Home > Networking > 3 Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi
3 Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi

3 Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi

3 Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi – Saat ini HP Android dapat Anda gunakan sebagai modem WiFi untuk mendapatkan sambungan jaringan internet yang dapat Anda gunakan untuk Laptop atau PC.

Cara seperti ini bukanlah terbilang baru, sudah banyak orang yang mengetahui dan mencobanya, namun bagi Anda yang masih bingung atau baru pertama kali mendengarnya Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang ada dibawah ini.

Fungsi dari smartphone tak hanya untuk menghubungi atau SMS saja, tetapi Anda juga bisa menggunakannya sebagai modem WiFi yang nantinya akan Anda sambungkan jaringan internet melalui Hp Android Anda ke Laptop atau PC. Cara seperti ini bisa terbilang sangat mudah dan parktis tanpa perlu Anda membeli modem tambahan.

Untuk itu bagi Anda yang masih bingung dan belum mengerti bagaimana cara memakainya untuk menjadikan HP Android sebagai modem WiFi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah atau cara seperti di bawah ini:

1. Dengan Cara Menggunakan USB Tethering

Memang pada dasarnya agar menjadikan HP Android sebagai modem WiFi Anda bisa menggunakan 3 cara dan pastinya ketiga cara tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, untuk cara pertama Anda bisa menggunakan USB Tethering atau disebut juga dengan penambatan USB. Cara menjadikan HP Android sebagai modem WiFi atau langkah ini dapat menjadikan smartphone atau HP Android Anda sebagai modem WiFi dengan menggunakan kabel USB.

Apabila Anda mengaktifikan fitur tersebut, maka Anda bisa dengan mudah menggunakan atau berbagi koneksi jaringan internet dari HP Android ke Laptop atau PC. Langkah atau cara menggunakan USB Tethering biasanya dilakukan orang apabila perangkat pada komputer tidak mendukung adanya jaringan WiFi.

Selain itu, untuk menjadikan HP Android sebagai modem WiFi pada komputer, Anda harus mengetahui bahwa cara seperti ini hanya bisa digunakan untuk perangkat-perangkat komputer yang menjalankan Windows 7 ke atas saja, tetapi jika Anda memakai Windows Xp maka biasanya akan sulit bekerja serta membutuhkan software pendukung agar bisa bekerja dengan baik.

Untuk cara menyambungkan agar bisa terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini cara mudah menjadikan HP Android sebagai modem wifi menggunakan kabel data usb:

  • Kali ini saya menggnakan HP Samsung Galaxy A5 2017 mencobanya
  • Pertama sambungkan terlebih dahulu ponsel Anda ke Laptop atau PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Kemudian Anda bisa membuka HP Android Anda dan pilih pengaturan lalu pilih koneksi
  • Setelah itu pilih Hotspot Seluler dan Penambatan, lalu klik centang USB Tethering atau Penambatan USB. Nah, dengan begitu Anda sudah bisa menggunakan HP Android sebagai modem WiFi.

Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi

2. Dengan Cara Menggunakan Bluetooth Tethering

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan menggunakan Bluetooth Tethering melalui HP Android Anda. Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama tadi, hanya saja cara kedua tidak menggunakan kabel USB tetapi menggunakan Bluetooth Tethering.

Bagaimana caranya? Berikut ini cara mudah menjadikan HP Android sebagai modem wifi menggunakan Bluetooth:

  • Pertama buka HP Android Anda dan pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah membeli paket internet agar bisa menggunakannya dengan mudah.
  • Kemudian pilih menu pengaturan atau setelan pada smartphone Anda, lalu pilih koneksi, lalu pilih Tethering & Hotspot Portable setelah itu klik centang Bluetooth Tethering atau penambatan Bluetooth.

3. Menggunakan Hostspot Portable Dari HP Android

Cara terakhir ini bisa terbilang cara yang sangat mudah yang dapat Anda lakukan dan gunakan, karena cara ini dapat Anda lakukan dengan cara pertama pilih dulu menu pengaturan pada HP Android Anda, kemudian pilih lainnya, lalu Tethering & Hotspot Portable setelah itu Anda dapat centang Hotspot Portable.

Nah, jika sudah, selanjutnya Anda klik connect pada jaringan WiFi Anda yang ada di Laptop atau PC, apabila sudah maka Laptop Anda sudah terhubung dengan jaringan WiFi melalui HP Android dan Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Sangat mudah bukan? Nah, bagi Anda yang yang bingung dan ingin menjadikan HP Android sebagai modem WiFi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah atau cara seperti di atas dengan mudah. Selamat mencoba!

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.