Home > Aksesoris > Cabut Charger Handphone Ketika Tidak Sedang Digunakan
Cabut Charger Handphone Ketika Tidak Sedang Digunakan

Cabut Charger Handphone Ketika Tidak Sedang Digunakan

Apakah Charger Handphone kita harus dicabut ketika sedang tidak digunakan? – Charger dan Gadget adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan, terutama Handphone dan Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat kita, namun gadget seperti handphone dan laptop merupakan benda yang memerlukan daya agar dapat digunakan dan pasti menggunakan baterai yang dapat diisi ulang dengan charger. Charger memang sudah menjadi alat yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk mengisi daya bateria gadget kita.

Namun Kebiasaan buruk kita adalah lupa, setelah handphone selesai di charge terkadang lupa untuk dicabut, yang diambil hanya handphone nya saja, Alasanya barangkali karena terburu-buru, atau memang sengaja melakukan hal tersebut dikarenakan alasan praktis daripada harus cabut pasang jika ingin menggunakannya lagi. Atau sebetulnya tidak tahu pengaruh dan resikonya. Padahal kebiasaan seperti ini dapat membahayakan serta merugikan dan tentu saja boros energi listrik.

Apakah Charger Handphone kita harus dicabut ketika sedang tidak digunakan?

Apakah charger yang dibiarkan terhubung ke listrik tanpa dihubungkan ke handphone memakan daya listrik?

Charger yang tertancap pada stop kontak tetap “mengkonsumsi daya listrik”, meskipun tidak dalam kondisi tersambung ke konektor charger handphone atau laptop. Hal ini dikarenakan arus ac tetap mengalir dalam komponen charger, terutama rangkaian penyearah arus, rangkaian pengubah ac ke dc, dan rangkaian penstabil dan pembersih tegangan dc 5v yang akan diteruskan ke Handphone. Memang hal ini tidak begitu kelihatan karena daya yang digunakan lebih kecil daripada saat keadaan men-charge Handphone, ditunjukkan dengan suhu body charger yang dingin. (beda dengan suhu saat mencharge yang hangat).

Memang listrik yang terbuang sedikit, tapi hal ini banyak diabaikan. Jika ada jutaan charger yang tetap menancap ke stop kontak saat tidak digunakan, berapa listrik yang terbuang percuma? Tentunya akan sangat besar. Belum lagi jika karena sesuatu hal, terjadi arus pendek pada charger. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan kebakaran.

bahaya-charger-hp-tidak-dicabut

Menurut survei dari PLN, bahwa saat charger handphone yang tidak dicabut dari stop kontak mengkonsumsi 1 watt setiap jam nya. Dan seandainya jika seluruh Jabodetabek lupa mencabut charger handphone mereka, energi yang terbuang berjumlah 96.000 kwh, dan itu cukup untuk menerangi 755 rumah.

Maka dari itu, penghematan energi listrik ini kita mulai dari diri sendiri dan hal yang paling kecil terlebih dahulu. Kalau sudah selesai nge-charge, jangan lupa untuk mencabut charger dari stop kontak. Meskipun alat elektronik modern sekarang biasanya sudah dilengkapi fasilitas stand-by, tapi kalau sedang tidak digunakan, sebaiknya dicabut saja dari stop kontak agar listrik menjadi lebih hemat dan pasti tidak terbuang secara percuma, walaupun dampak yang dibuat pada konsumsi listrik tidak begitu besar, dan agar umur pakainya lebih lama. Terlebih kebiasaan meninggalkan smartphone terus dicharge semalaman juga tidak baik untuk baterai smartphone Anda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Ampuh Buat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lebih Lama

5 Cara Mudah Buat Baterai Laptop Anda Tahan Lebih Lama

5 Cara Ampuh ini Buat Baterai Laptop Anda Awet dan Tahan Lebih Lama – Tak jauh berbeda …

4 comments

  1. Waaah, perlu merubaha kebiasaan ini. Saya sering tidak begitu perhatian sama carger. Kalau terburu-buru saya biarkan nancap. Hemat listrik…

  2. Waduh, ternyata nyedot listrik ya, aku kira nggak, masalahnya tiap saat charger ku nancep di stop kontak

  3. Walahh tiap hari ane nggak pernah nyabut tu charger gan. Tapi setelah baca artikel ini harus merubah kebiasaan buruk inilah.. terimakasih infonya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *