Home > Berita Teknologi > Apakah Masih Jamannya PC Rakitan?

Apakah Masih Jamannya PC Rakitan?

Apakah Masih Jamannya PC Rakitan?
PC rakitan? Mungkin kamu berpikir teknologi ini sudah ketinggalan jaman. Sudah ada smartphone, tablet, dan laptop ultra tipis yang lebih efisien, ramping, dan praktis. Apakah masih ada gunanya membeli PC rakitan? Tentu. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan PC rakitan. PC jenis ini masih sering kita temui di warnet atau kantor. Tablet dan laptop tipis memang menguasai pasar saat ini. Perusahaan besar seperti Apple, ASUS, dan Samsung terus bersaing mengembangkan produk mobile mereka. Bahkan, persaingan meninggalkan kesan seolah-olah PC rakitan sudah ditinggalkan. Namun, PC ini mampu menyelesaikan masalah yang tidak bisa dituntaskan oleh smartphone, notebook, atau tablet. Apakah alasanmu untuk menggunakan PC rakitan?

 

Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan
PC rakitan masih digunakan karena pengguna bisa menyesuaikan spesifikasi komputer dengan kebutuhan mereka. PC rakitan memang bisa dikategorikan dalam beberapa jenis seperti office, home, atau game. Toko komputer biasanya sudah mengemas berbagai komponen dalam satu paket yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kebutuhan pengguna biasa tentunya berbeda dengan kebutuhan para gamer. PC juga harus sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kantor.

 

Harga Relatif Lebih Murah
Ketika laptop belum terlalu digandrungi seperti saat ini, harganya bisa mencapai lebih dari dua kali lipat daripada PC rakitan dengan spesifikasi yang sama. Sampai saat ini, harga PC rakitan tetap lebih murah daripada laptop murah sekalipun. Mungkin harga yang lebih mahal tersebut sangat beralasan karena laptop bisa lebih praktis dan efisien untuk digunakan. PC rakitan tetap menawarkan harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang sama. Oleh karena itu, PC ini sangat sesuai untuk warnet atau rental game online. Bahkan, toko biasanya menawarkan paket khusus bagi pemilik warnet dengan diskon yang cukup besar.

 

Pilih Komponennya dan Rakit Sendiri
Inilah kelebihan yang paling digemari oleh ‘maniak komputer’. Kamu bisa memilih hardware PC sendiri mulai dari monitor, keyboard, motherboard, VGA, dan komponen lainnya. Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. Selain itu, toko juga bisa membantumu untuk memilih perangkat yang tepat untuk komputer rakitan ini. Bandingkan jika kamu membeli laptop. Semua hardware yang ada didalamnya sudah dirakit oleh pabrik dan kamu tidak bisa mengutak-atik komponen tersebut. PC rakitan menawarkan kebebasan bagi penggunanya untuk memilih sendiri komponen yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

 

Kemudahan untuk Upgrade Hardware
PC rakitan memudahkan penggunanya untuk meng-upgrade hardware. Kamu tinggal memilih hardware yang diinginkan untuk menambah performa komputermu. Gamer sering melakukannya karena perkembangan teknologi game memang sangat pesat. Mereka butuh hardware baru (terutama VGA) dengan performa dan kapasitas yang lebih besar untuk memainkan game favorit mereka. Jika kamu mengganti hardware laptop sembarangan (terutama bagian processor), bisa dipastikan laptop tersebut mati total. Pemasangan hardware baru untuk PC rakitan jauh lebih mudah.

Masih beranggapan kalau PC rakitan itu teknologi usang? Pendapat ini sudah pasti salah. Perkembangan teknologi hardware untuk PC ini juga sama seperti laptop atau smartphone. Namun, pemiliknya bisa bebas mengganti dan memilih hardware baru tersebut untuk meningkatkan performa PC. Meskipun tidak sepraktis dan seramping perangkat mobile, PC rakitan ini masih cukup diminati di pasaran terutama bagi para gamer. Harga laptop gaming memang masih sangat mahal dan PC rakitan bisa menjadi solusi alternatif yang lebih murah. Tertarik untuk kembali lagi ke PC rakitan?

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya – Sebelumnya, anda tentu sudha mengenalkan tentang …

One comment

  1. sangat membantu.. sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>