Home > Komponen > Cara Memasang UPS Dengan Benar

Cara Memasang UPS Dengan Benar

Memilih Uninterruptible power supply yang tepat (UPS) untuk sistem tidak harus ditentukan seperti saat anda memilih komponen atau teknologi lain dan memilih UPS lebih berkaitan dengan mengetahui fasilitas kebutuhan, operasi bisnis dan penghuni bangunan. Biasanya UPS memberikan kemudahan dalam pergerakan, menambahkan dan melakukan perubahan. Untuk menunjang fasilitas perkantoran komersial mereka hanya tertarik pada UPS dalam hal melindungi peralatan komputer, namun pertimbangan yang paling penting mungkin karena modal yang mereka tanamkan untuk perangkat-perangkat di perkantoran.

Sebagai seorang IT profesional mungkin anda melihat http://www.dimensidata.com/category/ups/ digunakan di mana-mana. Setiap ruang server akan memiliki salah satu jenis UPS tersebut. Pusat data diisi dengan UPS sesuai dengan jenis yang dibutuhkan. Jika anda seorang IT sangat mudah bagi anda untuk instalasi sebuah UPS dan hal ini berbeda dari orang awam yang kesulitan untuk istalasi perangkat tersebut.

Berikut adalah cara isntalasi atau memasang UPS dengan benar:

Cara  Memasang UPS Dengan Benar_2
1 . Tentukan dulu ukuran kapasitas baterai

Langkah pertama dalam instalasi UPS adalah dengan mengetahui apa kebutuhan anda dan mengidentifikasi server yang ingin anda sambungkan ke UPS. Jika anda bisa mengetahui kebutuhan anda maka dengan mudah bisa mencoba untuk mencocokkan model UPS yang benar sesuai untuk server. Sangat baik pula bila anda bisa menghitung perkiraan kebutuhan daya. Beberapa produsen seperti APC akan dengan senang hati membantu anda dan memberikan rekomendasi yang tepat jika server anda adalah merek yang cukup ternama dan anda dapat memberikan mereka informasi dengan nomor model server yang anda miliki. Secara umum, UPS dikelompok menjadi tiga instalasi yaitu ukuran kecil, menengah dan besar.

Istalasi yang berukuran kecil membutuhkan UPS dengan kapasitas yang rendah dan biasanya digunakan untuk menyalakan beberapa desktop atau server tunggal. UPS ini dapat dengan mudah dibeli sendiri secara terpisah. Bila anda memiliki instalasi sedang maka anda membutuhkan UPS yang dirancang untuk melayani lebih dari satu server, dan UPS ini harus dibeli dari vendor peralatan IT. Instalasi besar membutuhkan UPS yang tidak dapat langsung dimatikan dari soket dinding sehingga harus dimodifikasi dan diklasifikasikan dan untuk memasangnya anda harus menggunakan ahli dari produsen UPS anda masuk atau ahli yang lain menggunakan jasa ahli listrik. UPS ini cenderung hanya tersedia dari produsen sendiri atau dari vendor. Sebagian besar ruang server mungkin akan terdiri dari sejumlah UPS dengan ukuran sedang. Server dengan UPS berukuran sedang tersebut mungkin berjalan secara independen.

2 . Tentukan lokasi UPS terbaik

Anda harus selalu memasang UPS di bagian paling bawah dari rak server anda. Alasan utama adalah bahwa UPS adalah komponen atau perangkat yang berat dan sangat tepat bila anda menempatkan mereka serendah mungkin. Beberapa UPS dirancang dengan bagian-bagain yang disesuaikan sehingga dapat dengan mudah menggeser UPS masuk dan keluar dari tempat server anda.

3 . Persiapan untuk instalasi UPS

Hal yang sangat penting dan perlu anda ingat bahwa anda tidak harus mencoba untuk menginstal UPS sendiri, kecuali jika anda mampu menangani instalasi tersebut sendiri dengan instalasi UPS kecil. Berat UPS diringkas menjadi paket yang relatif kecil dengan distribusi berat yang sangat buruk dan baterai yang padat biasanya terletak di salah satu ujung dan memiliki tepi keras logam pada sebagian sisi untuk boot. Selain itu, perlu diingat bahwa anda berurusan dengan peralatan listrik dan banyak kemungkinan terjadi kecelakaan. Saat pengistalan UPS tersebut maka pastikan bahwa anda benar-benar berada di tempat aman dan tidak membahayakan orang lain disekitar anda.

 

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan

5 Rekomendasi Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan – Headset gaming yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *