Saturday, 23 August , 2014

Bisnis Desktop PC Masih Menggiurkan di 2013

Serbuan berbagai perangkat mobile seperti notebook, smartphone, dan tablet sebenarnya tidak terlalu berdampak pada pasar desktop PC. Meskipun perangkat mobile tersebut jauh lebih praktis dan mudah digunakan, desktop PC mempunyai tempat tersendiri bagi penggunanya.

Bisnis Desktop PC Masih Menggiurkan di 2013 Apakah bisnis dekstop PC ini masih menguntungkan di tahun 2013? Mungkin ada sedikit kekhawatiran pasar PC ini tidak lagi menguntungkan. Salah satu penyebabnya mungkin keputusan Intel untuk mengurangi produksi motherboardnya secara perlahan-lahan untuk dekstop PC. Intel sendiri berencana untuk menghentikan produksi tersebut di 2016. Ya, tampaknya Intel mulai lebih serius untuk menggarap pasar perangkat mobile. Intel akan lebih fokus untuk mengembangkan produk baru yang digunakan untuk mendukung perangkat portabel seperti notebook. Namun, keputusan Intel tidak membuat pasar desktop PC seolah-olah tidak menguntungkan lagi. Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu percaya pada prospek bisnis ini.

Dengan desktop PC, pengguna bisa merancang PC impiannya sendiri. Ya, kelebihan ini hanya ada pada desktop PC. Anda bebas menentukan komponen mana yang diperlukan untuk membuat PC Anda sendiri. Anda bebas memilih prosesor, motherboard, VGA, kapasitas RAM dan hard disk, serta komponen penting lainnya. Anda ingin membuat komputer gaming untuk mendukung hobi Anda? Atau Anda ingin komputer ekonomis dengan fitur yang masih bisa dihandalkan? Dengan dekstop PC, Anda bisa lebih bebas dalam menentukan PC yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selama komponen tersebut masih kompatibel, Anda bisa mendapatkan PC impian sesuai konsep yang Anda inginkan. Jika Anda ingin merancang PC desktop sendiri, Anda mungkin perlu menanyakannya ke toko untuk mendapatkan saran yang tepat.

PC desktop dijual dengan harga yang lebih kompetitif. Beberapa tahun lalu, perbedaan harga antara notebook dan PC desktop sangat jauh. Harga notebook bisa jadi dua kali lipat dari harga desktop PC dengan spesifikasi yang hampir sama. Sekarang, perbedaan harga tersebut mulai berkurang. Tetapi, desktop PC masih lebih murah dari notebook dengan spesifikasi yang sama.

PC desktop juga menawarkan kemudahan dalam melakukan upgrade. Jika Anda merasa hardware dalam PC sudah tidak bisa diandalkan lagi (karena memakai teknologi yang sudah lama), Anda bisa mengganti hardware tersebut dengan komponen yang lebih baik. Anda bisa mengganti prosesor core 2 duo menjadi prosesor core i5. Jika Anda ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, Anda hanya perlu membeli hard disk internal baru untuk menambahnya. Kapasitas RAM juga bisa ditambah dengan mudah.

Perawatan PC desktop lebih mudah daripada notebook. Jika Anda ingin membersihkan debu dalam CPU, Anda hanya perlu membuka casingnya saja. Jika Anda ingin membersihkan notebook, Anda membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, komponen notebook juga lebih sensitif. Jika Anda tidak bisa menempatkan komponen notebook seperti semula, tentunya hal ini akan mengakibatkan kerusakan.

PC desktop jauh lebih ‘bertenaga’ daripada notebook. Apa yang akan terjadi jika Anda menggunakan notebook selama 24 jam non stop? Sudah pasti notebook tersebut akan cepat panas dan komponen sensitif di dalamnya bisa cepat rusak. Sistem pendinginan di notebook tidak sebaik pada PC desktop. Selama sistem tersebut bekerja maksimal, Anda bisa menggunakannya selama 24 jam non stop tanpa kerusakan apapun? Inilah alasan utama kenapa PC desktop dijadikan server.

Ternyata, PC desktop masih mempunyai banyak keunggulan yang tidak dimiliki perangkat portabel. Jadi, prospek untuk bisnis PC desktop ini masih cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>