Wednesday, 1 October , 2014

Cara Memilih Notebook Untuk Pemula

notebook untuk pemula
Notebook menjadi salah satu trend paling popular bagi pengguna gadget. Teknologi ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan sehingga siapapun bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, entah itu untuk bekerja atau sekedar menikmati hiburan multimedia. Namun, begitu banyaknya model notebook yang dijual di pasaran membuat pemula bingung ketika ingin menentukan pilihannya. Notebook tersedia dalam berbagai macam pilihan model, warna, spesifikasi, dan harga. Pilihan terhadap desain notebook ditentukan oleh selera masing-masing individu, tetapi kita harus memberi perhatian lebih terhadap spesifikasi dan harga notebook tersebut. Pantaskah notebook dengan spesifikasi sedemikian rupa diberi harga sekian rupiah? Tentunya, pemula akan merasa sulit menentukan notebook berkualitas handal dengan harga wajar. Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan sebagai acuan untuk berbelanja notebook.

Sebelum memilih notebook jenis apapun, Anda harus bisa menetapkan tujuan Anda untuk membeli notebook. Spesifikasi notebook bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan notebook hanya untuk mengedit dokumen biasa (bukan multimedia), notebook dengan spesifikasi biasa sudah lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan ini. Namun, Anda butuh spesifikasi lebih jika Anda membutuhkan performa handal untuk menjalankan aplikasi-aplikasi “berat” seperti software 3D. Notebook tidak hanya digunakan untuk pekerjaan serius. Bagi mereka yang ingin menggunakan notebook untuk hiburan multimedia atau game, mereka harus rela membayar lebih untuk menikmati hiburan yang diinginkannya.

Dana adalah pertimbangan kedua untuk memilih notebook. Pastikan notebook yang Anda beli sesuai dengan dana yang Anda miliki. Bagi pembeli dengan budget terbatas, bisa beralih kepada salah satu alternatif notebook, yaitu netbook. Dibandingkan dengan notebook, fitur netbook lebih sedikit. Harga notebook ditentukan oleh kualitas yang dimilikinya. Notebook dengan spesifikasi handal tentunya wajar jika dipatok dengan harga yang tinggi. Mungkin banyak orang tertarik dengan kredit notebook yang bisa dicicil per bulan dan uang muka yang cukup ringan. Namun, cara ini sebaiknya dhindari jika Anda hanya menggunakan notebook untuk tujuan konsumtif. Cara ini idealnya hanya dipilih oleh mereka yang benar-benar membutuhkan notebook untuk bekerja.

Setelah Anda menetapkan tujuan dan dana yang Anda perlukan untuk membeli notebook baru, Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi notebook. Performa notebook sangat ditentukan oleh processornya. Seperti otak manusia, processor adalah perangkat paling vital bagi komputer. Untungnya, ada berbagai jenis merk processor yang bisa Anda pilih untuk mendukung performa notebook. Intel adalah salah satu merk paling ternama sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas produk ini. Intel Core i-series sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan performa handal. Sementara itu, Intel Centrino sudah lebih dari cukup bagi pengguna yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik. Memory (RAM) adalah pendukung processor yang harus ada di setiap notebook. Sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan Anda. VGA adalah komponen penting lainnya yang mendukung tampilan grafis notebook Anda. Namun, Anda tidak perlu memilih notebook dengan kualitas VGA yang terlalu tinggi untuk kebutuhan dasar seperti mengetik atau menjelajahi dunia maya. Jika Anda seorang gamer, tentunya Anda harus memilih VGA dengan spesifikasi di atas rata-rata. Hardisk adalah komponen yang Anda perlukan untuk menyimpan berkas digital dalam notebook. Seperti komponen lainnya, kapasitas hardisk juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Fitur-fitur tambahannya juga selalu disertakan dalam notebook, tetapi fitur tersebut tidak terlalu berpengaruh kepada performa notebook. Sebagai pemula, Anad hanya perlu mempertimbangkan fitur-fitur dasar notebook yang menentukan kualitas dan performanya.

5 comments

  1. Salam kenal mas :D
    tipsnya bermanpaat banget mas, kebetulan saya juga mau belin netbook nih, jadi bisa tau apa yang harus saya tentukan untuk netbooknya nanti.

  2. Pak Miftakhudin kalo perlu netbook saya saranin netbook asus lebih tahan lama dan garansi 2 tahun

  3. Mantap gan untuk tips memilih notebooknya :D
    Saat ini notebook dan smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang selain itu juga perkembangan dari masing2 perangkat juga semakin canggih, sebagai contohnya OS Android

  4. mantap artikel ini buat akufaham apa itu notebook,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>