara sebagai pengirimannya dan agar sinyal wifi tak meluas ke arah yang tidak tepat, kamu bisa menggunakan kaleng bekas untuk mengarahkan tujuan sinyal tersebut sesuai keinginan mu. Selain dengan kaleng bekas, kamu juga bisa menggunakan panci atau aluminium foil.

5. Memilih Wifi Router yang Tepat

Jika posisi router telah ditentukan, sekarang saatnya Anda perlu menentukan wifi router yang baik sehingga sinyal pun bisa diteruskan. Pemilihan jenis Wifi router juga mempengaruhi kekuatan sinyal wifi router itu sendiri. Terdapat berbagai macam jenis merk wifi router yang bagus di pasaran, seperti Dlink, TP-Link, Linksys, Asus, dan Cisco.

Namun perlu diingat bahwa tak semua merek ternama bisa menghasilkan kinerja yang bagus. Adapun yang membedakan merek-merek wifi router tersebut yaitu keawetan atau ketahanan produk dan cara setting wifi router itu sendiri.

6. Memakai Kabel UTP

Cara yang tepat untuk memperkuat sinyal Wifi di ruangan tertutup yaitu dengan memakai kabel UTP atau kabel LAN. Buat kabel UTP memakai konektor straight sebab akan dihubungkan pada router ke router. Kemudian 1 access point atau wifi router sebagai extender, lalu sambungkan wifi router pada wifi router yang lainnya yang berperan sebagai ekstender.

Selanjutnya pasang kabel UTP dalam konektor LAN yang ada di Wifi Router 1 lalu ujung dari kabel UTP lainnya pasang di dalam wifi router 2 yang terdapat pada port WAN, dengan begitu jaringan internet bisa digunakan baik dalam wifi router 1 dan wifi router 2. Langkah selanjutnya lakukan pengecekan koneksi dalam wifi router 2.

7. Memakai Alat Untuk Penguat Sinyal Wifi

Untuk memperkuat sinyal Wifi router dalam ruang tertutup, maka bisa menggunakan repeater atau range extender sebagai alat untuk penguat sinyal pada Wifi. Pada dasarnya, repeater ini menerima sinyal yang berasal dari Wifi router yang memiliki sinyal lemah lalu diteruskan supaya bisa terhubung pada perangkat keras yang lainnya.

Beberapa alat penguat sinyal wifi ini diantaranya Powerline Network Adapter, Wifi Range Extender dan Access Point. Adapun cara pemasangan ketiga alat tadi sama saja, yakni menghubungkan alat penguat sinyal ke wifi router pusat, hingga akhirnya bisa dipakai dalam ruangan yang tertutup.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Sudah saya coba berbagai cara cuma tetap saja g kuat ngangkat gan. Termasuk menempelkan sticker yang kata bisa menguatkan sinyaal. Di tempat kerja saya dulu di tengah hutan, pasang alat penguat sinyal juga g seberapa naiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.