Home > Komponen > Cara Memperbaiki Hardisk External yang tidak terbaca

Cara Memperbaiki Hardisk External yang tidak terbaca

Cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca menjadi topik artikel terkini yang sayang sekali jika anda lewatkan. Fungsi hardisk external ini berkenaan dengan penambahan memory dalam perangkat anda sehingga ketika anda hendak menyimpan berbagai data baik berupa foto, dokumen serta data lainnya, anda tidak akan merasa kesulitan lagi. Hardisk external yang dijual di pasaran cukup beragam baik dari segi harga maupun jenisnya. Konsumen diberikan kepuasan dalam memilih jenis hardisk external yang sesuai dengan kebutuhannya. Banyaknya pilihan ini diharapkan tidak menyulitkan konsumen dalam memilihnya karena nilai fungsi dari hardisk external ini memanglah sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas konsumen.

Semakin banyaknya pilihan hardisk external membuat tingkat kekuatan dari hardisk external itu sendiri juga turut beragam. Terkadang hardisk external hanya bisa bertahan hingga hitungan bulanan saja akan tetapi ada pula jenis hardisk external yang bisa digunakan hingga tahunan oleh penggunanya. Tidak hanya kekuatan dari hardisk external itu saja, beberapa jenis hardisk external ini terkadang juga membuat sebagian penggunanya mulai merasakan kendala seperti tidak bisa terbacanya data yang tersimpan dalam hardisk external. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya oleh virus dari perangkat yang anda pasangkan dengan hardisk external, ataupun karena kesalahan penggunaan dari penggunanya sendiri. Nah, bagi anda yang kini juga mengalami kendala berupa tidak terbacanya data dalam hardisk external anda maka anda perlu membaca ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca di bawah ini.

Cara Memperbaiki Hardisk External yang tidak terbaca_2

Cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca dapat dilakukan dengan mengenali terlebih dahulu penyebab dari kerusakan hardisk anda. Penyebab yang biasa dikenali saat terjadi kerusakan hardisk external dalam bentuk datanya yang tidak bisa dibaca ini ialah terjadinya kesalahan file system pada HDD eksternal. Upaya yang bisa dilakukan oleh anda saat terjadi kerusakan yang serupa ialah dengan melakukan cara – cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca sebagai berikut :

  1. Tekanlah tombol windows + R pada keyboard anda. Kemudian ketiklah “diskmgmt.msc” pada kotak Duery “Run” dan tekan enter setelah mengisi tulisan tersebut. Dengan melakukan hal ini, anda akan menemukan data driver anda secara keseluruhan.
  2. Colokkkan hardisk external anda ke USB yang berbeda, setelah di pindai dan terbaca maka kemungkinan post USB anda belum mengalami masalah.
  3. Cek kembali device manager anda, lalu tekan “ windows” pada keyboard anda dan tekan enter setelah data yang anda ketikkan tercantum.
  4. Lalu, search disk drive anda apabila masih ada tanda pentung pada perangkat anda maka itu dapat dikatakan bahwa hardisk external anda tidak terbaca disebabkan oleh masalah CD drive nya.

Nah, jika penyebab kerusakan hardisk external anda sudah diketahui yatu drivernya maka cara memperbaikinya cukup mudah sekali. Anda tinggal menginstall driver USB anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tipe USB yang biasa digunakan untuk hardisk external driver ini ialah USB tipe 3.0. Dengan penginstallan inilah maka hardisk external anda akan dapat dibaca kembali. Cukup sekian cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca untuk anda semuanya. Tidaklah sulit untuk melakukan cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca ini. Semoga artikel tentang cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca ini bermanfaat bagi anda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter – Apakah anda seorang teknisi listrik dan …

One comment

  1. buat tambahan lagi penyebab hardisk tidak terbaca gan, bisa jadi karena kabel yang digunakan terlalu panjang, bukan kabel bawaan atau karena disambung, antara pc/laptop dengan hardisk eksternal terlalu jauh (misanya cpu dibawah dan hardisk di meja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *