Home > Gadget > Awas! 13 Aplikasi Android ini Berisi Malware
Aplikasi Android di Google Play Store Berisi Malware

Awas! 13 Aplikasi Android ini Berisi Malware

blog.dimensidata.com – Hati-hati Dengan 13 Aplikasi ini di Google Play Store karena Berisi Virus Malware. Bagi Anda yang selama ini punya kebiasaan bermain aneka game di play store android, sebaiknya mulai selektif dan waspada dalam memilih game.

Sebab meskipun disebut-sebut sebagai tempat yang aman untuk mendownload suatu aplikasi, faktanya play store bisa tersusupi malware dalam beberapa aplikasi yang ada di toko tersebut.

Baca Juga: Tips Mencegah Masuknya Virus dan Malware Pada Komputer

Seperti yang Anda tahu, malware merupakan sejenis virus yang bisa menyerang system sebuah android maupun computer dengan cara melemahkan kerja perangkat dan akhirnya mengalami kerusakan total.

Beberapa aplikasi games Android yang ada di Google play store positif dinyatakan mengandung virus tersebut. Mungkin Anda penasaran apa saja games tersebut yang perlu Anda antisipasi, ke 13 aplikasi game yang mengandung malware tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Crazy Block
  2. Just Fire
  3. Eat Bubble
  4. Cake Blast
  5. Crazy Jelly
  6. Hit Planet
  7. Piggy Jump
  8. Ninja Hook
  9. Drag Box
  10. Jump Planet
  11. Tiny Puzzle
  12. Honey Comb
  13. Cake Tower
Aplikasi Android yang Berisi Malware
Aplikasi Berisi Malware

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena google tidak tinggal diam dengan ulah 13 aplikasi tersebut. Google menghapus ke 13 aplikasi tersebut yang sering disebut sebagai aplikasi Brain Test atau uji otak. Namun demikian bukan berarti ini akan memberikan jaminan aman bagi para pengguna android. Menjaga mengurangi kebiasaan download aplikasi yang tak berguna menjadi salah satu cara pintar untuk menghindari terinfeksi virus malware dalam system android Anda.

Kerja virus malware dalam 13 aplikasi di atas sangat mengerikan. Beberapa diantaranya adalah aplikasi ini mampu melakukan auto install dan masuk root perangkat system android Anda. Tak hanya itu, aplikasi ini secara diam-diam juga mampu menginstall aplikasi lain yang mengandung virus malware serupa tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

Baca Juga: Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik Untuk PC/Laptop Terbaru 2016

Uniknya, virus ini masuk ke dalam berbagai game aplikasi sehingga sangat mudah masuk tanpa disadari oleh para pengguna android, terutama mereka yang suka sekali memainkan aneka game aplikasi di google play store.

Yang lebih menipu pengguna, aplikasi yang mengandung malware tersebut mampu membuat ulasan palsu di google play store sehingga bisa didownload lebih dari 500.000 pengguna android. Dan dengan kepintarannya, aplikasi ini juga mampu menciptakan rating aplikasi yang tinggi, yakni hingga 4,5.

Dengan demikian para pengguna benar-benar tidak akan menyadari mereka sudah menggunakan aplikasi yang mengandung virus yang mengerikan. Virus ini mampu masuk ke root, dan yang lebih parahnya, meskipun Anda telah melakukan reset pabrik untuk ponsel Anda, virus malware ini tetap saja tak bisa dihilangkan.

Berikut ini beberapa cara menghapus virus malware di hp android atau tips aman terhindar dari virus malware di berbagai aplikasi yang ada di google play store:

  1. Mengurangi kebiasaan bermain game untuk menjaga kesehatan ponsel Anda
  2. Mengurangi aplikasi game yang ada di perangkat android, gunakan tidak lebih dari tiga game untuk menjaga keamanan system Anda, akan lebih baik tanpa game.
  3. Berhati-hati mendownload aplikasi, akan lebih baik jika Anda hanya menginstall aplikasi yang sudah terkenal saja dan memang Anda butuhkan, jangan coba-coba memilih aplikasi baru yang belum jelas.
  4. Menggunakan software anti virus pada android untuk mengurangi resiko terinfeksi virus.

Resiko terberat jika terinfeksi virus malware Anda harus kehilangan berbagai data penting di ponsel Anda, hingga kerusakan yang artinya Anda lebih baik membeli ponsel baru.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Daftar Lengkap HP Android Smartphone Terbaik Keluaran Terbaru Tahun 2017

Daftar Smartphone Terbaik Keluaran Terbaru Tahun 2017

Ini Daftar Lengkap HP Android Smartphone Terbaik Keluaran Terbaru di Tahun 2017 – Saat ini …

One comment

  1. Ninja hook ternyata ada malware nya, pantes aja hp ku jadi banyak iklan nya. terimakasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *