Home > Aksesoris > 5 Tips Ini Bisa Bikin Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama

5 Tips Ini Bisa Bikin Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama

5 Tips Ini Bisa Bikin Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama – Sadar akan pentingnya sebuah smartphone, tak sedikit vendor yang menyediakan produk power bank. Sampai saat ini, powerbank sendiri sudah dapat diperoleh dengan mudah melalui berbagai macam merek beserta kapasitasnya. Bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi, tentu saja harus bisa memilih powerbank yang cocok untuk smartphone Anda.

Powerbank sendiri merupakan alat yang sangat penting di waktu-waktu darurat, seperti ketika smartphone atau gadget yang daya baterainya tiba-tiba habis saat ada di luar rumah. Untuk itu, peranannya sangat penting terutama bagi Anda yang aktivitasnya tak pernah terlepas dari perangkat smartphone.

Baca Juga:

Cara Agar Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama

Sama seperti alat elektronik yang lainnya, powerbank pun rentan terjadi kerusakan jika tak dilakukan perawatan yang benar. Tentunya Anda tidak ingin jika powerbank yang sudah dibeli mahal-mahal tapi hanya bisa digunakan beberapa kali saja akibat rusak. Untuk itu, Anda wajib mengetahui beberapa tips perawatan agar powerbank kamu lebih awet tahan lama seperti berikut:

Cara Agar Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama

1. Waktu dan Cara Pengisian yang Tepat

Cara pengisian termasuk salah satu faktor yang berpengaruh terhadap umur penggunaan power bank itu sendiri. Supaya power bank kamu lebih awet tahan lama, usahakan agar mengisi powerbank Anda sampai penuh supaya dapat bekerja dengan optimal. Usahakan Anda menghentikan pengisian power bank ketika lampu indikator yang terdapat pada powerbank tersebut menyala. Tak hanya itu saja, alangkah baiknya mengisi ulang baterai powerbank ketika dayanya hampir habis, seperti di bawah 15%.

Biasanya pengisian daya yang terlalu sering pada powerbank, dapat menurunkan kinerja sekaligus memperpendek umur pemakaian powerbank itu sendiri. Terlebih lagi jika Anda mencharge power bank yang dayanya masih banyak. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu memperhatikan waktu pengisian powerbank. Contohnya, biasanya Anda membutuhkan waktu selama 8 jam untuk mengisi ulang daya power bank sampai terisi penuh. Apabila powerbank telah terisi penuh selama 3 jam, dengan begitu kinerja powerbank tersebut kemungkinan mengalami kerusakan dan tak bisa bekerja secara optimal.

2. Hindari Suhu yang Terlalu Dingin atau Panas

Powerbank bisa dikatakan tidak tahan terhadap temperatur yang ekstrim, seperti temperatur yang terlalu dingin atau terlalu panas. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak meletakkan powerbank Anda di area yang terkena paparan sinar matahari langsung sekaligus juga di area yang lembab, terlebih lagi jika sampai terkena air. Pasalnya suhu yang terlalu dingin atau panas bisa mempercepat terjadinya kerusakan di dalam komponen powerbank itu sendiri. Jadi hindari suhu dingin dan panas yang berlebihan agar power bank kamu lebih awet tahan lama.

3. Menutup Aplikasi yang Berat Ketika Memakai Powerbank

Jika Anda sering menonton video atau bermain games di smartphone yang terhubung powerbank, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab powerbank dipaksa mengeluarkan daya hingga dua kali lipat ketika gadget Anda dipakai untuk menjalankan beberapa aplikasi berat seperti browsing internet dan games. Maka sebaiknya Anda tak menjalankan berbagai aplikasi berat ketika sedang melakukan isi ulang gadget memakai power bank. Jika perlu sebaiknya matikan gadget ketika menghubungkan gadget pada powerbank.

4. Jangan Sampai Terbentur atau Terjatuh

Seperti kebanyakan peralatan elektronik, powerbank merupakan salah satu benda yang tak mudah rentan dan tidak tahan banting jika terbentur apalagi terjatuh. Apabila terkena benturan yang keras karena terjatuh, maka kinerja komponen baterai pada powerbank pun akan berkurang, bahkan tak bisa dipakai lagi. Jadi jangan samapi terjatuh gar power bank kamu lebih awet tahan lama.

5. Hindari dari Benda yang Bermagnet

Seperti halnya speaker smartphone jika didekatkan berlama-lama dengan benda yang bermagnet akan mengalami kerusakan, hal ini juga berlaku pada powerbank. Dengan mendekatkan powerbank dengan peralatan elektronik yang bermagnet, seperti kulkas, speaker aktif dan lain sebagainya bisa menyebabkan tabrakan gelombang magnetik. Inilah yang bisa mempengaruhi berkurangnya umur powerbank. Jadi hindari benda bermagnet agar power bank kamu lebih awet tahan lama.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD

Pengertian dan Perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD

Pengertian dan perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD Memori External – MicroSD merupakan salah satu jenis kartu memori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *