Home > Berita Teknologi > 3 Cara Efektif Merawat Server Dan Jaringannya

3 Cara Efektif Merawat Server Dan Jaringannya

Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah jaringan komputer terdiri dari beberapa perangkat penting yang tersusun di dalamnya. Salah satunya adalah komputer server. Bahkan bisa dikatakan bahwa komputer server merupakan perangkat terpenting yang ada dalam sebuah jaringan komputer. Hal ini jelas karena komputer server memiliki fungsi yang luar biasa untuk mengatur seluruh aktivitas pada jaringan tersebut. Komputer server berkerja sangat aktif dalam menghubungkan seluruh perangkat yang ada di dalam jaringan, khususnya komputer klien.

Komputer server dijadikan sebagai pusat pengendali dalam sebuah jaringan komputer. Mengapa begitu? Tentu karena komputer server merupakan sumber dari segala aktivitas yang bisa diakses oleh semua komputer klien. Dengan adanya komputer server, maka aktivitas yang bisa dilakukan oleh komputer lainnya pun akan berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu, sangat diperlukan perawatan yang tepat untuk menjaga komputer server supaya bisa bertahan lama dan terhindar dari kerusakan serta sesuatu yang tidak diinginkan lainnya.

3 Cara Efektif Merawat Server Dan Jaringannya_2

Ada tiga cara efektif yang bisa anda lakukan untuk merawat komputer server. Yang pertama adalah dengan rutin melakukan pembersihan seluruh bagian perangkat keras pada komputer server tersebut. Mengapa demikian? Karena komputer server biasanya berkerja non stop sehingga bisa dipastikan bahwa ada banyak debu yang menempel pada beberapa bagian perangkat komputer. Perangkat yang pasti mengalaminya yaitu power supply.

Kerja komputer server yang tidak ada hentinya membuat penumpukan debu di kipas power supply semakin tebal dan suatu saat nanti akan mengganggu kinerja komputer server jika tidak segera dibersihkan. Tumpukan debu tersebut akan menghambat pergerakan dari kipas dan kemudian suhu di dalamnya pun tidak terkendali. Bisa menyebabkan kerja komputer menjadi tidak stabil karena panasnya terlalu berlebih. Jadi sangat dianjurkan untuk membersihkan seluruh bagian perangkat komputer server secara rutin, minimal sebulan sekali.

Kemudian dalam merawat komputer server, bukan hanya perangkat keras saja yang harus diperhatikan tetapi perangkat lunak juga tak kalah penting untuk dirawat. Ini disebabkan karena perangkat keras tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya perangkat lunak. Sehingga cara merawat komputer server yang kedua adalah dengan rutin memperhatikan beberapa software pendukung dalam jaringan. Salah satu yang paling penting yaitu software antivirus. Caranya adalah dengan mengupdate secara berkala sesuai dengan software yang digunakan.

Cara ketiga adalah dengan melakukan backup data dan defragment file minimal seminggu sekali. Hal ini ditujukan supaya komputer server semakin terawat dan meminimalisir kekhawatiran akan kehilangan data yang diperlukan. Itulah ketiga cara merawat komputer server yang efektif supaya bisa bertahan lama dan selalu berkerja dengan baik. Namun ternyata bukan hanya komputer server saja yang harus dirawat untuk menjaga ketahanannya, melainkan seluruh perangkat yang ada pada jaringan komputer tersebut juga haruslah dirawat.

Kerusakan pada komputer klien memang tidak akan mempengaruhi kinerja komputer lainnya, namun komputer-komputer klien tersebut juga harus dirawat dengan cara yang sama seperti perawatan terhadap komputer server. Tentu supaya semua komputer bisa berkerja lebih maksimal dan tahan lama.

Selain itu, perawatan terhadap perangkat jaringan seperti kabel LAN dan switch hub juga wajib dilakukan supaya jaringan komputer yang terbangun selalu terhubung dan dapat beraktivitas dengan lancar. Dan itulah tiga cara merawat komputer server beserta perangkat dalam jaringan yang harus dilakukan supaya jaringan komputer dapat berkerja sesuai dengan mestinya dan mampu bertahan lama.

Deskripsi: Merawat komputer server wajib dilakukan supaya tetap berkerja dengan baik dan mampu bertahan lama. Cara merawatnya yaitu dengan rutin membersihkan perangkat keras, memperhatikan perangkat lunak dan mengelola data serta file dengan baik. Selain itu, perawatan juga harus dilakukan untuk perangkat lainnya seperti komputer klien, kabel LAN dan juga switch hub sebagai perangkat jaringan komputer yang tidak kalah penting.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga Laptop DELL Latitude E6430 Core i5 Terbaru

DELL Latitude E6430 i5, Laptop Terbaik Untuk Dipakai Kerja dan Bisnis

Kelebihan Spesifikasi dan Harga Laptop DELL Latitude E6430 Intel Core i5-3380¬†Terbaru. Dell Latitude E6430 dilengkapi …

3 comments

  1. bagaimana cara bikin kipas atau fan IBM x3400 bisa tidak berisik atau menjadikan silent.. tanpa mengurangi kinerja CPU, kipas nya sangat terlalu bising..

  2. Setuju gan dengan ulasan di atas. Server memang nyawanya perusahaan sehingga harus mendapat perawatan khusus seperti yang disebutkan di atas, termasuk suhu ruangan untuk server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *