Home > Berita Teknologi > Bingung Milih Kamera DSLR atau Kamera Pocket Point and Shoot?

Bingung Milih Kamera DSLR atau Kamera Pocket Point and Shoot?

bingung milih kamera DSLR atau kamera pocket point and shoot

Dunia fotografi memang sangat menyenangkan karena ada begitu banyak objek dan peristiwa yang bisa diabadikan dengan jepretan kamera. Banyak orang terpikat dengan dunia ini sehingga mereka menjadikannya sebagai hobi atau profesi mereka. Terlepas dari tujuan menekuni dunia fotografi, hobi ini perlu didukung dengan teknologi canggih yang mampu menghasilkan gambar berkualitas bagus yang tajam. Setidaknya, ada dua macam pilihan kamera yang bisa digunakan untuk mendukung hobi dan profesi ini. Kamu bisa memilih antara kamera DSLR atau kamera pocket point and shoot. Kedua kamera tersebut mempunyai keunggulan masing-masing. Meskipun harga, spesifikasi, dan fiturnya berbeda, pilihan bisa disesuaikan dengan tujuan, kebutuhan, dan dana yang dimiliki.

Pilihan pertama yang bisa digunakan untuk mendukung hobi fotografi adalah kamera DSLR. Kamera ini memang cukup efektif untuk menghasilkan gambar dengan kualitas prima. Selain itu, ada banyak kelebihan yang tidak dimiliki kamera pocket biasa. Perbedaan kamera bisa dilihat dari desain, fitur, dan fungsinya. Performa kamera ditentukan dari sensor dan lensa yang dimilikinya. Mungkin banyak orang menganggap kamera DSLR sangat tidak praktis. Hal ini bisa dimaklumi karena bodinya memang sangat besar. Tentu saja, kamera ini bisa memakan tempat dan tidak mudah dibawa seperti kamera pocket yang mungil. Namun, kekurangan itu bisa diatasi dengan handgrip yang memudahkan pengguna ketika menggenggam kamera. Fitur kamera DSLR juga cukup melimpah dan semua fitur tersebut sangat penting untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Pengaturan kamera bisa disesuaikan untuk memotret objek tertentu pada saat tertentu. Kamera ini juga tampil dengan fitur tambahan berupa Live View. Fitur inilah yang membuat harganya melambung. Selain itu, kamera DSLR juga mempunyai kemampuan untuk merekam video dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada kamera pocket. Dibandingkan dengan kamera biasa, kamera DSLR mempunyai sensor lebih besar sehingga mampu menghasilkan gambar dengan kualitas low noise dan meminimalisir titik pixel. Fleksibilitas juga bisa dinikmati oleh pengguna kamera DSLR. Mereka bisa mengganti lensa kamera dengan berbagai tipe yang ada di pasaran. Setiap lensa mempunyai kelebihan dan fungsi tersendiri.

Lantas, bagaimana dengan kamera pocket? Kamera ini merupakan alternatif yang lebih bersahabat daripada kamera DSLR yang relatif mahal. Sesuai dengan namanya, kamera pocket memang pas di kantong. Harga dan ukurannya sesuai dengan ukuran kantong konsumen biasa yang lebih mementingkan harga kompetitif daripada kualitas di atas rata-rata. Bodi kamera ini sangat tipis, tetapi performanya masih bisa diandalkan. Desainnya juga lebih elegan, minimalis, dan sederhana sehingga jauh lebih memikat daripada kamera DSLR yang berutubuh bongsor. Namun, fiturnya juga seminimalis tampilan bodinya. Fiturnya memang tidak mencukupi untuk fotografi profesional. Pengguna tidak bisa leluasa mengubah pengaturan dan fitur tertentu untuk mendapatkan kualitas gambar lebih baik. Namun, kelemahan itu bisa ditutupi dengan fitur Vibration Reduction. Meskipun tidak semenarik fitur Live View pada kamera DSLR, fitur ini mampu mencegah gambar blur. Kamera pocket mungkin tidak mempunyai lensa yang mumpuni, tetapi kekurangan itu bisa diatasi dengan fitur zoom. Lensa tidak dapat diganti karena memang sudah disesuaikan dengan spesifikasi kamera itu sendiri,

Manakah pilihan yang lebih baik? Pilihan lebih ditentukan oleh penggunanya, bukannya kualitas dan spesifikasi kamera itu sendiri. Bagi pengguna yang ingin mendalami dunia fotografi, kamera DSLR adalah pillhan terbaik. Bagi pengguna yang tidak terlalu tertarik dengan fotografi dan hanya menggunakan kamera seperlunya saja, kamera pocket adalah pilihan terbaik.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.