Home > Gadget > Apa itu Android TV Box? Kelebihan, Kekurangan & Fungsi Android TV Box
Kelebihan, Kekurangan dan Fungsi Android TV Box

Apa itu Android TV Box? Kelebihan, Kekurangan & Fungsi Android TV Box

Apa Itu Android TV Box? Kelebihan, Kekurangan dan Fungsi Android TV Box – Dengan berkembangnya jaman, teknologi juga semakin mengalami perkembangan. Bagaimana tidak, banyak sekali jenis teknologi yang memiliki inovasi baru guna membantu manusia. Salah satu teknologi terbaru tersebut adalah Android TV.

Apa itu Android TV Box

Android TV merupakan perangkat gadget yang digunakan untuk mengubah fungsi TV menjadi Smart TV yang berbasis Android. Dengan begitu, pengguna akan bisa menjalankan aplikasi yang ada di Android dari TV layaknya. Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa mendownload lewat TV berbadsi Android.

Cara menggunkannya juga sangat mudah yakni dengan menghubungkan perangkat TV Box dengan kabel HDMI. Kemudian, ada Android TV Box berupa remote yang digunakan untuk mengoperasikannya.

Baca Juga: Rekomendasi Android TV Box Terbaik Harga Murah

Fungsi Android TV Box

Adanya teknologi Android TV Box tentu memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat untuk penggunanya. Berikut ini Fungsi Android TV Box yang bisa Anda manfaatkan.

Apa itu Pengertian Android TV Box

1. Nonton

Dengan adanya internet yang semakin berkembang saat ini, banyak masyarakat yang lebih memanfaatkan koneksi internet untuk menikmati tontonan yang lebih bagus untuk keluarga. Dengan adanya Android TV Box memungkinkan pengguna untuk bisa mengganti acara konventional yang disalurkan dari antena TV.

Di mana pengguna bisa langsung melakukan video streaming. Bahkan sudah banyak aplikasi android yang menyediakan video dan live streaming. Tidak hanya itu saja, dengan Android TV Box akan memungkinkan Anda langsung melihat tayangan yang telah didownload sebelumnya menggunakan hardisk, USB atau SD card.

2. Browsing

Tidak hanya digunakan menonton saja, Anda juga bisa langsung browing dengan menggunakan TV. Di mana nantinya kegiatan browing lebih menyenangkan. Bersama dengan keluarga atau teman bisa melakukan browsing bersama – sama di depan TV dan sofa yang empuk. Banyak layanan browser yang bisa Anda gunakan.

3. Bermain game

Smartphone atau gadget yang Anda miliki juga bisa digunakan untuk bermain game. Namun nyatanya, layar smartphone masih kurang untuk bisa bermain game yang lebih puas. Maka dari itu, Android TV Box juga bisa digunakan untuk bermain game. Di mana game Android bisa dimainkan sepuasnya pada layar TV yang lebih besar. Bahkan, pengguna juga bisa menambahkan gamepad bila perlu.

4. Video call atau chatting

Android TV Box juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan chatting atau video call. Bahkan, pengguna akan merasa lebih nyaman saat menggunakan TV dalam melakukan chatting atau video call dengan sahabat atau keluarga daripada menggunakan smartphone atau tablet. Terlebih lagi saat ada acara keluarga atau reuni teman, di mana salah satu anggota tidak bisa hadir. Maka menggunakan layar yang lebih besar akan lebih menyenangkan dan merasakan kedekatakan yang.

Cek Dikson Android Tv Box Harga Murah Disini

5. Mirorscreen atau cast screen

Android TV Box juga bisa Anda manfaatkan untuk presentasi dengan layar yang lebih besar. Di mana layar kecil yang ada di smartphone Anda bisa menjadi lebih besar dengan menggunakan castscreen yang merupakan aplikasi pada Android. Dengan begitu, Anda bisa leluasa menjelaskan ide – ide presentasi yang Anda inginkan.

6. SD Card atau Slot USB

Android TV Box juga dilengkapi dengan adanya slot flashdisk dan SD Card. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan penyimpanan dan membuka data pada layar TV yang lebih besar dengan penggunaan Android TV Box. Tidak hanya itu saja, beberapa merk juga menyediakan slot Sata yang bisa Anda manfaatkan.

Kelebihan menggunakan Android tv box:

  • Android tv box dapat digunakan dalam waktu lama untuk menonton film streaming dengan tv LCD karena didesign sama seperti tv digital lainnya
  • Untuk penggunaan storage selain menggunakan micro SD dapat ditambah dengan HDD external sehingga kapasitas penyimpanan android tv box lebih besar dari smartphone
  • Menggunakan adaptor untuk power supply sehingga tidak membutuhkan battery dalam penggunaannya
  • Dapat menggunakan proyektor dengan input HDMI sehingga layar tampilan dapat lebih besar tetapi harus ditambah speaker aktif untuk sound output
  • Dapat menggantikan fungsi TP Link karena memiliki port LAN atau RJ 45 untuk terhubung dengan internet
  • Dapat menjadikan HDD external menjadi wirelles HDD dengan bantuan aplikasi sehingga bisa diakses storage HDD oleh smartphone,Laptop,PC via wifi hotspot
  • Harga lebih murah (tergantung spesifikasi) dan mendapatkan semua fitur dari smartphone/ Smart TV/TP Link modem.

Baca Juga: Tips Memilih Android TV Box Yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Kekurangan dari Android tv box:

  • Untuk mengoperasikan android tv box harus mengunakan layar tv sebagai tampilan
  • Merk/branch android tv box beragam sehingga untuk mengetahui kualitas barang bisa dilihat review dari pengguna sehingga agak sulit menemukan yang baik kualitasnya karean brand/merk belum begitu dikenal seperti merk smartphone

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu Android TV Box dan beberapa Fungsi Android TV Box di dalamnya. Tidak hanya fungsi umum yang telah disebutkan di atas, banyak juga vendor TV Box yang menyediakan fitur – fitur yang bermanfaat untuk penggunanya.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone dan Penjelasannya

Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone dan Penjelasannya

Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone Dan Penjelasannya – Di era yang serba modern ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.