Home > Berita Teknologi > Cara memilih dan membeli Kamera DSLR

Cara memilih dan membeli Kamera DSLR

Cara memilih dan membeli Kamera DSLR
Kamera DSLR adalah kamera yang dirancang secara khusus bagi mereka yang ingin menekuni dunia fotografi. Namun, harga kamera ini memang mahal dan pengoperasiannya juga sulit. Banyak pilihan kamera yang tersedia di pasaran. Untuk kalangan berkantong tebal, kamera DSLR kelas high-end masih bisa dibeli. Mengingat harganya yang benar-benar mahal, calon pembeli harus benar-benar teiliti ketika memilih kamera DSLR. Salah pilih berarti rugi besar. Simak tips menarik berikut untuk memilih kamera yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Merk

Merk kamera juga menentukan kualitas dan fitur dari kamera DSLR itu sendiri. Konsumen pun cenderung lebih percaya pada merk tertentu yang telah berpengalaman selama sekian tahun. Mereka pun juga tidak mudah percaya pada merk baru yang muncul di pasaran. kamera DSLR Canon dan kamera DSLR Nikon adalah merk terkenal yang sudah terbukti berkualitas. Setiap perusahaan juga mempunyai service center yang akan mempermudah konsumen untuk mencari solusi atas masalah yang mereka temukan. Usahakan untuk memilih kamera dari brand tertentu yang letak service center tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu.

Harga

Apakah yang kamu inginkan dari kamera DSLR? Kamu ingin mencoba sesuatu yang baru atau benar-benar ingin menekuni dunia fotografi? Jika kamu ingin serius menekuni dunia ini. Belilah kamera yang benar-benar berkualitas meskipun harganya mahal. Namun, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli kamera mahal yang tidak sesuai dengan budget. Jika kamu hanya ingin mencoba-coba, biasanya kamera hanya akan dijual kembali saat kamu membutuhkan uang. Kebutuhan berbeda dengan gaya hidup. Seringkali orang mengeluarkan uang banyak hanya sebagai tuntutan gaya hidup yang berlebihan atau untuk membeli sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

Fitur

Tentukan fitur kamera DSLR yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Tidak semua fitur bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna. Tentukan fitur yang kamu inginkan terlebih dahulu. Pada umumnya, kamera DSLR dirancang secara khusus untuk fotografer pemula atau profesional yang bisa memanfaatkan semua fitur dalam kamera tersebut. Kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran sensor dari suatu kamera. Apakah kamu memilih full frame, APS-C, atau Four-Thirds. Berbeda dengan kamera digital biasa, ukuran megapiksel bukanlah faktor penting. Kategori sensor lebih diutamakan daripada ukuran sensornya. Crop Factor adalah faktor yang membedakan tipe sensor suatu kamera DSLR. Ukuran sensor menentukan area tangkap kamera. Jangan pernah melupakan antishake system pada kamera. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah gambar buram. Mungkin pemula tidak bisa memegang kamera secara tepat sehingga gerakan tangannya mempengaruhi kualitas gambar.

Kecepatan

Kecepatan kamera DSLR dalam mengabadikan objek tertentu bisa menjadi faktor yang sangat penting bagi seorang fotografer baik pemula atau ahli. Kecepatan fokus akan sangat beguna ketika kamu memotret objek bergerak seperti mobil atau burung. Perlu diingat bahwa semakin mahal kamera tersebut semakin baik kecepatannya.

Ukuran dan Berat

Apakah kamu senang bepergian sambil membawa kamera untuk mengabadikan momen tertentu selama perjalanan? Pilihlah kamera yang ringan dan praktis untuk dibawa. Jika kamera terlalu berat, sudah pasti ini akan mengganggu perjalanan. Nikon D60 adalah pilihan yang praktis dan ringan.

Rekomendasi

Memilih kamera DSLR adalah ‘pekerjaan’ yang sangat sulit bagi pemula. Banyak sekali fitur dan keunggulan DSLR yang tidak diketahui oleh orang awam. Jika kamu masih awam di dunia fotografi, mintalah rekomendasi dari teman terdekat yang sudah pernah menggunakan kamera DSLR. Cara paling praktis adalah membaca review produk yang bisa diakses dengan mudah di internet. Beberapa  merk yang sering digunakan adalah kamera DSLR Nikon dan kamera DSLR Canon

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.