Home > Berita Teknologi > Beberapa Masalah Kecil Yang Mungkin Anda Temukan Dalam Komputer Anda

Beberapa Masalah Kecil Yang Mungkin Anda Temukan Dalam Komputer Anda

Memiliki sebuah komputer, entah dalam bentuk PC ataupun laptop pastinya membutuhkan perawatan. Jika tidak, maka kinerja dari si pintar tersebut bisa jadi menurun, dan tentunya penurunan kinerja tersebut akan merugikan kita sebagai pemilik, sebab, kinerja kita juga akan ikut turun. Biasanya, kita baru menyadari ada yang salah dengan komputer yang kita miliki ketika komputer tersebut mulai berulah dan memaksa kita untuk memeriksa apa yang salah dengan sobat kita tersebut.

Seperti anjuran para pakar kesehatan, sebelum sesuatu yang buruk terjadi tindakan pencegahan adalah hal yang terbaik, ini juga berlaku untuk perangkat keras yang anda miliki tersebut. Karena, terkadang bisa jadi komputer atau laptop kita mendadak tidak mau menyala padahal semua data penting bisnis kita tersimpan disana. Hal seperti ini kelihatannya sangat sering terjadi. Bila kita mengerti apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan data tersebut, maka kita bisa tidak terlalu panic. Namun, jika kita sama sekali buta dan tak tahu apa yang harus dilakukan, maka kita akan rela melakukan apa saja asal data penting tersebut bisa kita ambil kembali.

Salah satu yang sering terjadi apalagi untuk beberapa motherboard dan processor tipe tertentu, mereka cepat menjadi panas. Beberapa laptop akan mati begitu saja ketika mereka kepanasan, lalu akan member pesan setelah laptop tersebut dingin dan dapat dinyalakan kembali. Bagaimana jika hal ini terjadi ketika kita mengerjakan sebuah pekerjaan yang butuh ketelitian dan belum sempat disimpan? Mau tidak mau kita harus bekerja dari awal. Untuk mendeteksi sejak dini, kita bisa mencoba bebrapa software yang bisa kita unduh secara gratis di internet. Software-software tersebut akan memberikan peringatan ketika suhu laptop atau PC yang kita miliki melebihi batas normal. Atau mungkin, kita bisa memakai kipas tambahan yang diletakkan dibawah laptop, jika berbentuk laptop, atau memakai kipas dirumah yang menghadap kearah CPU komputer. Untuk processor juga bisa diakali dengan menambah pendingin berupa salep yang bisa ditemukan di toko penjual aksesoris komputer.

Kerusakan pada alat bantu input berupa mouse atau keyboard juga sering terjadi. Untuk perawatannya sebenarnya sederhana. Untuk keboard kita harus rajin untuk membersihkannya. Saat ini ada penghisap debu berukuran mini lengkap dengan sapunya bisa kita temui dipasaran, kedua alat ini bisa kita pakai untuk membersihkan keyboard yang kita miliki. Apalagi jika keyboard itu merupakan keyboard kantor yang dipakai bersama. Untuk mouse, hal yang terpenting adalah jangan pernah membanting mouse dan ketika menekan tombol yang terdapat pada mouse tersebut, tekanlah dengan perlahan, tidak perlu dengan sekuat tenaga.

Bintik-bintik kecil pada monitor sebaiknya segera kita bersihkan. Usahakan untuk tidak membersihkannya dengan menggunakan tangan kosong. Memakai kain dari bahan yang lembut cukup untuk merawat monitor yang kita miliki. Jika ada bintik-bintik kecil yang hadir pada layar monitor ada baiknya segera untuk membawa monitor tersebut ke tempat reparasi. Sehingga bisa diketahui apa yang terjadi dengan monitor tersebut.

Keuletan kita dalam merawat dan menjaga komputer adalah sebuah hal yang penting. Pastikan kita memberikan tempat penyimpanan yang bersih dan sejuk untuk hardware tersebut. Membuka CPU sekali-sekali juga sangat dianjurkan, kecuali terdapat segel garansi, agar kita bisa membersihkan bagian dalam dari CPU yang kita miliki. Dibeberapa kasus, terkadang CPU bisa menjadi sarang dari berbagai macam binatang, yang jika mereka sampai terbakar didalam, akan merusak komponen-komponen penting yang terdapat didalam CPU tersebut.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Fitur-Fitur Keren Google yang Perlu Anda Ketahui

Fitur-Fitur Keren Google yang Perlu Anda Ketahui – Pastinya, kita sudah tidak asing lagi dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *