Home > Komputer > Bedanya Workstation dengan Server

Bedanya Workstation dengan Server

Bedanya workstation dengan server apa sih? Ataukah keduanya itu sama? Wah, sepertinya inilah yang sedang anda bingungkan bukan kawan? Baik workstation ataupun server memiliki pengertian serta komponen dan sistem kerja yang berbeda satu sama lainnya sekalipun keduanya bekerja dalam fungsi yang sama yakni membantu dalam hal pembagian jaringan internet.

Workstation dengan server memiliki perbedaan yang bisa anda pahami jika anda menyimak ulasan detail mengenai workstation dan server itu sendiri. Anda perlu memahami bedanya workstation dengan server ini untuk bisa menjalankan bisnis jaringan internet yang memberikan keuntungan bagi setiap penggunanya. Setelah perbedaan keduanya anda dapatkan maka anda akan langsung bisa menjalankan bisnis jaringan internet yang menguntungkan. Adakah anda tertarik untuk mencoba bisnis jaringan internet? Yeah, jika inilah yang sedang anda inginkan, berikut ini adalah bahasan selengkapnya tentang bedanya workstation dengan server yaitu :

Bedanya Workstation dengan Server_2

Pengertian workstation maupun server

Workstation dan server memiliki pengertian yang tidaklah sama satu dengan yang lainnya. Bedanya workstation dengan server berawal dari pengertian kedua produk IT tersebut. Workstation biasa disebut juga sebagai client dalam jaringan. Workstation diartikan sebagai komputer atau PC yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer yang lainnya ataupun menghubungkan antara kompoter satu dengan sebuah server. Workstation sendiri memiliki kriteria tersendiri untuk bisa dikatakan sebagai workstation yang sempurna. Kriteria dari workstation tersebut minimal yaitu memiliki kartu jaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), kabel yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan serta biasanya juga memiliki flopy untuk penyimpanan data yang juga bisa diletakkan di server. Keberadaan workstation ini hampir seluruhnya suah digunakan dalam komputer, so bagi anda yang kini masih menggunakan pC di rumah anda maka itulah yang kini dinamakan sebagai workstation. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari workstation?ya, mustahil rasanya jika sebuah workstation tidak memberikan manfaat bagi penggunanya. Adapun manfaat yang diberikan dari workstation ini diantaranya yaitu sharing data, sharing printer dan beberapa pemanfaatan dari pengiriman atau sharing lainnya.

Sedangkan, untuk server sendiri dapat diartikan sebagai komputer atau PC yang dikhususkan untuk menyimpan data atau sistem operasi yang berbasis network (network operating system) dengan data yang berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut. Server dijadikan sebagai pusat yang mengatur jaringan sehingga apabila server yang digunakan mengalami kerusakan atau mengalami gangguan maka secara otomatis seluruh jaringan tidak akan dapat berfungsi. Nah, dengan adanya server ini tentunya anda akan dapat memperbaiki lebih cepat jika terjadi gangguan pada seluruh jaringan anda. karena hal tersebut tentunya disebabkan oleh kerusakan dari server anda. Server memiliki fungsi yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan workstation. Adapun fungsi dari sebuah server ini diantaranya yaitu :

  • Dapat digunakan untuk menyimpan file – file yang akan digunakan bersama pada hardisk
  • Dapat digunakan untuk mengatur komunikasi antar workstation
  • Dapat digunakan untuk mengkoordinasikan percetakkan pada printer sehingga bisa dipakai secara bersama – sama
  • Dapat digunakan untuk mem-back up hardisk server apabila digunakan penyimpanan tape driver lain
  • Dapat digunakan untuk menyimpan CD-ROM yang biasanya dipakai oleh para pemakai network
  • Dengan penggunaan perangkat keras dan lunak, server dapat digunakan untuk mengarahkan email dari dan ke internet.

Itulah sekilas informasi detail mengenai server dan workstation. Semoga bahasan tentang bedanya workstation dengan server ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

rekomendasi spesifikasi rakitan komputer pc untuk warnet game online terbaru 2017

Spesifikasi Rakitan Komputer PC Untuk Warnet Game Online 2017

Spesifikasi Rakitan Komputer PC Untuk Warnet Game Online 2017 – Tak dapat dipungkiri PC saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *